Comscore Tracker

IWF 2020: 5 Hal Spesial dari Drama Korea yang Bikin Nagih

Rasyid Baihaqi Cine Crib pun mengakuinya #IWF2020

Rasyid Baihaqi dari Cine Crib yang menjadi narasumber di Indonesia Writers Festival 2020 by IDN Times. Sesi kali ini bertajuk It's Ok to Watch KDrama, cocok nih buat kamu yang baru mengenal drama Korea. Meski KDrama sering dianggap sebagai tontonan kaum hawa, gak ada salahnya kalau cowok juga mau ikut nonton.

Seperti yang diungkapkan Rasyid, "Semua orang akan Korea pada waktunya." Gak bisa dimungkiri KDrama saat ini berkembang pesat dan dapat dinikmati semua kalangan. Bahkan, beberapa drama telah ditayangkan oleh stasiun TV di Indonesia.

Mau tahu hal-hal yang spesial dari KDrama dibanding negara lainnya? Yuk, simak ulasan berikut!

1. Menggabungkan berbagai genre dalam satu cerita

IWF 2020: 5 Hal Spesial dari Drama Korea yang Bikin NagihYoutube.com/IDN Times

Hal pertama yang membuat KDrama spesial yakni menggabungkan berbagai genre dalam satu cerita. Tentunya, tetap membuat penonton betah di depan layar. Kalau menggabungkan genre action-thriller atau thriller-romance udah biasa, KDrama punya yang beda, lho.

Salah satu KDrama yang menjadi gabungan banyak genre dan populer, yakni It's Okay to Not Be Okay. Drama tersebut mengangkat tema kesehatan mental yang dibumbui dengan romance dan fantasi. Kisahnya pun lebih dekat dengan penonton dan sesuai dengan kondisi saat ini.

2. Cerita yang tetap membumi

IWF 2020: 5 Hal Spesial dari Drama Korea yang Bikin NagihKstarlive.com

Cerita dalam KDrama tentunya disesuaikan dengan adat dan budaya setempat. Setidaknya masih dapat diterima oleh masyarakat Asia secara luas. Sehingga dapat dinikmati oleh penonton dari berbagai negara.

Kemajuan teknologi dan industri di Korea Selatan juga dapat dibuktikan melalui produk-produk yang digunakan dalam KDrama. Tanpa harus menampakkan secara jelas sebagai sponsor, seperti elektronik maupun handphone menggunakan brand ternama dari Korea Selatan. Sehingga, para penonton pun mengenal produk dari brand tersebut. 

Selain produk yang dihasilkan, kebiasaan masyarakat setempat juga disajikan dalam KDrama. Seperti halnya kebiasaan meminum soju yang sering menjadi adegan dalam KDrama.

Baca Juga: IWF 2020: 5 Manfaat Nonton KDrama ala Rasyid Baihaqi dari Cine Crib

3. Para pemain yang mumpuni

IWF 2020: 5 Hal Spesial dari Drama Korea yang Bikin NagihKpop.asiachan.com

Selain punya cerita yang menarik, KDrama juga menampilkan para pemain yang memanjakan mata. Enggak cuma modal tampang, nyatanya pemeran terpilih memiliki kemampuan akting yang mumpuni. Sehingga penonton benar-benar menikmati drama yang disajikan.

Kamu bisa mencoba untuk nonton dua drama berbeda dengan pemain yang sama. Seperti halnya Bae Suzy yang berperan sebagai agen dari National Intellegence Service Korea Selatan di Vagabond. Bandingkan, ketika ia berperan sebagai wanita karier di Start-Up.

4. Fashion yang kekinian dan bisa jadi referensi

IWF 2020: 5 Hal Spesial dari Drama Korea yang Bikin NagihWheinmanila.com

Selain visual para pemainnya, fashion juga menjadi hal menarik dalam KDrama. Ada banyak gaya busana yang bisa jadi referensi untuk outfit-mu. Bahkan, aksesoris yang digunakan oleh para pemain bisa menjadi sorotan media.

Enggak cuma desainnya yang bisa kamu sontek, kamu juga bisa mengetahui brand hingga harganya, lho. Buat kamu yang suka mengikuti perkembangan fashion juga bisa mengambil manfaat dari nonton KDrama, nih.

5. Memaksimalkan potensi negara

IWF 2020: 5 Hal Spesial dari Drama Korea yang Bikin NagihSoompi.com

Setiap negara tentu memiliki potensi masing-masing, mulai dari budaya hingga destinasi wisata. Pemilihan latar tempat bisa menjadi salah satu cara untuk memperkenalkan lokasi yang menarik untuk dikunjungi. Seperti halnya drama Itaewon Class yang menjadikan kawasan Itaewon sebagai latar tempat.

Penonton pun mengetahui bahwa Itaewon merupakan distrik yang terkenal dengan kehidupan malam dan bertemunya budaya dari berbagai negara. Selain itu, drama-drama sageuk juga menjadi salah satu cara untuk menunjukkan kekayaan sejarah dan budaya Korea Selatan di masa lampau.

Selain latar tempat, beberapa makanan dan minuman khas Korea Selatan pun dapat diperkenalkan melalui KDrama. Tentu kamu sudah enggak asing lagi dengan kimchi atau tteokbokki 'kan?

Itulah tadi lima hal spesial dari KDrama menurut Rasyid Baihaqi. Apa kamu mau mencoba untuk nonton KDrama sekarang?

Baca Juga: IWF 2020: 5 Keistimewaan KDrama dan Pengaruhnya dengan Kondisi Mental

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Verified Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya