Comscore Tracker

#GreenBeauty 5 Tips Simpel Merawat Diri Sekaligus Lingkungan

Rawat diri dan lingkungan berbarengan! #GarnierxIDNTimes   

Kalian harus tahu kalau ancaman dunia saat ini bukan tentang ekonomi, politik, ataupun perang. Ada hal yang lebih besar akan mengancam kita dan hal itu sebenarnya hal yang sering dianggap sepele. Yap, lingkungan! Lingkungan dunia sekarang sedang terancam dengan banyaknya aksi perusakan lingkungan, seperti sampah yang sulit didaur ulang, pembuangan limbah sembarangan, dan banyak lagi.

Eits, jangan langsung salahkan industri, orang biasa seperti kita justru menyumbang sampah yang tidak bisa didaur ulang paling banyak. Contohnya plastik. Kita sering banget menyepelekan benda yang satu ini. Padahal benda yang satu ini, nih, yang sangat sulit didaur ulang secara alami.

Ada kabar baik, nih, buat kita! Ada beberapa langkah untuk mencintai lingkungan yang benar-benar simpel. Selain simpel, langkah-langkah ini juga sekaligus merawat diri kita, lho! Penasaran? Yuk disimak!

1. Tampil lebih stylish menggunakan tas kanvas dibanding plastik saat berbelanja

#GreenBeauty 5 Tips Simpel Merawat Diri Sekaligus Lingkunganilustrasi orang berbelanja dengan tas belanja (unsplash.com/victoriano)

Belanja adalah kegiatan rutin yang sering kita lakukan sehari-hari. Baik itu belanja kebutuhan dapur, kebutuhan sandang ataupun kebutuhan lain. Saat belanja banyak barang, tanpa sadar kita justru memakai plastik banyak sekali untuk membawa barang belanjaan. Selain menjadi limbah lingkungan, jika kita menenteng plastik ke mana-mana terlihat tidak stylish, 'kan?

Yuk, mulai biasakan membawa tas kanvas khusus membawa semua belanjaan kita. Selain mudah dibawa, tas kanvas juga membuat penampilan kita terlihat stylish saat berbelanja. Dan juga tas kanvas bisa dipakai sampai beberapa kali, tidak seperti plastik yang hanya satu kali pakai. Nah, kalau begitu kita sudah melakukan #OneGreenStep.

2. Menjaga kebersihan rumah dengan recycle sampah plastik

#GreenBeauty 5 Tips Simpel Merawat Diri Sekaligus Lingkunganilustrasi orang sedang memilah sampah (unsplash.com/vivirl0505)

Kalian pasti tahu, 'kan, kebersihan rumah itu penting bagi kesehatan. Lingkungan yang bersih membuat jiwa dan raga kita juga ikutan bersih dan kinclong. Selain harus bersih dari debu, rumah juga harus bersih dari sampah. Eits, semua sampah jangan langsung kalian buang begitu saja. Sampah bisa kita pilah-pilah dan didaur ulang. 

Terus setelah dipilah, mau diapain lagi? Nggak perlu ribet, kalian tinggal mengunduh eRecycle, aplikasi digital yang berguna untuk menjemput semua sampah yang kamu punya. Baik itu plastik, kaca ataupun kertas. Unduh, daftar, tentukan titik jemputnya, tim eRecycle datang. Gampang 'kan? Sayangnya penjemputan eRecycle masih di Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Yang ada di kota lain jangan sedih. Karena di sekitar rumah kalian pasti ada tempat daur ulang. Contohnya di Sumatra Utara banyak sekali orang-orang yang berkeliling rumah ke rumah mencari sampah untuk didaur ulang. Bahkan bagi orang yang ingin memberikan sampahnya, akan dibayar sesuai dengan harga yang ditentukan. Keren abis, 'kan?

Baca Juga: #GreenBeauty Daur Ulang Zaman Now dengan Aplikasi eRecycle, Coba Yuk! 

3. Memakai brand produk yang kemasannya ramah lingkungan

#GreenBeauty 5 Tips Simpel Merawat Diri Sekaligus LingkunganBrand Garnier memakai bahan eco-friendly. (twitter.com/GarnierID)

Merawat diri pasti tidak jauh-jauh dari produk kecantikan atau perawatan diri, 'kan? Mulai sekarang sebelum beli produk, coba dicek lebih dulu apakah kemasan produk itu sudah ramah lingkungan atau belum. Kemasan yang ramah lingkungan itu seperti apa ya? Kemasan ramah lingkungan adalah kemasan produk yang bahannya mudah didaur ulang dan tidak berbahaya untuk makhluk hidup.

Nah, tidak usah bingung mencari produk yang kemasannya ramah lingkungan. Contohnya produk Garnier saat ini memakai 100 persen plastik daur ulang. Garnier sendiri sudah tidak memakai selofan (lembaran plastik transparan) sejak 2019. Bahkan Garnier akan menghemat 402 ton plastik baru di tahun 2022. Keren banget, 'kan? Nah, ini adalah bukti nyata kampanye #GarnierGreenBeauty. Penasaran? Cek langsung di https://www.garnier.co.id/green-beauty.

4. Memulai kebiasaan bawa botol minum dari rumah daripada beli air minum kemasan

#GreenBeauty 5 Tips Simpel Merawat Diri Sekaligus Lingkunganilustrasi orang minum dari botol setelah beraktivitas (unsplash.com/bannon15)

Untuk kamu yang bekerja di luar rumah atau sering jalan-jalan, minum air adalah kebutuhan utama saat menerjang hari yang panas. Selain memang menjadi kebutuhan manusia, meminum air yang banyak juga bisa membuat kulit kita tetap terlihat segar. Sayangnya masih banyak orang yang lupa membawa minum dari rumah dan memilih beli minuman kemasan. Hal itu justru menambah limbah plastik semakin banyak.

Yuk mulai kebiasaan membawa minum dari rumah. Selain bisa mengurangi limbah plastik, hal itu juga bisa mengurangi pengeluaran kamu, lho. Hidup jadi lebih hemat, lebih sehat dan lebih bermanfaat untuk lingkungan. Mudah 'kan?

5. Sayangi hewan dan lingkungan dengan membeli produk dengan bahan eco-friendly dan cruelty free!

#GreenBeauty 5 Tips Simpel Merawat Diri Sekaligus Lingkunganilustrasi orang menyayangi hewan (unsplash.com/sincerelymedia)

Hati-hati saat memilih produk kecantikan atau perawatan diri yang ingin kalian gunakan. Apakah kalian tahu kalau sebagian besar pembuatan produk kecantikan atau perawatan diri diuji terlebih dahulu ke hewan seperti kelinci? Berbahaya dan sangat kejam, 'kan?

Bukan hanya itu, ada beberapa produk yang menggunakan bahan yang berasal dari sumber yang tidak berkelanjutan dan tidak dapat terurai. Hal itu tentu akan merusak lingkungan. Karena itu sebagai konsumen yang cerdas, kita harus memilih produk yang cruelty free dan eco-friendly.

Seperti produk Garnier yang saat ini selalu memakai bahan dari sumber berkelanjutan dan bisa diurai. Dan juga semua produk Garnier sebelumnya tidak diuji coba ke hewan. Ini juga tindakan nyata di kampanye Garnier Green Beauty. Biasanya produk yang cruelty free disematkan logo kelinci di kemasannya.

Yuk, mulai merawat lingkungan sejak dini. Bukan hanya bermanfaat untuk orang lain, tapi juga bermanfaat untuk diri kita sendiri. 

Baca Juga: #GreenBeauty Zero Waste Beauty: Cara Bijak Gunakan Skincare Tiap Hari

Febry Photo Verified Writer Febry

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya