Comscore Tracker

5 Tips Belanja Baju Online, Pahami supaya Gak Perlu Retur!

#LifeIDNTimes Cek ulang wajib hukumnya

Siapa yang suka membeli baju secara online? Membeli baju tanpa ke toko langsung, memang cukup digemari karena menawarkan sejumlah keuntungan. Selain praktis dan cepat, diskon yang diberikan pun gak main-main.

Namun, karena kamu gak bisa melihat produknya secara langsung, belanja baju secara online pun harus sangat teliti. Kalau salah atau produk mengecewakan, produkmu bisa diretur. Yuk, simak apa saja tips belanja baju online!

1. Cari tahu ukuran badanmu

5 Tips Belanja Baju Online, Pahami supaya Gak Perlu Retur!Pexels.com/cottonbro

Yang kamu perlu tahu adalah lebar dada, lebar pinggul, dan lebar pinggang. Ini adalah patokan umum mengetahui ukuran baju, selain hanya berbekal ukuran S, M, L, atau XL.

Pastikan kamu tahu ukuran akuratmu agar bisa membandingkannya dengan baju yang dijual. Lalu, perhatikan detail-detail bajunya. Jika ada fitur khusus pada tubuhmu, amati apakah ada bagian atau model baju yang kurang sesuai.

2. Perhatikan reputasi toko tempat kamu membeli baju

5 Tips Belanja Baju Online, Pahami supaya Gak Perlu Retur!Pexels.com/Keira Burton

Jika kamu belanja di marketplace, kamu bisa cek ini di bagian profil akunnya. Cara lainnya adalah melihat ulasannya di Google Maps. Biasanya, ada beberapa bisnis yang lokasinya bisa dilihat di aplikasi peta tersebut. Dari situ, kamu bisa lihat komentar orang yang masuk.

Cara lainnya lagi adalah melihat reputasi di fanpage Facebook. Terakhir, melakukan pencarian via Google. Barangkali, sudah banyak orang yang memberikan komentar positif lewat tulisan di blog, sosial media, atau membuat video di YouTube.

3. Gak cukup reputasi toko, perhatikan review untuk produk yang jadi sasaranmu

5 Tips Belanja Baju Online, Pahami supaya Gak Perlu Retur!Pexels.com/Charlotte May

Biasanya, fitur ini ada di marketplace atau sebagian website resmi. Amat penting melihat review ini. Bisa saja, reputasi toko tempatmu membeli baju sudah bagus. Namun, kualitas barang belum tentu sama bagusnya semua.

Kalau ada yang memberikan komentar kurang puas, kamu boleh waspada. Mungkin saja, kualitas barang yang kamu incar meragukan.

Baca Juga: 6 Tips Memilih Ukuran Baju yang Sesuai Saat Belanja Online

4. Gak perlu terburu-buru checkout. Gunakan kesempatan untuk bertanya pada admin lewat chat yang tersedia

5 Tips Belanja Baju Online, Pahami supaya Gak Perlu Retur!Pexels.com/Zen Chung

Menemukan bagian untuk bertanya jawab dengan customer service si toko online? Kenapa gak menggunakannya? Carilah info lebih lanjut soal baju yang akan kamu beli dari sini. Gali informasi penting yang mungkin gak tertulis di deskripsi produk.

5. Periksa ulang sebelum kamu checkout dari keranjang belanja

5 Tips Belanja Baju Online, Pahami supaya Gak Perlu Retur!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Teliti ulang lebih baik daripada menyesal di kemudian hari. Pastikan kamu sudah memilih warna dan ukuran yang sesuai. Pastikan harga, alamat pengiriman sudah sesuai, dan kode promo gak ketinggalan. Intinya, kamu paham jika sudah membelinya secara sadar dan teliti.

Nah, sekarang kamu sudah siap belanja baju online! Selamat mencoba dan semoga puas, ya!

Baca Juga: 5 Trik Belanja Online saat Ada Diskon Besar-besaran, Biar Gak Kalap!

Lita Michelle Photo Verified Writer Lita Michelle

I believe the grass is no more greener on the other side

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya