Comscore Tracker

IWF 2020: 5 Kiat Jitu Nulis Artikel dari Konten Viral Ala Nabila Inaya

Bukan sembarang viral yang bisa jadi artikel #IWF2020

Penggunaan media sosial saat ini enggak bisa dihindarkan lagi. Ada banyak konten yang diunggah, mulai dari hiburan hingga berita penting. Seolah, media sosial menjadi salah satu tempat untuk menyebarluaskan informasi. 

Penggunaan media sosial yang lebih luas bukan sekedar untuk bertukar informasi, menikmati konten maupun berkomunikasi. Kamu juga bisa menjadikan konten-konten di media sosial sebagai artikel, lho. Seperti halnya yang banyak diterapkan oleh media berita online saat ini. 

Kamu mau menulis artikel dari konten-konten yang tengah viral di media sosial? Bisa banget. Nabila Inaya, chief editor di Yukepo.com dan Aplikasi Super telah membagikan kiat khusus di Indonesia Writers Festival 2020 by IDN Times pada Kamis (24/9/2020). Mau tahu lebih lanjut? Yuk, langsung simak!

1. Pentingnya riset awal bagi penulis

IWF 2020: 5 Kiat Jitu Nulis Artikel dari Konten Viral Ala Nabila InayaDok. Pribadi/Fatma Roisatin

"Setiap penulis wajib datang dengan riset mandiri," ucap Nabila.

Hal pertama yang kamu lakukan sebelum menulis artikel, yakni riset. Bisa menjadi salah satu hal yang menyenangkan, kamu bisa berselancar di media sosial sambil mencari topik menarik. Enggak cuma dari media sosial, kamu juga bisa mencari melalui Google Trends maupun BuzzSumo. 

Setelah menemukan hal menarik untuk diangkat menjadi artikel, kumpulkan terlebih dahulu. Kamu juga harus memiliki kriteria tersendiri untuk menentukan bahwa konten tersebut layak diubah menjadi artikel.

2. Tentukan artikel yang akan dibuat

IWF 2020: 5 Kiat Jitu Nulis Artikel dari Konten Viral Ala Nabila Inayapixabay.com/firmbee

Sudah menentukan bahwa konten yang kamu temukan dari media sosial tersebut layak menjadi artikel? Kamu perlu memikirkan kembali artikel seperti apa yang akan kamu tulis. Nabila mengatakan, "Apakah tujuannya menghibur atau ada nilai informasi atau berita yang memang penting untuk ditulis."

Kalau tujuannya untuk menghibur, kamu bisa memilih gambar atau video lucu yang menarik dan mudah ditemukan. Tentunya yang dianggap tidak menimbulkan dampak negatif bagi orang lain, ya. Sedangkan untuk konten-konten bernilai informasi, bisa kamu peroleh dari akun media berita online atau figur publik. 

Baca Juga: IWF 2020: Hits di Kalangan Gen Z, 5 Hal Penting Menulis Menurut Tsana

3. Wajib menelusuri sumber utama

IWF 2020: 5 Kiat Jitu Nulis Artikel dari Konten Viral Ala Nabila Inayapixabay.com/firmbee

Kalau kamu sudah menentukan artikel seperti apa yang akan ditulis, saatnya kamu riset lebih lanjut. Bukan sekedar riset, aktifkan jiwa 'detektif'-mu untuk menelusuri sumber utama. Hal ini dilakukan untuk menghindari disinformasi atau misinformasi.

Kamu bisa menelusurinya melalui Google Image atau menggunakan kata kunci yang sesuai. Setelah menemukan sumber utama yang menggunggah konten tersebut, pastikan akun tersebut dapat dipercaya. Bukan akun abal-abal atau malah bot account.

Kamu enggak mau, 'kan, sudah lelah menulis tapi informasi yang tersampaikan justru tidak terpercaya. Pembaca akan meragukan artikel-artikelmu selanjutnya. Jadi, menemukan sumber utama wajib kamu lakukan sebelum menulis artikel. 

4. Wajib meminta izin dari pengunggah konten

IWF 2020: 5 Kiat Jitu Nulis Artikel dari Konten Viral Ala Nabila Inayapixabay.com/stocksnap

Sudah menemukan sumber awal pengunggah konten? Saatnya kamu meminta izin untuk menggunakan konten tersebut dalam artikelmu. Belum tentu si pengunggah bersedia, lho. Sehingga kamu perlu berusaha keras nih untuk memeroleh izin. 

Kamu bisa menggunakan beragam cara, mulai dari menghubungi yang bersangkutan  melalui akun media sosial, surat elektronik hingga nomor managernya. Kamu juga harus memahami etika untuk meminta izin, supaya tidak ada pihak yang tersinggung. 

5. Pastikan platform memiliki fitur embed

IWF 2020: 5 Kiat Jitu Nulis Artikel dari Konten Viral Ala Nabila InayaDok. Pribadi/Tangkapan Layar IDN Times

Satu lagi nih hal penting yang perlu kamu perhatikan. Pastikan platform tempatmu akan mengunggah tulisan memiliki fitur embed. Sehingga kamu bisa menyertakan foto atau video sekaligus memberikan credit si empunya konten.

Pembaca pun akan mengetahui sumber dari foto, video atau tulisan dalam artikelmu. Pemilik konten juga akan merasa lebih dihargai atas karyanya. 

Itulah tadi kelima kiat menulis artikel dari konten viral ala Nabila Inaya. Enggak cuma dari media sosial, kamu bisa mencari inspirasi dari hal-hal yang sedang trending saat ini. Udah punya ide mau menulis artikel apa hari ini? 

Baca Juga: IWF 2020: 5 Tips Tulis Cerita ala Wisnu-Brilliant "Rahasia Soeratmi" 

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Verified Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya