Comscore Tracker

Selain Aglonema, Ini 5 Tanaman Indoor yang Berumur Panjang

Nomor empat udah punya belum? 

Belakangan ini, berkebun menjadi kegiatan asyik yang bisa dilakukan di rumah, tak terkecuali oleh millennials. Berbagai macam tanaman pun mulai mendapat tempat bagi mereka yang mulai belajar berkebun. 

Karena terbatasnya lahan, tanaman hias dalam ruangan bisa menjadi alternatif lain. Punya adaptasi yang baik dan mudah dirawat, berikut kami bagikan beberapa jenis tanaman hias yang mampu berumur panjang. Yuk, intip di bawah ini!

1. Peace lily

Selain Aglonema, Ini 5 Tanaman Indoor yang Berumur Panjangamazon.co.uk

Bunga peace lily memiliki nama latin Spathipyllum. Menariknya, tanaman hias yang berdaun panjang ini punya kemampuan menyerap udara beracun di sekitar. Selain itu, peace lily juga dipercaya mampu memberikan energi positif dalam rumah lho!

Memiliki perawatan cukup mudah, kamu dapat meletakkannya dalam ruangan dengan cahaya cukup dan durasi penyiraman sekitar 1-2 kali dalam sehari. Peace lily umumnya memiliki kuntum bunga berwarna putih yang elok. 

2. Anthurium

Selain Aglonema, Ini 5 Tanaman Indoor yang Berumur Panjanggingerandspiceflorist.com

Terlihat memesona seperti peace lily, anthurium merupakan tanaman dalam ruangan yang punya adaptasi baik. Jenis bunga ini memiliki daun indah dengan bunga beraneka warna seperti putih, merah, atau merah marun.

Memiliki tangkai kecil yang mungil, anthurium dapat tumbuh subur dalam pot yang ditempatkan di dekat jendela dan terkena sinar matahari sepanjang hari. Kamu perlu menyiram rutin anthurium sekitar 1-2 kali dalam sehari. Pastikan media tanah yang kamu pakai tidak terlalu lembap atau kering agar tumbuh subur dan berumur panjang. 

3. Sansevieria

Selain Aglonema, Ini 5 Tanaman Indoor yang Berumur Panjangrooneybloom.com

Sansevieria atau yang lebih dikenal sebagai tanaman lidah mertua, berasal dari dataran Afrika, Madagaskar, dan Asia Selatan. Tanaman ini punya sekitar 70 spesies, dengan bentuk kebanyakan meruncing, tegak, dan berdaun keras. 

Sansevieria menjadi populer sebagai tanaman hias dalam rumah karena hanya membutuhkan sedikit air dan cahaya matahari. Tanaman ini juga berfungsi sebagai penyaring racun dan bau tak sedap.

Ada beberapa jenis lidah mertua yang jadi favorit orang-orang. Jenis itu adalah Stuckyi, Pinguicula, Kirkii, Trifasciata, dan Ehrenbergii. 

Baca Juga: Daun Kecil hingga Lebar, 6 Jenis Monstera Ini Cocok Dekorasi Ruangan

4. Oxalis Plant

Selain Aglonema, Ini 5 Tanaman Indoor yang Berumur Panjanglogees.com

Oxalis tampak unik dengan daunnya yang berwarna ungu. Ia disebut juga sebagai tanaman kupu-kupu karena bentuknya yang mirip.

Menariknya, Oxalis punya sifat alami yang disebut fotofilik. Tanaman ini mampu terbuka dan tertutup sebagai respons akan adanya cahaya.

Tanaman ini merupakan famili Ozalidaceae yang terbagi menjadi kurang lebih 550 spesies. Di Indonesia, jenis Oxalis Triangularis adalah yang paling umum dibudidayakan sebagai tanaman hias.

Bagi kamu pencinta bunga, tanaman ini cukup mudah perawatannya karena membutuhkan cahaya sedang. Tak hanya ungu, tanaman kupu-kupu juga punya warna lain yang menawan. 

5. Peperomia

Selain Aglonema, Ini 5 Tanaman Indoor yang Berumur Panjangbybrittanygoldwyn.com

Peperomia memiliki daun tebal yang mampu menahan air dan memungkinkan tanaman ini bertahan dalam periode waktu tanpa hidrasi. Selain dengan cahaya sinar matahari, peperomia mampu bertahan hidup dengan cahaya neon. Namun, akan lebih baik apabila tanaman ini tumbuh dengan cahaya matahari langsung. 

Tanaman hias ini tumbuh dengan cara merambat dengan daunnya yang membulat. Ini yang membuat peperomia cocok untuk dijadikan tanaman dengan pot gantung. Peperomia juga bisa dibudidayakan melalui stek daun, batang, potong akar, dan biji. 

Itu tadi beberapa jenis tanaman hias indoor berumur panjang yang bisa kamu jadikan referensi. Mau mencoba menanamnya di rumah?

Baca Juga: 11 Jenis Aglonema Kece untuk Dekorasi Ruangan

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya