Comscore Tracker

7 Sifat yang Gak Seharusnya Kamu Miliki dalam Bergaul, Yuk Kenali!

Salah satunya suka mengadu domba orang lain

Sudah suatu keharusan bagi kita memiliki hubungan baik dengan orang lain. Agar hubungan itu tetap awet dan harmonis kita harus bisa menjaga sikap. Baik secara lisan maupun perbuatan kepada orang-orang yang ada di sekitar kita.

Ada beberapa sikap yang gak seharusnya kamu miliki dalam pergaulan sehari-hari. Tentunya akan menimbulkan ketidakharmonisan jika sikap itu ada di dalam dirimu. Bahkan bisa membuat kamu dibenci dan dijauhi oleh orang lain. Nah, apa sajakah sikap yang tidak boleh kamu miliki itu? Yuk, kenali pada bab berikutnya.

1. Sok tahu dalam segala hal 

7 Sifat yang Gak Seharusnya Kamu Miliki dalam Bergaul, Yuk Kenali!ilustrasi memberi tanggapan (pexels.com/Yan Krukov)

Merasa dirinya paling banyak mengetahui dalam segala hal termasuk sikap yang tidak disukai oleh kebanyakan orang. Biasanya seseorang yang merasa sok tahu malah sering mengarang informasi yang akan diberikan kepada orang lain. Bahkan juga suka menggurui dan menganggap orang lain lebih rendah dari dirinya.

Dalam pergaulan sehari-hari sikap seperti ini tidak boleh ada di dalam dirimu. Sebab kamu akan dicap sebagai orang yang sombong dan egois. Apalagi informasi yang kamu berikan dikoreksi oleh orang yang lebih paham daripada dirimu. Pastinya hal ini akan membuatmu merasa malu, bukan?

2. Mudah tersinggung

7 Sifat yang Gak Seharusnya Kamu Miliki dalam Bergaul, Yuk Kenali!ilustrasi bertengkar (pexels.com/Timur Weber)

Orang yang memiliki sifat sensitif terhadap perasaan akan membuat dirinya terlihat lemah. Dalam bergaul sikap mudah tersinggung ini sebaiknya perlu disingkirkan. Sebab sifat ini bisa saja merusak hubungan pertemanan yang sudah kamu jalani.

Dalam sebuah hubungan pertemanan terkadang ada saja timbul gesekan kecil. Entah karena perkelahian biasa atau hanya candaan belaka oleh temanmu. Nah, masalah seperti ini merupakan hal yang wajar, kok. Akan tetapi, jika kamu memiliki sifat yang mudah tersinggung bisa saja membuatmu membenci mereka. Sebab kamu begitu sensitif dengan hal-hal kecil yang tidak seharusnya kamu simpan di dalam perasaanmu.

3. Hobi menyindir orang lain

7 Sifat yang Gak Seharusnya Kamu Miliki dalam Bergaul, Yuk Kenali!ilustrasi menyindir orang lain (pexels.com/Keira Burton)

Satu lagi sifat yang sangat dibenci orang adalah suka menyindir. Menyindir merupakan cara seseorang untuk menjatuhkan orang lain secara tidak langsung. Biasanya dilakukan oleh seseorang yang memiliki dendam dan tidak senang dengan orang lain. Tujuannya agar bisa melampiaskan rasa sakit hatinya.

Menyindir termasuk sifat yang negatif dan perlu dibuang jauh-jauh. Sindiran darimu itu bisa saja membuat teman-temanmu merasa tersinggung. Bahkan bisa menjauhkan dirimu dari pergaulan sehari-hari. Jadi, sebaiknya kamu gak boleh memiliki sifat ini agar hubungan pertemananmu tetap awet dan harmonis.

Baca Juga: 5 Tips Berteman dengan Lingkungan Pergaulan Baru, Coba Ditiru

4. Mudah terpancing emosi

7 Sifat yang Gak Seharusnya Kamu Miliki dalam Bergaul, Yuk Kenali!ilustrasi bertengkar (pexels.com/Mart Production)

Emosi yang mudah meledak-ledak akan menjauhkan dirimu dari pergaulan di masyarakat. Sebab jika kamu mudah terpancing emosi akan membuatmu tidak disukai orang lain. Seseorang yang mudah terpancing emosinya sering kali sulit mengendalikan diri. Sehingga bisa saja mencelakai dirinya sendiri maupun orang lain. Dan tentunya juga berdampak buruk terhadap hubungan pertemanan.

Mengendalikan emosi sebenarnya gak sulit, kok. Kamu hanya perlu mengalihkan situasi ke yang lain saat amarahmu memuncak. Cobalah lakukan relaksasi, seperti mendengarkan musik, jalan-jalan ke taman, olahraga, dan sebagainya. Selain itu, kamu juga harus menghindari hal yang menyulut emosimu memuncak kembali. Nah, jika kamu melakukannya pasti akan membuatmu merasa lebih baik.

5. Suka mengadu domba orang lain

7 Sifat yang Gak Seharusnya Kamu Miliki dalam Bergaul, Yuk Kenali!ilustrasi mengadu domba (pexels.com/Liza Summer)

Mengadu domba orang lain termasuk perbuatan yang tercela. Jangan karena kita suka mengadu domba orang lain mengakibatkan hubungan seseorang menjadi rusak gara-gara kita. Pastinya kamu akan dijauhi dan dikucilkan oleh orang di sekitarmu. Dan hal ini tidak ingin terjadi kepada dirimu, bukan?

Oleh sebab itu, sebaiknya kamu juga harus menjauhi sifat yang suka mengadu domba orang lain. Kita seharusnya bisa menjaga hubungan baik dengan teman dan orang-orang yang ada di sekitarmu. Jangan sesekali sifat ini kamu miliki di dalam dirimu. Sebab jika kamu membuang jauh-jauh sifat ini niscaya hidupmu akan aman dan tenteram saat berhubungan dengan orang lain.

6. Egois dan keras kepala

7 Sifat yang Gak Seharusnya Kamu Miliki dalam Bergaul, Yuk Kenali!ilustrasi bertengkar (pexels.com/Timur Weber)

Egois dan keras kepala termasuk sifat yang sangat menyebalkan. Kamu pasti tidak menyukai orang-orang yang memiliki sifat seperti ini, bukan? Nah, jika kamu tidak menyukainya sebaiknya kamu juga tidak boleh bersikap seperti itu kepada orang lain.

Seseorang yang memiliki sifat egois selalu merasa ingin menang sendiri. Pendapat dari orang lain sering ia tolak mentah- mentah. Ia juga tidak ingin ada orang lain yang lebih hebat darinya. Sehingga ia merasa paling sempurna di antara orang-orang. Nah, sebaiknya kamu harus menghindari sifat ini agar disukai oleh temanmu.

7. Iri dengan keberhasilan orang lain

7 Sifat yang Gak Seharusnya Kamu Miliki dalam Bergaul, Yuk Kenali!ilustrasi membenci diri sendiri (unsplash.com/Julien L)

Merasa iri dengan pencapaian orang lain sebenarnya boleh-boleh saja, kok. Asalkan dalam batas yang wajar. Tujuannya agar kamu juga bisa sukses dan berhasil seperti mereka. Namun, jika rasa iri itu malah membuatmu membenci orang lain sebaiknya perlu kamu kurangi.

Terlalu iri dengan kesuksesan orang lain bisa saja membuat hidupmu menjadi tidak tenang. Kamu selalu memikirkan setiap saat bagaimana orang itu bisa berhasil. Kamu selalu menganggap mereka sebagai orang yang biasa-biasa saja. Sehingga kamu berusaha menutupi keberhasilannya itu dengan cara menjatuhkan harga dirinya atau menyindir habis-habisan.

Agar hubungan dengan teman dan orang-orang yang ada di sekitarmu tetap aman kamu harus bisa menjaga sikap. Tidak hanya lisan saja yang harus kamu kontrol. Perbuatan-perbuatan yang bisa membuat mereka menjadi benci kepadamu juga harus kamu hindari. Nah, semoga kamu tidak memiliki sifat seperti yang ada di atas, ya.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Harus Memiliki Pergaulan yang Berkualitas

Fauzan Fadhilah Photo Verified Writer Fauzan Fadhilah

"Tak harus menjadi seperti orang lain, karena kita memiliki ranahnya masing-masing."

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya