Comscore Tracker

5 Tips Ampuh Agar Tidak Mengantuk Selama Tarawih

#RamadanMasaKini Ibadah jadi makin khusyuk

Salah satu hal yang paling sering dikeluhkan selama menjalankan ibadah tarawih adalah mengantuk. Yap, sepertinya seluruh jamaah sepakat kalau mengantuk adalah musuh utama dalam menjalankan ibadah yang hanya dapat dilakukan di bulan Ramadan ini. Saking resenya, beberapa orang justru lebih memilih untuk tidak ikut tarawih ketimbang harus bergelut melawan rasa kantuk selama tarawih.

Biar terbebas dari serangan kantuk selama menjalani sholat tarawih, buruan deh terapin 5 hal ini. Dijamin, ibadah kamu terasa lebih khusyuk.

1. Jangan makan berlebihan

5 Tips Ampuh Agar Tidak Mengantuk Selama Tarawihpexels.com/ChanWalrus

Kalau kamu ingin menjalankan ibadah tarawih tanpa diserang rasa kantuk, jangan makan terlalu banyak saat buka puasa. Perut dalam kondisi penuh oleh makanan yang kamu santap dalam keadaan kalap ini dapat membuat pergerakan kamu menjadi lebih lamban dan membuat rasa kantuk datang lebih cepat.

2. Banyak minum air putih

5 Tips Ampuh Agar Tidak Mengantuk Selama Tarawihpexels.com/DariaShevtsova

Untuk mengantisipasi kekenyangan pasca berbuka puasa, cobalah untuk berbuka dengan makanan ringan dan perbanyak minum air putih. Selain mengganti cairan tubuh kamu, air putih juga dapat membuat tubuh kamu lebih segar dan terbebas dari rasa kantuk.

Baca Juga: 7 Masjid Terbaik di Yogyakarta yang Asyik untuk Tujuan Salat Tarawih

3. Makan besar setelah pulang tarawih

5 Tips Ampuh Agar Tidak Mengantuk Selama Tarawihpexels.com/mentatdgt

Mungkin terdengar berat untuk dijalankan, tapi, percayalah kalau solusi yang satu ini sangat manjur. Dengan menunda makan besar sampai usai salat tarawih dan menggantinya dengan makanan ringan atau camilan, kamu tidak akan merasakan kantuk karena terus-terusan teringat dengan berbagai makanan favorit yang sudah menanti kamu di meja makan.

4. Pergi tarawih dengan teman dan keluarga

5 Tips Ampuh Agar Tidak Mengantuk Selama Tarawihthenational.ae

Pergi tarawih dengan teman dan keluarga ampuh untuk menambah semangat kamu nih dalam menunaikan ibadah. Selain itu, kamu dapat berbincang-bincang sedikit di sela-sela ibadah tarawih untuk menghindarkan kamu dari rasa kantuk. Tapi ingat ya, jangan ngeghibahin orang lain karena nanti ibadah kamu tidak sah.

5. Self reminder: kesempatan ini hanya datang setahun sekali

5 Tips Ampuh Agar Tidak Mengantuk Selama Tarawihpexels.com/rawpixel.com

Yang terakhir, kamu perlu mengingatkan diri kamu sendiri kalau ramadhan dengan segala jenis nikmat yang ada di dalamnya hanya datang setahun sekali. Ditambah kamu belum tentu bisa bertemu lagi dengan bulan Ramadhan tahun depan, tidak ada salahnya untuk maksimal dalam melaksanakan ibadah tahun ini.

Mudah kan? Semoga tips dari IDN Times dapat menggugah kamu untuk memaksimalkan ibadah kamu tahun ini dan dapat menyelamatkan kita semua di hari pembalasan nanti. Aamin.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Febby Arshani Photo Community Writer Febby Arshani

Akwoakwoakwoak

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati
  • Ernia Karina

Just For You