Comscore Tracker

Lakukan 5 Hal Ini Ketika Kamu Kehilangan Tujuan Hidup

Jangan biarkan hidupmu terus terombang-ambing, ya!

Tujuan hidup merupakan sesuatu yang direncanakan untuk direalisasikan pada masa depan. Memiliki tujuan hidup dapat menentukan seseorang dalam keberhasilan dalam meraih dan merasakan kebahagiaan dalam kehidupannya. Tetapi tujuan hidup tidak mutlak memberikan kebahagiaan atas seseorang. 

Namu,n tak jarang seseorang yang awalnya memiliki rencana-rencana atau tujuan hidup tapi seiring berjalannya waktu seseorang tersebut justru kehilangan arah dalam melakoni kehidupannya.

Banyak faktor yang menyebabkan seseorang lupa akan tujuan hidup yang telah ia agendakan sebelumnya. Mungkin salah satunya yang sering membuat orang enggan untuk terus bekerja keras dalam meraih cita-citanya yaitu terlalu larut dalam sebuah kegagalan.

Untuk kamu yang merasakan dirimu telah kehilangan tujuan hidup kamu bisa melakukan 5 hal di bawah ini. Berikut ulasannya!

1. Jauhkan dirimu dari media sosial untuk sementara waktu

Lakukan 5 Hal Ini Ketika Kamu Kehilangan Tujuan Hidupunsplash.com/Marc Schaefer

Dalam kehidupan masyarakat modern saat ini begitu sangat melekatnya media sosial dalam kesibukan-kesibukannya. Sehingga tak sulit untuk menemukan momen-momen dalam kehidupan orang lain yang tampaknya bahagia. Namun, tak selalu momen yang dibagikan kepada orang banyak tersebut selalu bahagia seperti yang ada di media sosial mereka.

Untuk itu berikanlah dirimu sedikit waktu untuk terlepas dari hiruk pikuk media sosial. Dengan menjauhkan dirimu dari media sosial dalam sementara waktu, kamu akan terhindarkan dari rasa iri yang akan kamu dapat karena kamu merasa kehidupan orang lain terlihat lebih bahagia dari kehidupanmu sendiri padahal bisa saja sebaliknya yang terjadi.

Dan hasilnya kamu dapat memiliki waktu dan kesempatan yang penuh untuk fokus menata kehidupanmu.

2. Ingatlah apa yang akan kamu tinggalkan untuk orang yang kamu sayangi

Lakukan 5 Hal Ini Ketika Kamu Kehilangan Tujuan Hidupunsplash.com/Annie Spratt

Meskipun kamu telah mengalami kegagalan yang berulang kali, jangan sampai kehabisan energi dan motivasi untuk mencapai semua cita-citamu. Karena dalam setiap kegagalan ada hikmah berharga yang bisa kamu petik. 

Lupakan rasa sedih dan penyesalanmu lalu mencoba mengingatkan dirimu bahwa kamu harus mengasih pemberian yang terbaik kepada keluarga atau orang-orang yang kamu sayangi.

Dengan menyadarkan dirimu dalam keharusan kepada orang-orang yang kamu cintai, akan membuahkan api semangat yang berkobar untuk terus memandang dan melangkah ke depan.

Baca Juga: 5 Hal yang Wajib Kamu Abaikan dalam Hidup Ini Biar Gak Terasa Berat

3. Fokus melakukan kegiatan yang membuat kamu senang

Lakukan 5 Hal Ini Ketika Kamu Kehilangan Tujuan Hidupunsplash.com/Guilherme Stecanella

Menemukan passion dalam diri tidak bisa didapatkan dengan mudah. Perlu usaha dan waktu yang cukup panjang. Sangat mungkin jika kamu terlalu labil dalam menentukan passion dalam dirimu sehingga berbuntut dengan tujuan hidup yang terbengkalai.

Berikanlah waktu yang cukup untuk memfokuskan dirimu dalam melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat membuatmu bahagia dan yang tentunya sesuai passion kamu. Menjalankan tujuan hidup yang sesuai dengan passion-mu berpengaruh besar dengan konsistensi dalam mengarungi kehidupanmu nanti. 

4. Menengok ke belakang untuk melihat perjuangan yang telah kamu korbankan

Lakukan 5 Hal Ini Ketika Kamu Kehilangan Tujuan Hidupunsplash.com/Andrew Neel

Lika-liku kehidupan, masalah yang cukup rumit, dan waktu yang telah kamu jalani untuk mencapai semuanya jangan kamu lepas begitu saja. Baik kesalahan yang kecil atau besar, sengaja atau tidak di sengaja ingatlah kamu pernah berhasil dalam berjuang. Pengalaman-pengalaman sangat berharga dapat kamu kantongi untuk modal penting dalam mencari jalan keluar dari permasalahan yang akan kamu hadapi nantinya.

Percayalah bahwa tidak hanya kamu saja yang pernah mengalami kegagalan, bahkan orang yang telah sukses sekalipun tentu telah menahan dirinya dan mengambil pelajaran dari rentetan kegagalan yang dialaminya.

Karena harapan besar sedang kamu emban untuk membuat keluarga atau orang-orang yang kamu sayangi merasakan kebahagiaan dari hasil perjuanganmu.

5. Mengambil beberapa hari untuk berlibur

Lakukan 5 Hal Ini Ketika Kamu Kehilangan Tujuan Hidupunsplash.com/freestocks.org

Mengambil sebuah perjalanan liburan dapat menjadi solusi bagi kamu yang merasa lelah atau capek dalam memperjuangkan apa-apa yang kamu cita-citakan. Bisa saja kamu selama ini menumpuk rasa kepenatan yang menjadikan dirimu stres dan kehilangan fokus untuk meneruskan tujuan hidupmu.

Oleh sebab itu, ambillah cuti di tengah-tengah kesibukanmu dalam beberapa hari saja untuk refreshing. Tak perlu melakukan perjalanan liburan yang menghabiskan banyak biaya namun kamu bisa berjalan-jalan mengelilingi kotamu tapi tetap yang intinya dapat me-refresh dirimu dan mengembalikan semangatmu dalam menggapai semua yang kamu inginkan.

Memang sulit untuk dapat konsisten memiliki semangat yang membara dalam menjalankan tujuan hidup yang sudah disusun sebelumnya. Namun, ketika kamu lupa dan kehilangan arah untuk menjalani hidup, jangan kamu biarkan dirimu menjalani kehidupanmu ala kadarnya tapi kamu juga harus memiliki reminder untuk semua tujuan hidupmu. Terus semangat, ya!

Baca Juga: 5 Manfaat Pentingnya Membuat Standar Kecukupan dalam Hidupmu

Falana Rofako Photo Community Writer Falana Rofako

1000 teman terlalu sedikit, 1 musuh terlalu banyak.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You