Comscore Tracker

5 Tanda Seseorang Memiliki Kecemasan Tersembunyi, Salah Satunya Sibuk!

Apakah kamu salah satunya? 

Orang dengan kecemasan, mengalami ketakutan terhadap penilaian dan stigma orang lain. Mereka menganggap itu akan menyerang mereka secara mental serta berdampak negatif pada kehidupannya. Itulah kenapa beberapa dari mereka tetap diam dalam keadaan sulit, alih-alih menyuarakan pada orang tentang apa yang mereka alami.

Meski beberapa dari mereka menunjukkan prestasi karena mengalihkan kecemasan jadi hal yang produktif, namun bukan berarti mereka tak butuh treatment untuk menanggulangi masalahnya. Agar lebih awareness dengan masalah ini, berikut beberapa tanda orang dengan kecemasan tersembunyi. 

1. Mudah kesal atau marah apabila ada satu hal yang mengganggu

5 Tanda Seseorang Memiliki Kecemasan Tersembunyi, Salah Satunya Sibuk!IDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Saat berjalan ke suatu ruangan, orang dengan kecemasan tersembunyi merasa setiap orang sedang memperhatikannya. Tak jarang, ini membuatnya kesal dan marah meski gak ditunjukkan langsung. Mereka mengembangkan sensitivitas diri secara berlebih.

Ketika ada yang mengganggu atau beberapa orang di sekitar mengeluarkan emosi negatif, orang dengan kecemasan lebih mudah menyerap emosi dari orang lain. Sehingga saat sudah overwhelmed, mereka mengalami ketidakseimbangan secara emosional.

Bowen, Clark dan Baetz dalam bukunya "Mood Swings in Patients with Anxiety Disorders Compared with Normal Controls" tahun 2004 memaparkan bahwa orang yang terlalu cemas, mengalami perubahan suasana hati yang lebih sering dan lekas marah. 

2. Membuat diri mereka sibuk setiap saat

5 Tanda Seseorang Memiliki Kecemasan Tersembunyi, Salah Satunya Sibuk!IDN Times/Rizka Yulita

Adalah hal umum bila orang dengan gangguan kecemasan, membuat dirinya tetap sibuk setiap saat. Mereka melakukan tugas-tugas sederhana serta melakukannya sepanjang hari. Terkadang, duduk diam serta tak melakukan sesuatu, membuatnya mudah gelisah.

Penelitian dari Calvo, Gutierrez dan Fernandez-Martin dalam bukunya "Anxiety and Deficient Inhibition of Threat Distractors: Spatial Attention Span and Time Course" pada Journal of Cognitive Psychology 2012, menyebutkan bahwa mereka yang memiliki gangguan kecemasan memiliki rentang perhatian yang pendek, kurang fokus, serta manajemen waktu yang buruk. Inilah alasan mereka selalu terlihat sibuk sepanjang hari. 

3. Sering kali berpikir negatif

5 Tanda Seseorang Memiliki Kecemasan Tersembunyi, Salah Satunya Sibuk!IDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Orang dengan kecemasan tersembunyi, memiliki banyak pikiran negatif yang bersemayam di kepala. Mereka kerap pesimis di setiap situasi dan merasa penuh tekanan.

Menurut Psikolog dan Terapis Kognitif, Aaron Beck, pola pikir semacam itu disebut sebagai pemikiran katastropik, di mana sering ditemukan pada klien yang mengalami kecemasan. 

Hidup gak selalu berjalan sesuai rencana, bahkan self-love dan self compassion tidak selalu mudah dilakukan oleh orang dengan gangguan kecemasan. Hidup dengan pikiran negatif membuat mereka kesulitan mengalami bahagia.

Ini membuat mereka memiliki kepercayaan diri yang rendah. Orientasi untuk marah pun jadi lebih mudah. 

Baca Juga: 8 Fakta Ilmiah Texting Anxiety, Kecemasan dalam Berkirim Pesan

4. Mudah panik, ada beberapa yang disertai gejala fisik

5 Tanda Seseorang Memiliki Kecemasan Tersembunyi, Salah Satunya Sibuk!IDN Times/Alfisyahrin Zulfahri Akbar

Kecemasan membuat seseorang mudah dikontrol oleh setiap hal yang ada di sekitar. Telepon dari orang tidak dikenal, email yang tidak ada subjek, atau tugas yang lupa diselesaikan, membuatnya cukup frustasi. 

Beberapa kepanikan yang mereka alami, bahkan disertai dengan gejala fisik seperti darah tinggi atau sesak napas ketika dipicu oleh satu hal. Tubuh memberi tahu pikiran bahwa mereka sedang dalam keadaan cemas dan butuh istirahat.

5. Kesulitan meminta bantuan

5 Tanda Seseorang Memiliki Kecemasan Tersembunyi, Salah Satunya Sibuk!IDN Times/Alfisyahrin Zulfahri Akbar

Ketika seseorang mengalami masalah kecemasan yang tersembunyi, ia mungkin ingin minta bantuan. Namun untuk beberapa alasan, keinginan itu ditangguhkan karena mereka tak ingin mendapat tanggapan negatif dari pencapaian yang selama ini telah diraih.

Beberapa di antara mereka, punya sisi perfeksionis yang tinggi. Ini salah satu alasan kenapa mereka tidak terbiasa meminta bantuan pada orang lain. 

Itu tadi beberapa tanda orang dengan kecemasan tersembunyi. Meski kesannya sepele, namun gangguan kecemasan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari apabila tidak segera ditangani dengan tepat. 

Baca Juga: 5 Manfaat Bunga Passiflora, Bisa Mengatasi Insomnia dan Kecemasan

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya