Comscore Tracker

9 Strategi Sederhana untuk Mengembangkan Social Skills

Tenang, kamu tidak sendiri!

Ada orang-orang tertentu yang memiliki kemampuan sosial kurang. Apabila kamu adalah salah satunya, kamu patut tenang karena masih ada beberapa hal yang bisa kamu terapkan untuk mengatasinya. Dilansir Maybusch dan Nytimes, berikut kiat mengembangkan social skills secara sederhana. 

1. Membangun kecerdasan emosional secara berkala

9 Strategi Sederhana untuk Mengembangkan Social Skillsunsplash/ Felix Rostig

Kecerdasan emosional kemampuan mengenali emosimu dan orang lain, agar mampu berinteraksi sosial dengan baik. Menurut ilmu psikologi, manusia punya waktu mengembangkan interaksi sosial mereka di sepanjang kehidupan. Ada beberapa model kecerdasan emosional, salah satunya adalah dari Daniel Goleman. Ia membagi beberapa kategori seperti misalnya self-awareness, self-regulation, motivasi, empati, dan sosialisasi. 

Self-awareness adalah kamu bisa mengidentifikasi emosi yang kamu alami. Apakah kamu merasa cemas dengan lingkungan? Apakah kamu merasa marah dengan orang yang berbicara denganmu? Setelah mengenalinya, ada tahap kedua yaitu self-regulation, di mana kamu mengambil tindakan untuk mengendalikan emosi kamu.

Sedangkan motivasi merupakan faktor eksternal seperti uang, status, atau bahkan situasi menyakitkan yang pernah kamu alami. Empati adalah ketika kamu tahu penyebab orang lain merasakan emosi tertentu. Terakhir adalah sosialisasi, tahap ketika kamu punya kapasitas untuk integrasi aspek sebelumnya, menerima, serta mengendalikan situasi sosial yang ada. 

2. Percakapan sederhana atau basa-basi merupakan aspek penting untuk membangun koneksi sosial

9 Strategi Sederhana untuk Mengembangkan Social Skillsunsplash/Priscilla Du Preez

Beberapa orang kesulitan berinteraksi sosial, lebih banyak dari mereka tidak menyukai basa-basi. Mereka menganggap bahwa percakapan sederhana adalah hal yang membuang waktu percuma.

Ada banyak negosiasi saat kamu ada di lingkungan sosial, hal sederhana seperti nonton film atau memiliki hobi main game yang sama adalah salah satunya. Menunjukkan kepribadianmu dengan utuh adalah salah satu cara untuk mengembangkan social skills, termasuk dengan percakapan sederhana. 

3. Berbicara dalam kelompok dengan menimpali percakapan mereka

9 Strategi Sederhana untuk Mengembangkan Social Skillsunsplash/ Austin Distel

Kamu bisa ikut andil dalam percakapan saat berada di pertemuan keluarga, pesta pelepasan, atau pertemuan rapat. Meski bukan hal mudah dilakukan, menimpali percakapan dalam kelompok adalah salah satu cara yang bisa kamu terapkan agar lebih terkoneksi dengan lingkungan sosialmu. Tidak ada yang salah dengan mencobanya dengan penuh percaya diri. 

Menjadi lebih proaktif dengan situasi sosial akan meningkatkan nilai kamu dalam kelompok. Ini bukan tentang mendominasi percakapan, namun bagaimana kamu ikut dalam pembicaraan orang yang memiliki cara pandang berbeda.

4. Berteman seperti orang pada umumnya

9 Strategi Sederhana untuk Mengembangkan Social Skillsunsplash/Ben Duchac

Ketika kamu masih muda, menjalin pertemanan barangkali adalah hal yang mudah. Kamu bisa melihat minat yang sama, atau kamu mungkin bertemu dia setiap hari. Namun ketika kamu sudah dewasa, hal seperti ini jadi lebih sulit.

Ketika kamu ingin menjalin pertemanan, kamu harus punya motivasi internal. Kamu bisa mulai dengan mengambil kelas, mengikuti club, atau hanya bercakap bersama teman lama. Ini akan lebih mudah apabila kamu punya tujuan terhadap apa yang kamu lakukan. 

5. Mencoba mendengarkan dan tertarik dengan cerita hidup orang

9 Strategi Sederhana untuk Mengembangkan Social Skillsunsplash/ Brooke Cagle

Mendengarkan orang adalah salah satu daftar mengembangkan social skills yang bisa kamu lakukan. Cobalah tertarik dengan cerita orang lain. Kita semua memiliki sisi egosentris, namun setiap orang juga punya empati yang buat mereka bisa lebih menghargai orang lain. Ajukan beberapa pertanyaan kepada seseorang dan dengarkan cerita mereka dengan perlahan. 

Baca Juga: Media Sosial Favoritmu Bisa Tunjukkan Kepribadianmu Lho!

6. Mau berbagi dengan orang lain

9 Strategi Sederhana untuk Mengembangkan Social Skillsunsplash/ Javier Molina

Jadilah keren dengan memilih lingkaran pertemanan serupa. Mindset untuk terbuka kepada sesama bisa kamu lakukan dengan lebih suportif, seperti misalnya berani membantu saat ada yang butuh bantuan.

Memberanikan diri buat berbagi akan membuatmu punya impresi, sehingga orang lebih mengenalmu. Bagian ini mungkin bukan hal mudah bagi introver, namun bukan berarti poin ini tidak bisa dilakukan. 

7. Hindari menjadi orang yang penuh drama

9 Strategi Sederhana untuk Mengembangkan Social Skillsunsplash/Brooke Cagle

Setiap orang memang tidak bisa lepas dari pikiran negatif, namun ingat bahwa kamu selalu bisa dalam mengendalikan itu. Inilah kenapa seseorang yang lebih baik, cheerful, lucu, akan lebih diterima secara sosial.

Beberapa orang lebih mudah menerima emosi positif daripada emosi negatif. Apabila kamu penuh dengan drama, kamu akan kesulitan menyatu dengan kelompok sosialmu. 

8. Perhatikan kesopanan dan kembangkan bahasa tubuh yang positif

9 Strategi Sederhana untuk Mengembangkan Social Skillsunsplash/ Kenan Buhic

Salah satu cara untuk membuat orang tertarik denganmu adalah dimulai dari bagaimana kamu memperlakukan mereka. Manners yang baik akan membantumu membentuk komunikasi dengan bahasan yang penting.

Melalui bahasa tubuh, kamu akan lebih rileks saat menghadapi mereka. Contoh sederhana ketika kamu melakukan kontak mata dengan orang yang kamu ajak bicara. 

9. Fokuslah untuk menunjukkan rasa kasih pada orang lain

9 Strategi Sederhana untuk Mengembangkan Social Skillsunsplash/ Andrea Tummons

Memberi kasih adalah salah satu kunci dalam mengembangkan social skills. Saat kamu butuh mencintai, kamu harus memberikan kasih itu pada orang terlebih dahulu. Trik ini bisa kamu mulai dengan lebih menghargai, menunjukkan ketertarikan, memaafkan, hingga membantu dengan energi cinta yang kamu punya. 

Itu tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan buat melatih kemampuan sosial. Social skills adalah hal penting untuk mengembangkan diri. Poin berapa yang belum kamu terapkan?

Baca Juga: Mengenal 21st Century Skills, Kemampuan Penting untuk Meraih Sukses

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya