Comscore Tracker

Berpendirian Teguh, 6 Tanda Kamu Pribadi yang Gak Mudah Panikan

Tenang, semua ada solusinya

Orang panikan sering terlihat bingung ketika memulai tugas atau kewajiban yang harus dikerjakan. Bukan hanya itu, pribadi yang punya kebiasaan panik ini punya pola pikir bahwa stresor yang muncul adalah sebuah ancaman yang harus dilawan. Sehingga, mereka cenderung lebih sulit untuk mengendalikan diri atau mengatasi tekanan yang sebenarnya berasal dari luar diri. Orang seperti ini akan selalu dihinggapi dengan pikiran negatif dan pada akhirnya mudah mencemaskan hal yang belum terjadi. 

Kalau kamu adalah pribadi yang bisa mengendalikan diri termasuk ketika menghadapi tekanan, itu salah satu tanda nyata bahwa kamu bukan termasuk dari mereka. Selain itu, inilah beberapa tanda kalau kamu memang pribadi yang gak mudah panikan.

1. Kamu selalu berusaha sabar dalam menghadapi tekanan dan tantangan

Berpendirian Teguh, 6 Tanda Kamu Pribadi yang Gak Mudah PanikanUnsplash/Denys Nevozhai

Menjadi seorang yang panikan bisa jadi tanda kalau orang tersebut sebenarnya juga gak sabaran. Ketika menghadapi tekanan atau tantangan yang mungkin belum pernah dihadapi, ada kalanya orang akan bingung sendiri dan gak tahu apa yang harus dilakukan. Namun kamu berbeda dalam hal ini, kamu bisa melalui setiap tahapnya dengan sabar.

2. Pikiranmu gak sempit, dalam arti kata kamu punya cara pandang yang luas saat ada masalah

Berpendirian Teguh, 6 Tanda Kamu Pribadi yang Gak Mudah PanikanUnsplash/Meiying Ng

Ketika ada masalah yang menghadang, orang kerap kali kehilangan kendali jika keburu panik duluan, namun hal seperti ini tidak ada dalam kamusmu. Kamu punya pikiran yang gak sempit, dalam arti kata kamu punya banyak cara pemecahan masalah. Pola pikirmu luas saat dihadapkan pada satu hal yang bahkan penuh risiko, kamu menikmati proses belajarmu. 

3. Kamu gak mudah tersulut emosi, bahkan ketika kamu mau

Berpendirian Teguh, 6 Tanda Kamu Pribadi yang Gak Mudah PanikanUnsplash/Tim Goedhart

Orang yang panikan punya kendali yang buruk dalam hal emosi, mereka kesulitan mengontrol pikiran negatif atau kekhawatiran yang sebenarnya mereka buat sendiri. Cemas itu adalah wajar ketika dibarengi dengan perilaku yang benar untuk menguranginya. Kamu tahu hal ini sehingga tidak mudah tersulut emosi ketika ada hal-hal yang mungkin tidak sejalan sama cara pandangmu. 

Baca Juga: Selamat, Ini 7 Tanda Tersirat Cewek Introvert Mulai Menyukaimu

4. Kamu tahu bahwa setiap persoalan itu ada solusinya

Berpendirian Teguh, 6 Tanda Kamu Pribadi yang Gak Mudah PanikanUnsplash/Daniel Monteiro

Setiap persoalan pasti ada solusinya, setiap orang punya cara coping stress macam-macam. Namun, kamu tidak membiasakan untuk meresponnya dengan cara berlebihan. Kamu tahu bahwa panik saja tidak akan menyelesaikan masalah, bahkan kamu akan menghabiskan waktu percuma karena panik sendiri. Kamu paham bahwa kepanikan itu bukan hanya merugikan dirimu, tapi juga orang lain.

5. Kamu selalu fokus dan menyadari bahwa beberapa hal membutuhkan perjuangan dan proses yang tidak sebentar

Berpendirian Teguh, 6 Tanda Kamu Pribadi yang Gak Mudah PanikanUnsplash/Tiko Giorgadze

Pribadi yang selalu fokus dengan apa yang dilakukannya lebih berkemungkinan untuk gak mudah panik. Kamu tahu bahwa setiap hal membutuhkan proses dan perjuangan. Alih-alih panik, kamu lebih memilih memanfaatkan waktu yang ada untuk mencari solusi. Kamu tahu bahwa memelihara kebiasaan panik tidak akan membawamu lebih cepat sampai ke tujuan.

6. Kamu tidak terjebak dalam standar hidup orang pada umumnya

Berpendirian Teguh, 6 Tanda Kamu Pribadi yang Gak Mudah PanikanUnsplash/Ryan Holloway

Kamu tidak terjebak pada standart kehidupan orang pada umumnya, kamu tahu bahwa setiap orang punya timeline kehidupan masing-masing yang tidak bisa disamakan. Berkompetisi atau bersaing dengan orang lain itu boleh bahkan baik untuk meningkatkan kualitas diri, tapi dalam hal ini kamu bisa menjalaninya dengan tenang. Kamu percaya pada kemampuan yang kamu punya makanya kamu gak mudah panikan. 

Dari beberapa tanda tadi, sudah berapa poin yang ada dalam dirimu? 

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Dikenal Miliki Sifat Berani dan Siap Hadapi Risiko

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Pinka Wima

Just For You