Comscore Tracker

6 Tanda Kamu Sosok Peragu yang Sering Bimbang Saat Ambil Keputusan

Kamu gak yakin sama kemampuan diri

Tidak yakin dengan apa yang menjadi pilihannya, begitulah definisi singkat sosok peragu ketika akan mengambil keputusan. Meski hal ini wajar dimiliki oleh setiap orang, namun memiliki sifat peragu yang berlebihan tidak akan mengantarkan seseorang kemana-mana. Mereka sulit untuk mendapatkan apa yang dimau karena kurangnya rasa optimis dalam diri.

Berikut ada beberapa tanda kalau kamu sebenarnya sosok peragu yang berlebihan. Semakin banyak tanda tersebut semakin kamu gak yakin sama diri kamu sendiri.

1. Kamu merasa belum bekerja secara maksimal

6 Tanda Kamu Sosok Peragu yang Sering Bimbang Saat Ambil Keputusandramabeans.com

Sosok peragu bisa ditandai ketika mereka merasa belum totalitas mengerjakan kewajiban atau tugas yang didapat. Kamu seringkali berpikir bahwa masih banyak yang belum kamu lakukan, kamu menyesal telah membiarkan waktu terbuang percuma dan baru tersadar bahwa kamu sangat membutuhkannnya sekarang.

2. Kamu terlalu takut dengan risiko yang mungkin terjadi

6 Tanda Kamu Sosok Peragu yang Sering Bimbang Saat Ambil Keputusandramabeans.com

Ketakutan bisa menjadi satu kendala paling berarti bagi sosok yang selalu meragukan sesuatu. Ketakutan akan salah mengambil keputusan atau ketakutan akan kegagalan seringkali timbul dari diri sendiri dan menjadi penghambat seseorang untuk maju.

Kamu seakan memilih merasa cemas dan takut daripada harus melakukan apa yang seharusnya kamu lakukan.

3. Kamu terlalu memperdulikan penilaian orang lain

6 Tanda Kamu Sosok Peragu yang Sering Bimbang Saat Ambil Keputusandramabeans.com

Sosok peragu juga seringkali dikaitkan dengan orang yang selalu memiliki pemikiran negatif, bahwa suatu hal buruk akan terjadi pada dirinya. Padahal kamu tahu sendiri jika hal tersebut hanya pemikiran tidak realistis yang harus kamu abaikan.

Bukan hanya karena ketakutan akan kegagalan, kamu juga terlalu memikirkan bagaimana penilaian orang lain terhadap dirimu nanti. Kamu lebih takut mendapat penilaian buruk orang lain daripada takut mendapat hasil buruk dari kinerjamu sendiri.

4. Kamu gak yakin sama kemampuan diri

6 Tanda Kamu Sosok Peragu yang Sering Bimbang Saat Ambil Keputusandramabeans.com

Kamu gak mungkin mantap memilih satu jalan jika gak yakin sama kemampuan yang kamu miliki. Sebaliknya, orang yang yakin sama keputusannya akan selalu percaya bahwa mereka bisa melewati rintangannya.

Kemudian sosok peragu kerap dikaitkan dengan sifat gak percaya diri yang membuat mereka gak berdaya padahal belum melakukan apa-apa, begitupun juga apa yang sering kamu alami.

5. Kamu termasuk orang pesimis

6 Tanda Kamu Sosok Peragu yang Sering Bimbang Saat Ambil Keputusandramabeans.com

Menjadi orang pesimis barangkali gak sepenuhnya buruk jika dilihat dari sudut pandang psikologis. Mereka yang pesimis bahkan lebih mungkin untuk panjang umur, lebih sukses, dan memiliki hubungan yang tahan lama karena cenderung melakukan persiapan maksimal untuk menghadapi sesuatu. 

Akan tetapi, jika kamu memiliki sifat pesimis yang berlebihan, hal tersebut menjadi tanda jika kamu juga termasuk sosok peragu.

6. Kamu susah percaya dengan orang lain

6 Tanda Kamu Sosok Peragu yang Sering Bimbang Saat Ambil Keputusandramabeans.com

Barangkali kamu termasuk orang skeptis yang seringkali meragukan setiap hal dalam hidupmu, termasuk juga ketika kamu sering gak percaya sama orang lain. Kamu berpikir mereka tidak lebih baik dari kamu, sehingga itu membuatmu gelisah dan ingin mengambil alih pekerjaan yang seharusnya mereka kerjakan. Kamu kerap mengalami hal seperti ini.

Orang berpikir dahulu sebelum bertindak, maka jika seseorang merasa bimbang saat memutuskan sesuatu sebenarnya merupakan hal cukup wajar karena ingin lebih matang memilih jalan yang diambil. Namun yang menjadi permasalahan adalah ketika gak bisa memanfaatkan perasaan ragu tersebut untuk melakukan usaha lebih maksimal.

 

Alih-alih terus ragu, sudah sepatutnya kamu mengisi waktu dengan mempersiapkan diri secara lebih matang sama apa yang ingin dicapai. Semangat ya!

Fajar Laksmita Photo Verified Writer Fajar Laksmita

a cup of coffee and some cookies

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya