Comscore Tracker

Masih Utang Puasa Ramadan? Ini yang Harus Kamu Lakukan

Angkat tangan yang masih punya utang!

Ramadan sudah mau datang lagi tapi kamu masih punya utang puasa tahun sebelumnya? Jangan bingung. Mumpung masih ada waktu, kamu bisa lakukan hal-hal berikut.

1. Menggantinya selagi masih ada waktu dan kamu mampu

Masih Utang Puasa Ramadan? Ini yang Harus Kamu Lakukansciencemag.org

Kamu boleh tidak puasa jika sakit atau sedang dalam perjalanan dan wajib menggantinya di hari-hari yang lain, termasuk juga kamu yang haid. Selagi masih ada waktu untuk mengganti segera bayar utangmu ya!

"Dan barang siapa yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkannya itu pada hari-hari yang lain.” (Qs. Al-Baqarah: 185)

2. Jika kamu dinyatakan tak mampu puasa, kamu boleh membayar fidyah

Masih Utang Puasa Ramadan? Ini yang Harus Kamu LakukanANTARA FOTO/Novrian Arbi

Misalnya kamu divonis sakit yang tidak akan pernah memungkinkan kamu untuk puasa karena bisa membahayakan tubuhmu, maka kamu boleh membayar dengan cara lain. Kamu bisa membayar fidyah berupa makanan pokok.

"Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu) memberi makan seorang miskin.” (Qs. Al-Baqarah: 184)

3. Bertaubat dulu kalau sengaja tak segera membayar utang puasamu

Masih Utang Puasa Ramadan? Ini yang Harus Kamu Lakukantheguardian.com

Mungkin sebagian dari kamu adapula yang belum membayar utang karena mengulur-ulur waktu, bahkan sampai Ramadan berikutnya tiba. Jika demikian maka kamu harus bertaubat lebih dulu lalu kemudian segera membayar utangmu.

Tak perlu dilipatgandakan, harinya tetap sesuai utang jumlah harimu.

Baca juga: Ramadan, Mendag Pastikan Persediaan Sembako Aman

4. Kalau ragu berapa jumlah harinya, cukup dikira-kira saja

Masih Utang Puasa Ramadan? Ini yang Harus Kamu Lakukandeseretnews.com

Karena tak terbiasa mencatat, kamu mungkin lupa dengan jumlah utang puasa yang kamu punya. Jika seperti itu kasusnya maka cukup kamu kira-kira saja karena Allah tidak membebani seseorang di luar kesanggupannya. Misalnya jumlah hari biasa kamu haid, buat kamu yang cewek.

5. Mengganti puasa tak perlu berturut-turut harinya, sebisamu saja

Masih Utang Puasa Ramadan? Ini yang Harus Kamu Lakukanorganicfacts.net

Mengganti utang puasa tak perlu berturut-turut, sesuaikan saja dengan kemampuan dan kapan waktu yang kamu bisa. Tidak perlu pula diganti langsung setelah Ramadan berakhir.

6. Puasa boleh diganti bersamaan dengan puasa sunnah tapi niatnya mengganti ya!

Masih Utang Puasa Ramadan? Ini yang Harus Kamu Lakukan

Sementara mayoritas ulama berpendapat, bahwa orang yang memiliki tanggungan qadha puasa Ramadan, diperbolehkan melaksanakan puasa sunnah. Bagi kamu yang terbiasa puasa Senin-Kamis, utang puasa Ramadan dapat dilakukan di hari yang sama. Tapi, niatnya tetap membayar utang ya, bukan puasa sunah.

Siapa yang masih punya utang puasa sampai hari ini?

Baca juga: Gandeng Barli Asmara & KAMI, Zalora Siapkan Koleksi untuk Ramadan

Topic:

Just For You