Comscore Tracker

5 Tanaman untuk Memperindah Balkon, Ada yang Berbunga Tak Kenal Musim

Nomor lima sudah punya belum?

Balkon jadi area yang tepat untuk taman mini di rumah jika kamu tak memiliki cukup lahan. Area yang kerap dijadikan tempat melepas penat ini terlihat lebih indah jika kamu tambahkan beberapa tanaman bunga di bagian sudut atau samping. 

Apabila kamu sedang menata balkon sekarang, berikut kami berikan referensi tanaman dengan kebutuhan sinar matahari sedang yang cocok ditaruh di balkon. Yuk, simak di bawah!

1. Pentas Lanceolata

5 Tanaman untuk Memperindah Balkon, Ada yang Berbunga Tak Kenal Musimgardeningknowhow.com

Tanaman Pentas Lanceolata memiliki kelopak bunga berwarna pink. Bunga ini menjadi favorit bagi pencinta tanaman hias karena perawatannya yang mudah serta potongan bunga menawan yang tumbuh bergerombol.

Bunga yang kerap disebut sebagai Egyptian Star ini juga memiliki daun memesona yang menyerupai daun kemangi. Pentas berbunga tak kenal musim dengan rekomendasi suhu di iklim panas kisaran 30 derajat hingga 35 deraja Celcius. Untuk perawatan, kamu cukup menyiramnya sehari satu kali saja.

2. Tapak Dara (Vinca Rosea)

5 Tanaman untuk Memperindah Balkon, Ada yang Berbunga Tak Kenal Musimall-americaselections.org

Tapak Dara berasal dari Amerika Tengah dan umumnya bisa tumbuh hingga 1 meter. Nama Tapak Dara sendiri berasal dari bentuk daun berukuran kecil yang menyerupai telapak burung merpati.

Umumnya, tanaman Tapak Dara berwarna putih dan ungu serta terdiri dari 5 kelopak. Tanaman ini tumbuh subur di iklim tropis dengan dataran rendah hingga ketinggian 800 meter di atas permukaan laut. Selain digunakan sebagai tanaman hias, tanaman Tapak Dara mengandung zat kimia yang bermanfaat buat pengobatan lho!

3. Petunia

5 Tanaman untuk Memperindah Balkon, Ada yang Berbunga Tak Kenal Musimgpnmag.com

Petunia termasuk tanaman famili Solanaceae yang berasal dari Amerika Selatan. Tampilannya berbentuk trompet dengan tinggi tanaman kisaran 16-30 cm. Mahkota terdiri dari warna merah, putih, kuning pucat, biru, hingga ungu tua. 

Untuk memperindah balkon, kamu dapat menerapkan tanaman ini dengan cara digantung. Beberapa jenis Petunia yang terkenal adalah Petunia Violacea dan Petunia Hybrida. Meski memiliki masa umur yang pendek, kamu bisa menyemaikan kembali biji-biji pada tanah yang subur dengan matahari cukup sebagai pengganti. 

Baca Juga: 5 Tanaman Gantung yang Bisa Menambah Kesan Natural pada Rumahmu

4. Sambang Darah (Excoecaria Cochinchinensis)

5 Tanaman untuk Memperindah Balkon, Ada yang Berbunga Tak Kenal Musimamazon.in

Excoecaria cochinchinensis atau yang dikenal di Indonesia dengan nama Sambang Darah merupakan tumbuhan bersifat racun dari dataran Asia Tengara. Meski memiliki kemampuan membunuh, namun tanaman hias ini cukup populer karena warna hijau keunguan yang menawan.

Sambang Darah berbentuk perdu kecil dengan tinggi 0,5 meter hingga kurang lebih 3 meter. Batangnya berbentuk kayu dan jika digores mengeluarkan getah yang mengandung racun. Meski mengandung racun, daun dan rantingnya bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit tertentu. 

5. Syngonium

5 Tanaman untuk Memperindah Balkon, Ada yang Berbunga Tak Kenal Musimthespruce.com

Syngonium berasal dari spesies aroid dan dikenal sebagai tanaman hias dari Meksiko hingga Bolivia. Tanaman yang juga dikenal sebagai arrow head ini berbentuk daun yang mirip dengan kepala anak panah. 

Jenis Syngonium Variegata punya bentuk unik berwarna belang hijau. Sementara Syngonium Podophyllum adalah spesies yang paling umum dibudidaya di Indonesia. Untuk merawatnya kamu dapat menyiram air sekali sehari dengan kebutuhan cahaya sedang. 

Itu tadi beberapa jenis tanaman yang cocok kamu aplikasikan di balkon. Semoga bisa jadi referensi untukmu ya!

Baca Juga: Bikin Sejuk, 6 Tanaman Vertical Garden Ini Artistik Juga Lho!

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya