Comscore Tracker

5 Kegiatan yang Bisa Kamu Jadikan Kerja Sampingan Selama Pandemi

Selain produktif juga bisa menghasilkan uang

Hadirnya pandemi COVID-19 sejak awal tahun 2020 mau tak mau membatasi ruang gerak kita di luar rumah. Kondisi ini pun berimbas pada banyak sektor. Dari segi ekonomi terutama, tidak sedikit dari orang yang harus kehilangan pekerjaan atau merugi. Pemerintah dan rakyat jadi kelimpungan memikirkan solusi.

Meski begitu, sudah semestinya kamu tidak boleh takluk dengan keadaan. Seperti yang kamu lihat di media-media, kini sudah banyak tren kerja bermunculan selama musim pandemi ini-mulai dari content creator sampai dagang online.

Dengan memanfaatkan internet, mereka para generasi Millenials dan Gen Z membuktikan bahwa asal ada kemauan pasti ada jalan.  Hal yang terpenting adalah selalu optimis, kreatif, dan inovatif.

Nah, apakah kamu juga salah satunya? Jika belum, gak perlu terlalu ribet mikir pekerjaan apa yang sebaiknya kamu lakoni. Lima kegiatan ini selain produktif juga bisa menambah pemasukanmu lho.

1. Menulis

5 Kegiatan yang Bisa Kamu Jadikan Kerja Sampingan Selama PandemiPexels/Andrea Piacquadio

Kamu punya hobi menulis? Entah itu puisi, cerpen, artikel atau opini. Kamu bisa menjadi penulis lepas atau berpartisipasi sebagai kontributor di suatu media. Selain bermanfaat dalam memberikan informasi kepada banyak orang, kamu juga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah.

2. Memasak

5 Kegiatan yang Bisa Kamu Jadikan Kerja Sampingan Selama PandemiPexels/Andrea Piacquadiao

Selama berada di rumah, kepiawaianmu dalam urusan dapur tentu sangat berguna dalam situasi ini. Kamu bisa berhemat sekaligus tetap bisa makan enak di rumah. Poin plusnya lagi, kamu bisa menjadikan hobimu ini sebagai usaha makanan. Makanan siap saji dan frozen food cukup banyak peminatnya belakangan ini.

Untuk urusan promosi, kamu bisa melakukannya dengan mudah dengan cuma berbekal gadget dan internet. Tinggal jepret produk makananmu, lalu bagikan deh di media sosial. Singkatnya, teknologi sangat dibutuhkan untuk membuat pekerjaan jmenjadi lebih cepat, mudah dan praktis. Hal inilah yang melatarbelakangi munculnya provider digital. 

Baca Juga: 5 Faedah Dunia Digital bagi Generasi yang Memiliki Gairah Maju

3. Desain grafis

5 Kegiatan yang Bisa Kamu Jadikan Kerja Sampingan Selama PandemiPexels/OVAN

Kamu punya atau keterampilan desain grafis? Kegiatan yang satu ini juga bisa jadi ladang uang bagimu. Apalagi kebutuhan akan jasa desain grafis terbilang cukup tinggi, seperti logo, infografis, cv dan lain-lain.

Tanpa harus bekerja di perusahaan, kamu bisa bekerja secara mandiri di rumah. Kamu bisa menjual hasil karyamu melalui media sosial atau situs-situs marketplace yang ada. Jangkauan pasarmu pun bisa jauh lebih besar.

Salah satu hal menyenangkan dari melakukan pekerjaan semacam ini adalah fleksibilitasnya. Kamu bisa bekerja di manapun dan kapanpun–namun tentu saja tanpa melupakan deadline. Makanya, penting bagimu untuk memilih penyedia layanan internet yang tepat dan fleksibel

4. Mengajar secara online

5 Kegiatan yang Bisa Kamu Jadikan Kerja Sampingan Selama PandemiPexels/Andrea Piacquadio

Tren content creator termasuk salah satu yang mewabah selama pandemi ini. Gak ada salahnya bagi kamu untuk ikut memanfaatkannya dengan membuat konten-konten yang positif, seperti video belajar misalnya. Apalagi dalam situasi sekarang ini, banyak adik-adik yang harus belajar secara daring di rumah.

Nah, bila kamu cukup ahli dalam suatu bidang dan punya kemampuan mengajar yang baik, kamu bisa coba untuk mengajar secara online di Youtube atau media lainnya. 

Internet memang memberikan banyak peluang bagi generasi Millenials dan Gen Z untuk berkarya. Oleh karenanya, by.U sebagai kartu sim digital pertama di Indonesia berusaha untuk mengakomodir segala harapan para Millenials dan Gen Z, sesuai dengan tagline-nya #SemuanyaSemaunya!

Dengan by.U, kamu gak perlu harus repot-repot ke konter dan ngantri untuk mengisi kuota internet. Semua layanan digitalnya bisa dilakukan dengan sentuhan jari pada layar smartphone-mu. Kamu juga bisa memilih sendiri nomor handphone-mu lho.

5. Olahraga

5 Kegiatan yang Bisa Kamu Jadikan Kerja Sampingan Selama PandemiPexels/Li Sun

Bagi kamu yang senang berolahraga dan tertarik pada bidang kebugaran, ini juga bisa menjadi pilihan kontenmu. Apalagi semenjak peraturan jaga jarak dan stay at home, banyak orang yang jarak bergerak dan berolahraga karena sering di rumah. Adalah sebuah hal positif jika kamu bisa mengajak mereka untuk melakukan olahraga atau senam ringan meski di rumah lewat video.

Ngomong-ngomong soal menggunakan internet dari by.U, kamu tidak perlu dibuat dengan gerah dengan kuota terpisah-pisah yang bikin mubazir. Dengan #SemuanyaSemaunya, kamu bisa menyesuaikan plan  dengan add-on berdasarkan kebutuhanmu. Semua kuotamu pun bisa dinikmati 24 jam penuh dengan harga yang ramah di kantong. Fleksibel, 100% digital, simpel dan mengusung kebebasan gaya hidup digital membuat by. U pantas menjadi sim card milenial.

Itu dia 5 kegiatan produktif yang juga bisa kamu jadikan pekerjaan sampingan selama pandemi. Soal kebutuhan internet untuk mendukung aktivitasmu, kalau ada cara baru yang lebih fleksibel dan mudah, kenapa harus pakai cara yang lama?

Baca Juga: 5 Kegiatan Produktif Hemat Budget bagi Si Passionate Generasi 4.0

Fatimah Nasir Photo Verified Writer Fatimah Nasir

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya