Comscore Tracker

Selain Ara Biola, 5 Tanaman Ini Juga Bikin Ruang Tamu Makin Segar Lho!

Nomor lima sudah punya belum?

Mendekorasi ruang tamu jadi cukup penting mengingat ruangan ini adalah area pertama untuk menjamu tamu. Ada berbagai cara untuk membuat ruang tamu lebih nyaman. Salah satunya adalah menambahkan tanaman dalam ruangan. 

Kali ini, kami akan bagikan beberapa ide tanaman yang bisa kamu taruh untuk mempermanis ruang tamu. Apa saja daftarnya? Simak di bawah ini, ya! 

1. Anggrek

Selain Ara Biola, 5 Tanaman Ini Juga Bikin Ruang Tamu Makin Segar Lho!greenthumbfloralandgifts.com

Punya tampilan yang elok, anggrek adalah salah satu primadona tanaman hias yang sering diburu kolektor tanaman. Anggrek mampu tumbuh subur di dalam maupun luar ruangan dengan perawatan yang benar. Tangkainya yang panjang disertai dengan wangi bunga harum, membuat beberapa jenis anggrek tampak elegan di taruh di ruang tamu. 

Tanaman anggrek membutuhkan media yang lembap dengan pencahayaan dan pengeringan yang cukup seperti arang, tanah pot, gambut, dan sabut kelapa. Agar anggrek mendapat suhu yang baik, pastikan ventilasi udara berfungsi dengan benar. Bila anggrek terlihat kering, saatnya mengganti pot atau media tanam untuk melengkapi unsur hara. 

2. Monstera

Selain Ara Biola, 5 Tanaman Ini Juga Bikin Ruang Tamu Makin Segar Lho!verdetribe.com

Masih menjadi kategori tanaman yang paling diminati, monstera dengan bentuk yang unik mampu memberi nuansa segar pada ruang tamu kamu. Tanaman ini memiliki kurang lebih 50 jenis, namun yang paling populer adalah Monstera deliciosa atau Swiss Cheese Plant. 

Monstera pada umumnya bisa diletakkan dalam ruangan dengan area yang tak langsung terkena sinar matahari. Kebutuhan suhu monstera berkisar antara 20-30 derajat Celcius. Tampilan daun yang cantik, membuat tanaman ini sangat cocok ditaruh sebagai tanaman hias di rumah. 

3. Calathea

Selain Ara Biola, 5 Tanaman Ini Juga Bikin Ruang Tamu Makin Segar Lho!anselandivy.com

Salah satu tanaman favorit untuk ruang tamu selanjutnya adalah Calathea. Calathea memiliki daun yang menawan dengan garis lurik dan perpaduan warna hijau yang unik.

Berasal dari Amerika Selatan, Calathea memiliki beragam jenis. Beberapa yang paling populer adalah C. makoyana, C. ornata, C. orbifolia, C. veitchiana. 

Selain memiliki penampilan khas, Calathea merupakan salah satu tanaman yang berfungsi sebagai penyaring udara dalam ruangan. Tanaman ini mulai dibudidayakan di negara tropis, termasuk di Indonesia.

Beberapa jenis Calathea akan berbunga. Namun saat disimpan dalam ruangan, kemungkinan berbunganya jadi kecil. 

Baca Juga: 5 Tanaman Indoor yang Bisa Mempercantik Ruang Tamu hingga Dapur

4. Golden Pothos

Selain Ara Biola, 5 Tanaman Ini Juga Bikin Ruang Tamu Makin Segar Lho!patchplants.com

Rasanya akan kurang jika kamu tak meletakkan tanaman Golden Pothos dalam rumah. Memiliki bentuk hati dengan warna hijau muda, membuatnya banyak dicari pencinta tanaman.

Tanaman dengan nama lain Sirih Gading ini, berasal dari Kepulauan Solomon yang merupakan negara tropis. Jadi, dapat dipastikan bahwa tanaman ini dapat beradaptasi baik dalam kondisi kering. 

Sirih Gading memiliki berbagai nama di Indonesia. Di daerah Sunda, namanya Lolo Munding.

Sirih Gading dapat kamu letakkan di pot meja atau dengan cara digantung karena bentuk batangnya yang merambat. Sirih Gading dapat bertahan hidup cukup lama dan tergolong mudah perawatannya. 

5. Sansevieria

Selain Ara Biola, 5 Tanaman Ini Juga Bikin Ruang Tamu Makin Segar Lho!greeneryunlimited.co

Tanaman untuk ruang tamu selanjutnya adalah Sansevieria atau lidah mertua. Tanaman yang juga dikenal sebagai snake plant ini, memiliki bentuk runcing menyerupai pedang.

Tekstur daun tanaman ini pun keras. Namun, Sansevieria cukup baik beradaptasi dalam kondisi sedikit air dan cahaya matahari sedang. 

Tanaman ini memiliki manfaat lain, seperti sebagai perawatan rambut hingga obat. Lidah Mertua di Jepang bahkan digunakan sebagai tanaman untuk menghilangkan bau perabotan rumah tangga. Berujung tajam, ia juga bermanfaat sebagai penghilang racun!

Itu tadi beberapa rekomendasi tanaman yang bisa kamu taruh di ruang tamu agar hunian lebih asri. Tamu yang berkunjung pun jadi lebih nyaman dan betah berada dalam ruangan, deh! 

Baca Juga: 5 Tanaman Estetis untuk Menghias Meja Ruang Tamu, Perawatannya Mudah!

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya