Comscore Tracker

5 Etika Pesan Makanan di Restoran, Sampaikan Pesanan dengan Jelas!

Terapkan ini ketika makan di restoran, ya

Saat hendak pesan makanan di sebuah restoran, kamu perlu menerapkan etika tertentu. Tujuannya adalah agar kamu tidak mempermalukan dirimu sendiri. Selain itu, kamu juga harus tetap berlaku sopan ke pelayan restoran.

Meskipun hal ini terdengar sangat remeh, tapi masih banyak orang yang belum paham mengenai etika yang satu ini. Maka dari itu, yuk simak dan praktikkan lima etika berikut ini ketika kamu akan memesan makanan di restoran.

1. Baca menu dengan teliti

5 Etika Pesan Makanan di Restoran, Sampaikan Pesanan dengan Jelas!ilustrasi memesan minuman di kafe (pexels.com/Mike Jones)

Ketika ingin pesan makanan di restoran, kamu perlu baca menu dengan teliti. Perhatikan setiap menu yang ingin kamu pesan. Jika tidak paham dengan isi menu, kamu bisa minta tolong kepada pelayanan agar bisa dijelaskan lebih detail.

Terkadang terdapat beberapa menu yang cukup sulit untuk dipahami bagi para pengunjung restoran. Nah, daripada salah pesan makanan, lebih baik kamu tanyakan saja. Namun, jangan lupa dengan perkataan yang sopan, ya.

Saat sedang memesan juga jangan terlalu lama. Sebab, dikhawatirkan banyak yang mengantri di belakangmu. Sehingga kemungkinan bi menciptakan antrean yang panjang.

2. Sampaikan pesanan dengan benar

5 Etika Pesan Makanan di Restoran, Sampaikan Pesanan dengan Jelas!ilustrasi memesan makanan (pexels.com/RODNAE Production)

Jika tidak perlu penjelasan dari pelayan, kamu bisa amati menu hingga menemukan pesanan yang diinginkan. Usahakan saat menyampaikan pesanan, kamu bisa melakukannya dengan sopan. Kalau bisa juga kamu tunjuk pesananmu agar pelayan mengetahui apa yang ingin kamu pesan dengan jelas.

Bila pelayan tidak mendengar ucapanmu dan terlihat tidak mendapatkan apa yang ingin dipesan, kamu tidak perlu marah-marah. Sebab, sangatlah wajar jika pelayan tidak menangkap pesananmu hanya dengan sekali atau dua kali penjelasan. Ditambah lagi bisa saja mereka merasa lelah atau suasana restoran yang ramai menyebabkan kurangnya fokus.

Kamu bisa sampaikan dengan suara yang cukup tegas. Supaya mereka mendengar dan usahakan tatap mata pelayan agar mereka tetap fokus dengan pesananmu.

Baca Juga: 6 Etika Menggunakan Toilet Umum buat Kamu yang Suka Bepergian

3. Ucapkan kata maaf bila ucapan pelayan tidak terdengar

5 Etika Pesan Makanan di Restoran, Sampaikan Pesanan dengan Jelas!ilustrasi memesan makanan (pexels.com/RODNAE Production)

Nah, terkadang tidak hanya salah pelayan saja, lho. Bisa jadi kamu yang tidak dengar apa yang dibicarakan oleh pelayan, kan?

Ketika tidak memahami ucapan pelayan, kamu bisa ucapkan kata maaf terlebih dahulu. Barulah setelah itu lalu tanyakan kembali bagaimana maksudnya. Pastinya pelayan akan secara suka rela mengulang ucapan mereka agar tidak salah membuat pesananmu.

4. Ucapkan terima kasih setelah pesananmu dilayani dan di antarkan ke meja

5 Etika Pesan Makanan di Restoran, Sampaikan Pesanan dengan Jelas!ilustrasi mengantarkan makanan ke meja pelanggan (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Saat kamu sudah selesai makan atau minum, bisa langsung ucapkan terima kasih sambil tersenyum. Percayalah, respon hangat darimu bisa membuat pelayan sangat senang telah melayanimu. 

Bila pelayan mengantarkan pesanan, kamu juga bisa ucapkan kembali kata terima kasih karena sudah mengantarkan pesanan dengan benar dan sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

Namun, jika terjadi kesalahan, tentunya kamu tidak perlu sampai naik pitam. Kamu bisa sampaikan kalau ada kesalahan. Bila memang kesalahan dari pihak restoran, pastinya mereka akan menggati pesanan agar sesuai dengan menu yang telah dipesan.

5. Jika pesanan tidak diantarkan, kamu harus ambil sendiri

5 Etika Pesan Makanan di Restoran, Sampaikan Pesanan dengan Jelas!ilustrasi memesan makanan (pexels.com/Tim Samuel)

Terkadang, ada juga restoran yang tidak mengantarkan makanan hingga ke meja pengunjung. Bisa juga saat kondisi restoran sedang ramai, biasanya kamu akan dikasih nomor antrean. Kemudian kamu harus mengambil sendiri pesanan ke tempat yang telah disediakan.

Jika berada di kondisi tersebut, kamu harus paham bahwa suatu keharusan untuk melakukan hal tersebut. Jangan malas dan maunya diantarin saja, ya. Namun, jika kesulitan karena memesan banyak pesanan, kamu bisa minta bantuan pelayan yang sedang tidak sibuk. Nantinya pelayan tersebut pun akan senang hati membantumu, asal kamu memintanya dengan sopan, ya.

Meskipun pesan makanan di restoran terlihat mudah, tapi terkadang ada saja kejadian yang membuat salah paham. Misalnya, seperti pelayan tidak dengar pesananmu. Intinya, kamu tidak perlu marah bila memang pelayan kurang menangkap ucapanmu. Mungkin memang kamu juga yang kurang jelas saat mengucapkan pesanan. Gunakan etika, ya!

Baca Juga: 7 Alasan Orang Jarang Memesan Makanan secara Online

Fajrina Annisa Photo Verified Writer Fajrina Annisa

I write what I like and what I see.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya