Comscore Tracker

5 Rekomendasi Pakis Hias untuk Menyegarkan Rumah, Tenteram Dipandang!

Daunnya cantik-cantik

Mencuri perhatian dengan warna daun hijau yang menyegarkan, tanaman pakis kerap jadi pelengkap bagi pencinta tanaman. Kalau selama ini kamu hanya mengenal Pakis Suplir, tanaman yang berkembang dengan spora ini ternyata punya berbagai jenis dengan bentuk daun beragam lho!

Kali ini, kami akan bagikan beberapa rekomendasi tanaman pakis yang bisa jadi referensi untuk menyegarkan hunianmu. Yuk, intip di bawah ini!

1. Pakis Boston

5 Rekomendasi Pakis Hias untuk Menyegarkan Rumah, Tenteram Dipandang!parkseed.com

Berasal dari Meksiko, Pakis Boston telah dibudidayakan di Indonesia dan kerap ditemui sebagai tanaman indoor. Bentuknya seperti pedang dengan rimpang tipis dan daun kecil. Pakis Boston punya karakter yang mudah menyesuaikan dengan habitat tumbuh. 

Memiliki nama latin Nephrolepis ezaltata, tanaman ini juga populer dengan nama Pakis Pedang. Bentuknya yang menjuntai ke bawah, menjadikan tanaman ini cocok ditanam pada pot keranjang gantung. 

2. Pakis Kulit

5 Rekomendasi Pakis Hias untuk Menyegarkan Rumah, Tenteram Dipandang!overstock.com

Leatherleaf fern juga dikenal sebagai Rumohra adiantiformis dan masih satu keluarga dengan Dryopteridaceae. Varietas ini berasal dari Karibia, Amerika selatan, Afrika, Australia, Papua New Guinea, New Zealand, dan pulau di daerah Samudra Hindia.

Termasuk jenis tanaman indoor, Pakis Kulit menghasilkan warna daun hijau yang pekat.  Dengan bentuk daun indah menyerupai jari yang bergerigi, Pakis Kulit kerap dimanfaatkan sebagai tanaman pelengkap untuk rangkaian buket bunga lho!

3. Bambu Air

5 Rekomendasi Pakis Hias untuk Menyegarkan Rumah, Tenteram Dipandang!plantmaster.com

Bambu Air berbentuk tangkai panjang menyerupai bambu ukuran mini. Batangnya berwarna hijau dengan cincin cokelat di antara sendi batang. Bambu Air tergolong tanaman kuat dan mudah perawatannya karena tak rentan terhadap virus maupun bakteri.

Habitat asli Bambu Air berada di rawa, sehingga membuat pakis jenis ini membutuhkan media tanah basah. Kamu bisa memotong bagian batang apabila terlihat kecoklatan agar muncul tunas baru. Pastikan kamu menyediakan sinar matahari yang cukup dengan tempat yang kering ya!

Baca Juga: Gak Tahan Panas, 5 Fakta Tanaman Monstera Obliqua yang Berdaun Unik

4. Pakis Sarang Keriting

5 Rekomendasi Pakis Hias untuk Menyegarkan Rumah, Tenteram Dipandang!thespruce.com

Asplenium nidus atau Bird's nest fern dikenal sebagai tanaman dalam ruangan dengan bentuk daun keriting yang menyerupai sarang burung. Tanaman yang merupakan tanaman epifit ini, masih bersaudara dengan Asplenium bulbiferum, di mana merupakan pakis yang lebih sulit tumbuh pada permukaan tanaman. 

Dalam perawatannya, daun Pakis Sarang Keriting mampu bertahan dalam suhu ruangan panas maupun dingin. Inilah kenapa pakis jenis ini tak terlalu membutuhkan sinar matahari dan tumbuh subur di tempat yang teduh. 

5. Pakis Suplir

5 Rekomendasi Pakis Hias untuk Menyegarkan Rumah, Tenteram Dipandang!shopterrain.com

Pakis Suplir atau Maidenhair fern merupakan jenis pakis yang paling sering dijumpai. Tanaman ini memiliki kelopak daun yang menawan dengan warna hijau muda.

Pakis Suplir sering tumbuh liar di tempat yang lembap dan bebatuan alam. Tergolong mudah perawatannya, kamu hanya perlu memastikan tanaman memiliki tingkat kelembapan yang pas.

Itu tadi beberapa jenis tanaman pakis yang bisa jadi pilihan untuk menyegarkan rumahmu. Jadi, kamu tertarik untuk merawat jenis pakis yang mana nih? 

Baca Juga: 5 Jenis Tanaman Sayur dan Buah yang Estetik Jadi Tanaman Hias di Rumah

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya