Comscore Tracker

Super Gampang, 5 Tips Mudah Merawat Koleksi Buku Agar Tidak Jamuran

Buku awet dan tidak mudah rusak deh!

Memiliki koleksi buku dalam jumlah banyak adalah sebuah kebanggaan tersendiri bagi seseorang. Selain mendapatkan kepuasan saat memiliki buku-buku tertentu, puluhan bahkan ratusan buku berisi ilmu dan pengetahuan ini juga bisa kita diwariskan kepada anak dan cucu kita nanti.

Masalahnya adalah kita tidak bisa mewariskan koleksi buku kita yang berharga jika tidak merawatnya dengan benar. Apalagi di musim pancaroba seperti sekarang. Jamur dengan mudahnya tumbuh di bagian sampul mau pun dalam buku. Membuat buku tersebut menguning dan memiliki bau kurang sedap.

Untuk menghindari hal tersebut, yuk simak beberapa tips mudah dan anti ribet dalam merawat koleksi buku agar terbebas dari jamuran.

1. Simpan dan susun dalam rak buku

Super Gampang, 5 Tips Mudah Merawat Koleksi Buku Agar Tidak Jamuranpexels.com/Pixabay

Pertama, kita bisa menaruh koleksi buku kita di dalam rak buku. Pilih jenis rak buku yang terbuka agar lebih mudah saat akan membersihkan debu dan kotoran lainnya.

Menaruh buku dalam keadaan berdiri dan menyusunnya sesuai dengan kategori akan memudahkan kita dalam mencari buku yang akan kita baca.

2. Memberi sampul tambahan pada buku

Super Gampang, 5 Tips Mudah Merawat Koleksi Buku Agar Tidak Jamuranpexels.com/SuzyHazelwood

Agar kondisi buku terjaga dengan baik, kita bisa menambahkan sampul plastik pada koleksi buku. Jangan terlalu ketat saat memasangkan sampul plastik karena dapat merusak bentuk dari sampul aslinya. Jangan juga terlalu longgar karena debu dan kotoran lain akan mudah masuk dan sulit sekali untuk dibersihkan.

Baca Juga: Inilah 7 Kelebihan Membaca Buku Teks Dibandingkan E-book

3. Kondisi tangan dalam keadaan bersih

Super Gampang, 5 Tips Mudah Merawat Koleksi Buku Agar Tidak Jamuranpexels.com/Element5Digital

Pastikan kondisi tangan kita dalam keadaan bersih sebelum membaca buku. Biasakan cuci tangan lalu keringkan terlebih dahulu. Mengingat tangan kita sudah menyentuh banyak hal dan terpapar debu dan bakteri setelah seharian beraktivitas. Hal-hal tersebut bisa jadi pemicu munculnya jamur di buku kita.

4. Gunakan pembatas buku

Super Gampang, 5 Tips Mudah Merawat Koleksi Buku Agar Tidak Jamuranpexels.com/StreetwindyPhotography

Kebanyakan orang akan melipat halaman buku saat mereka belum selesai membaca buku tersebut. Kebiasaan tersebut dapat merusak kualitas buku dan cepat rusak.

Sebagai solusinya, gunakan pembatas buku. Dijamin, koleksi buku kamu akan terus terlihat seperti baru keluar dari segel plastik.

5. Selipkan cabai kering

Super Gampang, 5 Tips Mudah Merawat Koleksi Buku Agar Tidak Jamuranpexels.com/Jens

Yang satu ini mungkin tidak biasa, tapi dengan menyelipkan cabai merah kering di dalam buku kamu dapat mencegah tumbuhnya jamur di halaman buku kamu. Selain itu, cabai merah kering juga berfungsi menyerap bau tidak sedap akibat terlalu lama di simpan di rak buku dan tidak terkena cahaya matahari.

Mudah dan gak ribet, kan? Dijamin deh koleksi buku kita terbebas jamur, awet, dan tetap dalam kondisi bagus.

Baca Juga: 9 Inspirasi Rak Buku Unik untuk Menghemat Space, Pas Buat WFH!

Febby Arshani Photo Verified Writer Febby Arshani

Akwoakwoakwoak

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya