Comscore Tracker

5 Tips Menghindari Prokrastinasi, Yuk Mulai Sekarang Juga!

Jangan biasakan suka menunda-nuda sesuatu, ya!

Siapa di sini yang sering menunda-nunda pekerjaan atau tugas, nih? Kalau kamu suka menunda pekerjaanmu artinya kamu sudah terbiasa dengan prokrastinasi. Prokrastinasi adalah kebiasaan yang menunda pekerjaan atau tugas hingga mengalami rasa yang tidak nyaman dengan penundaan ini.

Menunda pekerjaan merupakan kebiasaan buruk yang dapat mengakibatkan dirimu lambat dalam mengembangkan kemampuanmu. Selain itu, terdapat dampak negatif lainnya dari prokrastinasi seperti menghambat prestasi, dan menyebabkan stres dan kecemasan yang berlebihan.

Sebelum kamu terbiasa dengan prokrastinasi, kamu bisa melakukan 5 tips ini agar kamu terhindar dari kebiasaan buruk tersebut. Berikut penjelasannya! 

1. Menetapkan tujuan utama

5 Tips Menghindari Prokrastinasi, Yuk Mulai Sekarang Juga!pexels.com/Liam Anderson

Menetapkan tujuan utama ini bermaksud agar dirimu tidak kehilangan arah dan terus termotivasi dalam menyelesaikan pekerjaan atau tugasmu. Jangan sampai kamu mengerjakan segala sesuatu tanpa tujuan yang jelas karena bisa saja kamu merasa jenuh dan malas ketika proses pengerjaannya nanti.

Bahkan kamu malah melakukan sesuatu yang dapat menunda pekerjaanmu seperti bermain hp, menonton televisi, dan jalan-jalan keluar. Alhasil pekerjaanmu menumpuk dan tak kunjung selesai.

2. Membuat deadline setiap pekerjaan

5 Tips Menghindari Prokrastinasi, Yuk Mulai Sekarang Juga!unsplash.com/Estée Janssens

Setelah kamu menetapkan tujuan, jangan lupa juga membuat deadline untuk setiap pekerjaanmu. Tujuan yang tidak memiliki deadline akan terlihat seperti sesuatu yang tidak penting. Dengan alami kamu akan menunda-nunda pekerjaamu dan merasa memiliki waktu yang sangat banyak karena tanpa batas waktu yang pasti.

Dengan adanya deadline, kamu dapat mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang memiliki batas waktu yang paling dekat terlebih dahulu. Sehingga kamu tidak keteteran dalam proses pengerjaan tugas kamu.

Baca Juga: 5 Cara Hilangkan Stres Hadapi Deadline Pekerjaan di Depan Mata

3. Menyusun daftar apa saja yang perlu dilakukan

5 Tips Menghindari Prokrastinasi, Yuk Mulai Sekarang Juga!pexels.com/Startup Stock Photos

Catatlah apa saja pekerjaan-pekerjaan yang akan kamu selesaikan. Setelah itu, urutkan pekerjaan-pekerjaan dengan deadline yang paling singkat. Hal ini bertujuan agar tidak ada pekerjaan atau tugas yang terlewat. Selain itu dengan menyusun daftar semua pekerjaan dapat membuat kegiatanmu lebih tersusun, efektif, dan efisien.

4. Menguraikan pekerjaan atau tugas yang rumit menjadi lebih sederhana

5 Tips Menghindari Prokrastinasi, Yuk Mulai Sekarang Juga!unsplash.com/William Iven

Jangan merasa down dulu ketika mendapatkan pekerjaan yang cukup rumit. Kamu bisa membuat pekerjaan tersebut menjadi potongan-potongan pekerjaan kecil agar mudah untuk dikerjakan. Sehingga kamu dapat mengerjakan pekerjaan tersebut dengan maksimal. Dengan begitu kamu dapat terlatih untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang rumit berikutnya.

5. Mulai kerjakan perkerjaan yang paling mudah dulu

5 Tips Menghindari Prokrastinasi, Yuk Mulai Sekarang Juga!unsplash.com/Avel Chuklanov

Dan yang terakhir kamu bisa melihat daftar pekerjaanmu yang sudah kamu buat. Kamu mulai kerjakan pekerjaan yang kamu anggap mudah terlebih dahulu. Kemudian kamu bisa melanjutkan pekerjaan yang memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi. Dan akhirnya setiap pekerjaanmu dapat kamu selesaikan dengan waktu yang tepat.

Berikut tadi merupakan 5 tips agar kamu terhindar dari kebiasaan buruk prokrastinasi. Jangan menunda-nunda pekerjaanmu agar nantinya tidak merugikan dirimu sendiri. Kalau kamu tidak kerjakan sekarang kapan lagi?

Baca Juga: 5 Hal Negatif yang Terjadi Pada Dirimu Ketika Suka Menunda Pekerjaan

Falana Rofako Photo Community Writer Falana Rofako

1000 teman terlalu sedikit, 1 musuh terlalu banyak.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You