Comscore Tracker

5 Tanaman Merambat untuk Pagar dan Kanopi, Hunian Jadi Lebih Asri 

Bisa buat pagar pergola juga

Selain dapat memberi nuansa segar, kehadiran tanaman merambat sering kali dimanfaatkan untuk mempermanis hunian. Desain pagar atau kanopi tentu akan lebih sejuk dengan tambahan tanaman rambat, baik yang ada bunganya maupun yang berdaun saja.

Jika kamu ingin mencari tanaman yang cocok sebagai hiasan rumah, kami akan bagikan beberapa rekomendasi tanaman rambat hias untukmu. Apa saja? Yuk, intip di bawah!

1. Dolar Rambat (Ficus pumila)

5 Tanaman Merambat untuk Pagar dan Kanopi, Hunian Jadi Lebih Asri alpinenurseries.com.au

Dolar Rambat berasal dari Asia Timur dan Tenggara seperti Tiongkok, Jepang dan Vietnam. Biasanya, tanaman rambat ini digunakan di pagar atau tembok gedung.

Meski memiliki tekstur yang cukup kasar, Dolar Rambat tergolong tanaman yang dapat menempel kuat pada dinding atau tembok pagar. Medianya memang cocok digunakan secara vertikal. Kabar baiknya, Ficus pumila dapat tumbuh subur sepanjang tahun lho!

2. Hedera canariensis

5 Tanaman Merambat untuk Pagar dan Kanopi, Hunian Jadi Lebih Asri espacepourlavie.ca

Salah satu tanaman Hedera yang cukup populer adalah English Ivy, namun bukan itu yang akan kita bicarakan kali ini. Tanaman keluarga Hedera dengan bentuk merambat adalah Hedera canariensis, yang merupakan tanaman rambat dengan ketinggian tumbuh dari 20-30 meter. 

Pada iklim hangat, Hedera canariensis tumbuh lebih cepat dari jenis Hedera lainnya. Hedera jenis ini juga memiliki bentuk menawan seperti hati, dengan lebar daun 4-20 cm yang berwarna hijau gelap. 

3. Flame of Irian

5 Tanaman Merambat untuk Pagar dan Kanopi, Hunian Jadi Lebih Asri karitani.id

Flame of Irian atau Melati Irian punya warna bunga merah yang memesona. Bentuknya menjuntai dengan daun berwarna hijau. Dengan bentuk daunnya yang cantik, Melati Irian sering dimanfaatkan sebagai tanaman rambat untuk atap kanopi rumah.

Meski tergolong tanaman yang cukup mahal, namun perawatan Melati Irian tergolong cukup mudah lho! Rumah pun jadi lebih sejuk dan teduh dengan kehadiran tanaman rambat berwarna cerah ini. 

Baca Juga: Inspirasi Dekor Kamar Kos Pakai Tanaman Rambat, Terasa Adem Tanpa AC

4. Alamanda

5 Tanaman Merambat untuk Pagar dan Kanopi, Hunian Jadi Lebih Asri tropical.theferns.info

Allamanda cathartica merupakan tanaman hias yang juga disebut sebagai trompet emas karena bentuknya yang menyerupai lonceng kuning. Berasal dari Amerika Tengah dan Selatan, Alamanda banyak pula ditemukan di Brasil hingga sekarang dibudidaya di banyak tempat.

Tanaman ini sebenarnya memiliki beberapa variasi warna, tapi yang paling populer adalah warna kuning. Cocok untuk tanaman pagar, kamu bisa tanam Alamanda di bawah tiang atau kanopi rumah.

Daun tanaman ini berkumpul sebanyak tiga atau empat helai dengan bunga seperti terompet berukuran 5-7,5 cm. Selain menawan, bunganya juga memiliki harum yang wangi lho!

5. Melati Brazil (Mandevilla sanderi)

5 Tanaman Merambat untuk Pagar dan Kanopi, Hunian Jadi Lebih Asri gardentags.com

Melati Brazil dapat tumbuh setinggi 2-3 m dengan iklim hangat. Inilah kenapa Melati Brazil juga dapat tumbuh subur di Indonesia yang beriklim tropis. Bunga pada Mandevilla sanderi memiliki beragam warna.

Beberapa di antaranya adalah merah, pink, dan kuning. Daunnya tumbuh cukup rimbun sehingga dapat menjadi peneduh di tengah teriknya matahari. 

Itu tadi beberapa tanaman rambat yang bisa jadi pilihan untuk pagar rumah dan kanopi. Dengan bentuk dan warnanya yang memesona, kamu juga tertarik untuk menanamnya pagar rumah gak, nih? 

Baca Juga: 7 Cara Unik Memajang Tanaman Hias untuk Menyegarkan Rumahmu 

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya