Comscore Tracker

6 Jenis Tanaman untuk Memperindah Jendela Kamar, Bikin Lebih Homey!

Ruangan jadi lebih hidup

Memiliki kamar dengan ruangan sempit, tak menghalangimu buat memperindahnya dari dalam. Selain dipakai untuk sirkulasi udara yang masuk, kamu bisa meletakkan beberapa jenis tanaman interior di jendela supaya enak dipandang. 

Untuk itu, kami akan rekomendasikan beberapa tanaman yang membutuhkan sinar matahari sedang dan cocok ditaruh di jendela. Yuk, simak di bawah ini!

1. Sukulen (succulent)

6 Jenis Tanaman untuk Memperindah Jendela Kamar, Bikin Lebih Homey!unsplash.com/ Yen Vu

Tanaman ini punya bentuk indah serta punya tingkat adaptasi yang baik pada cuaca di sekitar. Cocok diletakkan dalam ruangan, sukulen dapat tumbuh ketika mendapat sinar matahari yang cukup. 

Bagian tengah yang mirip bunga, berbentuk tebal sehingga dapat menyimpan air lebih lama. Kamu dapat menghadapkan tanaman sukulen ke sisi selatan agar kebutuhan cahaya terpenuhi. Cara merawat tanaman ini cukup diberikan sedikit air. 

2. Lidah mertua (sansevieria)

6 Jenis Tanaman untuk Memperindah Jendela Kamar, Bikin Lebih Homey!sublimesucculents.com

Lidah mertua cukup populer di Indonesia dengan corak indahnya untuk menghiasi interior maupun eksterior rumah. Tanaman ini memiliki corak yang unik dengan daun keras, tegak, dan ujung meruncing.

Tanaman yang mudah dirawat ini, juga disebut dengan nama snake plant. Selain sebagai penyejuk, beberapa orang Jepang memanfaatkan lidah mertua untuk menghilangkan bau ruangan. 

3. Kaktus (cactus)

6 Jenis Tanaman untuk Memperindah Jendela Kamar, Bikin Lebih Homey!unsplash.com/ Stephanie Harvey

Bicara tanaman interior, kurang lengkap kalau tak mencantumkan tanaman ini. Meski termasuk tanaman yang tumbuh dalam kondisi kering, namun kaktus kerap dijadikan tanaman buat mempercantik ruangan. Bentuk yang imut, akan mempermanis jendela kamar. 

Kaktus dapat bertahan dalam cuaca ekstrem seperti panas serta tidak memerlukan banyak air. Perawatannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu menyemprotkan air seminggu 2-3 kali.

Baca Juga: 5 Tanaman Gantung yang Bisa Menambah Kesan Natural pada Rumahmu

4. Pakis boston (Boston Fern)

6 Jenis Tanaman untuk Memperindah Jendela Kamar, Bikin Lebih Homey!thespruce.com

Tanaman yang juga dikenal dengan nama Pakis Pedang ini, berasal dari Benua Amerika di Meksiko. Pakis boston punya kemampuan menyerap polusi di udara serta menangkal bahan toluene yang digunakan untuk pembuatan cat rumah.

Tanaman pakis boston punya rimpang yang tipis seperti akar dengan kepanjangan mencapai 1,5 meter. Anak daunnya berbentuk sirip tunggal yang mirip dengan mata tombak. Tanaman ini akan bikin kamarmu lebih hidup dengan meletakkannya di jendela. 

5. Sri rejeki (Chinese Evergreen)

6 Jenis Tanaman untuk Memperindah Jendela Kamar, Bikin Lebih Homey!planetrenewed.com

Banyak orang yang percaya bahwa tanaman ini dapat memberi keberuntungan. Tanaman tersebut berdaun lebar dan berfungsi sebagai indoor air purifier, di mana mampu melancarkan sirkulasi udara. Perawatannya mudah buatmu yang baru punya hobi gardening

Tanaman yang juga disebut sebagai aglaonema ini, merupakan tanaman yang cukup favorit di Indonesia. Flora ini juga telah ditetapkan oleh NASA sebagai tanaman yang efektif dalam menghilangkan polusi rumah tangga seperti formaldehida dan benzena

6. Daun bunga hias krisan (Chrysanthemum)

6 Jenis Tanaman untuk Memperindah Jendela Kamar, Bikin Lebih Homey!unsplash.com/ Erol Ahmed

Tanaman hias yang dikenal sebagai bunga seruni ini, merupakan hasil persilangan, sehingga kadang memiliki warna memikat seperti kombinasi merah muda, ungu, atau kuning. Selain indah dan bisa ditempatkan di jendela, krisan juga berfungsi untuk menetralkan udara. 

Untuk merawatnya, jangan menempatkan bunga ini pada matahari secara langsung. Suhu ideal tanaman ini berada pada kisaran 7- 28 derajat.

Itu tadi beberapa tanaman hias yang bisa kamu terapkan di area jendela kamar. Semoga bisa jadi referensi untukmu, ya!

Baca Juga: 5 Tanaman Bunga yang Bisa Jadi Dekorasi Ruangan, Kamar Auto Estetis

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya