Comscore Tracker

Awas! Ini 4 Pertanda Emosinal Kalau Kamu "Kecanduan" Stres

#GoodLife Bisa bahayakan kesehatanmu lho!

Percaya atau tidak, stres adalah suatu bentuk candu. Sayangnya, banyak orang tidak menyadarinya, membiarkan kecanduan ini tumbuh dan berkembang. Ketika kamu secara emosional kecanduan akan suatu hal yang menyebabkan stres, maka hal tersebut lama-kelamaan akan berpengaruh juga pada kesehatan fisik dan mentalmu, lho.

Meskipun stres adalah hal yang wajar, namun membiarkan stres menghantui dirimu setiap hari nyatanya berbahaya bagi kesehatanmu secara keseluruhan.

Berikut ini adalah beberapa tanda peringatan kalau kamu memiliki "kecanduan" emosional terhadap stres dan cara mengatasinya.

1. Selalu mengkhawatirkan masa depan

Awas! Ini 4 Pertanda Emosinal Kalau Kamu Kecanduan Streslifehack.org

Mengkhawatirkan masa depan setiap saat adalah sebuah sinyal mengkhawatirkan yang memberi tahu dirimu bahwa kamu benar-benar kecanduan stres. Semua orang tentu akan membuat rencana untuk masa depannya masing-masing, tetapi kamu tidak dapat memprediksi apa yang akan terjadi selanjutnya.

Ketika sesuatu yang kamu coba ramalkan atau rencanakan tidak terjadi sesuai harapanmu, maka hal tersebut akan menimbulkan lebih banyak tekanan. Mungkin, ini sudah waktunya untuk kamu menikmati momen saat ini, bukan mengkhawatirkan apa yang terjadi di masa depan.

2. Menciptakan stres di mana-mana

Awas! Ini 4 Pertanda Emosinal Kalau Kamu Kecanduan Stresjezzards.co.uk

Tidak peduli apa yang kamu lakukan atau ke manapun kamu pergi, kamu selalu saja menciptakan beberapa tingkat stres. Hal ini bisa saja terjadi karena kamu lebih suka memiliki jadwal atau daftar yang berantakan daripada memiliki jadwal yang terorganisir atau tersusun rapi.

Hasilnya, pikiranmu juga ikut berantakan karena binggung mengenai apa yang harus dikerjakan terlebih dahulu.

Baca Juga: Ingin Menyerah? Lakukan 5 Hal Ini untuk Tambah Semangat

3. Merasa tidak sabaran

Awas! Ini 4 Pertanda Emosinal Kalau Kamu Kecanduan Stressimplyinvesting.com

Anda merasa cemas ketika menunggu kopi buatanmu jadi di kedai kopi atau ketika kamu menunggu lift di kantor. Ya, setiap detik berharga tetapi kadang-kadang ada baiknya lebih sabar. Bagaimanapun, sabar dapat mengurangi pikiran stres yang menggangu hidupmu.

Selain itu, kamu juga menambahkan sentuhan stres dalam hubunganmu dengan orang lain, mengharapkan orang lain melakukan apa yang kamu ingin mereka lakukan atau menjadi marah ketika seseorang melakukan sesuatu yang berbeda dari apa yang kamu harapkan.

4. Menikmati sebuah "drama"

Awas! Ini 4 Pertanda Emosinal Kalau Kamu Kecanduan Stresaskclairecasey.com

Sebagai pecandu stres, kamu kesulitan menjalani hidup yang tenang. Kamu memiliki kecenderungan untuk menambahkan bumbu-bumbu "drama" ke dalam situasi sehari-hari dan mencari untuk menikmati dengan sengaja "drama" yang kamu buat sendiri.

Mau hidup tenang? Mudah saja, hentikan membuat "drama" dalam kehidupanmu sehari-hari.

Baca Juga: Inspiratif, 13 Kutipan Terbaik John Lennon Tentang Kehidupan dan Cinta

Febri Photo Verified Writer Febri

A wanderer and beach hunter

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya