Comscore Tracker

5 Tips Memuaskan Harga Diri Orang Lain Agar Tetap Akrab dan Bersahabat

Menjaga harga diri orang lain juga akan menjaga harga dirimu

Ketika kamu dalam suatu hubungan dengan orang lain dapat memuaskan harga diri orang tersebut, kamu akan menjadi pribadi yang dihormati dan disukai oleh banyak orang. Selain itu orang yang dapat kamu jaga harga dirinya akan menjadikan dirinya lebih simpatik kepadamu, dan dapat berperilaku baik serta bersahabat denganmu.

Supaya kamu dapat tetap akrab dan bersahabat dalam menjalin hubungan dengan orang lain, kamu bisa terapkan lima tips ini untuk memuaskan harga diri orang lain. Berikut ulasannya!

1. Selalu memuji orang lain

5 Tips Memuaskan Harga Diri Orang Lain Agar Tetap Akrab dan Bersahabatunsplash.com/Priscilla Du Preez

Semua orang tentu ingin selalu dipuji. Pujian bagaikan angin sejuk yang menyegarkan tubuh di kala suhu sekitar yang sangat panas. Pujian juga bisa menjadi suatu penghargaan atas segala kontribusinya. 

Ketika kamu siap selalu memberikan pujian yang tulus kepada semua orang, maka kamu akan menjadi pribadi yang paling disukai banyak orang. Cara agar kamu gemar memuji yaitu selalu membuka mata dan hati untuk melihat sisi baik sikap dan perbuatan orang lain. Kemudian utarakan rangkaian kata-kata pujian dengan ikhlas kepada orang tersebut.

2. Jadilah pendengar yang baik bagi teman-temanmu

5 Tips Memuaskan Harga Diri Orang Lain Agar Tetap Akrab dan BersahabatUnsplash.com/Priscilla Du Preez

Mendengarkan orang lain berbicara jauh lebih baik hanya sekadar berbicara dan berdiam diri. Pendengar yang baik pasti banyak disenangi dan dibutuhkan semua orang. Orang yang merasa segala ucapannya dihargai dan didengar akan terus bergairah dan tidak mudah jenuh berbicara kepadamu.

Untuk dapat menjadi pendengar yang baik berilah kesempatan kepada orang lain untuk mengungkapkan semua yang ia pikirkan dan ajukan beberapa pertanyaan yang membuat ia bergairah untuk berbicara. Jangan pernah memotong saat orang lain berbicara dan jangan memberikan nasihat jika ia tidak memintanya namun tetap dengarkanlah semuanya dengan antusias.

Baca Juga: Belajar Menghargai Orang Lain: Kebiasaan Penting yang Sering Terlupakan

3. Hindari kritikan yang bersifat mencela

5 Tips Memuaskan Harga Diri Orang Lain Agar Tetap Akrab dan Bersahabatunsplash.com/Priscilla Du Preez

Sebuah kritikan pasti memberikan dampak yang baik bagi semua orang. Namun jika kritikan yang dilontarkan mengandung ejekan akan sangat melukai hati. Dan akhirnya bukan membuat orang lain menjadi lebih baik malah membuat orang tersebut terluka hatinya dan benci dengan kritikannya.

Umumnya semua orang tidak ingin kekurangannya diketahui orang banyak. Apalagi jika kelemahan yang dipunya dipermalukan di hadapan banyak orang maka tak heran jika orang tersebut mempertahankan dirinya dengan sikap yang tidak bersahabat.

4. Buat temanmu menjadi orang yang penting

5 Tips Memuaskan Harga Diri Orang Lain Agar Tetap Akrab dan Bersahabatunsplash.com/NeONBRAND

Akan sangat merasa gembira saat  menjalin pertemanan dengan dirimu bila kamu mampu membuat temanmu menjadi orang yang penting dalam kehidupanmu. Orang tersebut merasa kontribusinya dalam hidupmu berjalan dengan sangat baik. Sehingga ia tak ragu lagi untuk memberikan saran dan pandangan kepadamu.

Tunjukkanlah sikap dan ucapan yang menghargai segala bantuan yang ia beri. Hal itu dapat menjadikan ia merasa menjadi orang penting untuk dirimu. Selain itu kamu dapat juga memenuhi panggilan dan janji yang ia buat bersamamu dengan tepat waktu. 

5. Sebut nama temanmu dengan baik dan benar

5 Tips Memuaskan Harga Diri Orang Lain Agar Tetap Akrab dan BersahabatUnsplash.com/Seth Doyle

Nama merupakan sesuatu yang sangat berharga yang sifatnya sangat pribadi. Nama juga merupakan bentuk harapan atau doa agar memiliki kepribadian seperti namanya. Sehingga semua orang tidak akan suka bila namanya disebut sembarangan.

Agar kamu tidak salah dalam mengucap dan melafalkan nama orang lain, kamu bisa meminta dirinya untuk menuliskan namanya dengan lengkap dan benar. Akan lebih baik jika dalam memanggil atau menyapa orang lain dengan tambahan yang sifatnya menghormati seperti untuk yang lebih tua yaitu bapak atau ibu.

Karena manusia adalah makhluk sosial, sudah seharusnya menghargai satu sama lain di kehidupan ini. Meski kamu telah menghargai orang lain dan mereka tidak mealakukannya padamu, jangan balas dendam ya. Teruslah berbuat baik.

Baca Juga: 6 Cara Menghargai Orang Lain yang Bisa Diterapkan di Dunia Kerja

Falana Rofako Photo Verified Writer Falana Rofako

1000 teman terlalu sedikit, 1 musuh terlalu banyak.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya