Comscore Tracker

6 Langkah Meninggalkan Media Sosial untuk Kehidupan yang Lebih Bahagia

Tanpa media sosial hidupmu akan jauh lebih baik, lho!

Terkadang kamu menjadi tersesat dalam dunia media sosial sehingga kamu lupa untuk menjalani kehidupan nyata. Kamu lebih fokus terhubung dengan media sosial namun akhirnya kamu terputus dengan dunia nyatamu sendiri.

Oleh karena itu kamu perlu menghentikan penggunaan media sosial yang berlebihan dan memulai menjalin hubungan kembali dengan orang-orang di sekitarmu agar kehidupanmu menjadi lebih baik. Lakukanlah enam langkah ini untuk meninggalkan penggunaan media sosial. 

1. Jauhkan handphone dari dirimu saat 1 jam sebelum dan setelah kamu tidur

6 Langkah Meninggalkan Media Sosial untuk Kehidupan yang Lebih Bahagiaunsplash.com/Madalyn Cox

Sudah menjadi kebiasaan bagi kebanyakan orang yang masih menggunakan handphonenya ketika sebelum tidur. Bahkan baru bangun dari tempat tidur pun langsung mencari keberadaan handphone mereka. Padahal banyak kegiatan positif yang dapat dilakukan ketika sebelum dan setelah tidur seperti membaca doa sebelum dan setelah tidur, merapikan tempat tidur dan lain-lain.

Untuk itu jauhkan dirimu satu jam saja ketika akan tidur dan sebelum tidur. Gunakan satu jam tersebut dengan kegiatan yang bermanfaat lainnya. Agar kamu bisa tidur dengan nyaman dan merasa lebih fresh ketika bangun tidur.

2. Matikan semua notifikasi handphone

6 Langkah Meninggalkan Media Sosial untuk Kehidupan yang Lebih Bahagiaunsplash.com/Jamie Street

Kemudian matikan semua notifikasi yang mengganggu dari handphonemu. Atau langsung mematikan handphone itu malah lebih baik. Kerena notifikasi yang di luar kepentingan kamu akan menghambat aktivitas yang akan kamu lakukan.

3. Simpan handphone ketika beraktivitas

6 Langkah Meninggalkan Media Sosial untuk Kehidupan yang Lebih Bahagiaunsplash.com/Jonah Pettrich

Kamu harus tetap fokus dengan apa yang sedang kamu lakukan. Jangan biarkan handphonemu merusak fokus dan konsentrasi dalam pekerjaanmu. Tentu hal tersebut sangat merugikan yang menyebabkan hasil dari apa yang kamu kerjakan tidak maksimal.

Oleh karena itu kamu harus menyimpan handphonemu ketika sedang beraktivitas atau melakukan pekerjaan seperti di lemari, di tas, atau di laci meja. Agar fokus dan konsentrasimu dapat selalu terjaga.

Baca Juga: 5 Alasan Gak Perlu Tanggapi Status Sindiran di Media Sosial

4. Hanya gunakan satu perangkat saja untuk mengakses media sosial

6 Langkah Meninggalkan Media Sosial untuk Kehidupan yang Lebih Bahagiaunsplash.com/Expressa Digital

Kamu bisa mengakses media sosial di handphone, di laptop dan perangkat lainnya itu memang luar biasa. Tetapi tidak dengan fokus dan produktivitasmu. Karena semakin banyak perangkat yang kamu gunakan untuk bermedia sosial akan menjadi lebih banyak distraksi yang akan mengganggumu. 

Karena tentunya kamu harus tetap online, tetapi kamu harus menggunakan satu perangkat saja. Hal ini akan membantu kamu disiplin bahwa handphonemu hanya digunakan untuk segala sesuatu yang penting saja dari pada hanya sekadar melihat-lihat timeline media sosial yang tidak ada manfaatnya.

5. Berikan dirimu waktu 30 menit untuk tetap terkoneksi

6 Langkah Meninggalkan Media Sosial untuk Kehidupan yang Lebih Bahagiaunsplash.com/Marten Bjork

Pastinya kamu juga harus tetap terkoneksi dengan media sosial. Karena informasi-informasi tersampaikan dengan cepat di dunia serba digital ini. Tetapi kamu harus membuat batasan dalam mengakses media sosial. Berikan waktu sekitar 30 menit dan paling lama 1 jam setiap harinya untuk bermedia sosial seperti melihat berita, membalas pesan teman, dan lain sebagainya. 

6. Sibukkan dirimu dengan kegiatan di dunia nyata

6 Langkah Meninggalkan Media Sosial untuk Kehidupan yang Lebih Bahagiaunsplash.com/Josh Rocklage

Dan langkah ini yang paling penting yaitu menyibukkan dirimu dengan kegiatan di dunia nyata. Berinteraksi lah dengan orang-orang di kehidupan nyata. Dan buat dirimu senang untuk bergaul dengan orang-orang di sekitarmu. 

Kamu juga bisa melakukan kegiatan positif lainnya seperti membaca buku, olahraga, merencanakan liburan dan masih banyak lagi.

Sebenarnya, semuanya kembali padamu. Mau memanfaatkan sosial media untuk hal yang bermanfaat atau sekadar membuang waktu saja. Semua kontrol ada pada dirimu.

Baca Juga: 6 Efek Negatif dari Sosial Media Terhadap Kesehatan Mental

Falana Rofako Photo Community Writer Falana Rofako

1000 teman terlalu sedikit, 1 musuh terlalu banyak.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You