Comscore Tracker

Lakukan 5 Hal Ini Biar Lebih Optimis Hadapi Masa Depan

#GoodLife Jalani yang terbaik untuk hari ini

Terkadang kamu merasa khawatir tentang kelanjutan hidupmu. Ke depan mau melakukan apa, ingin bagaimana dan bagaimana nasibmu di masa mendatang. Khawatir seperti itu wajar, apalagi bagi kamu yang menginjak usia dewasa. Bingung mau ngapain dalam hidup ini, semua juga pernah merasakan. 

Kekhawatiran itu wajar, tapi jangan keterusan. Karena jika kamu hanya diam dan memikirkan kekhawatiran itu, maka hidupmu juga akan seperti itu terus. Masa depanmu tergantung terhadap apa yang kamu lakukan saat ini. Biar gak keterusan, kamu bisa lakukan lima hal ini, biar kamu lebih optimis dan selalu positif.

1. Biarkan hidupmu terus mengalir

Lakukan 5 Hal Ini Biar Lebih Optimis Hadapi Masa Depanpixabay/StockSnap

Bukannya pasrah, tetapi lebih kepada ikhlas. Kamu membiarkan segala hal terjadi dalam hidupmu. Lihatlah kemana arah hidupmu. Jika kamu terlalu memaksakan diri untuk membendung semuanya agar tidak terjadi, lama kelamaan kamu akan capek. Ujung-ujungnya kamu malah stres karena tidak semua yang kamu harapkan itu terjadi. 

Biarkan mengalir dan yang pasti kemudikan dengan baik. Arah kemudi itu yang akan membawa kamu pada masa depan. Tergantung kamu ingin arah yang baik ataukan arah yang buruk.

2. Terkadang kamu juga perlu cuek dengan kehidupan ini

Lakukan 5 Hal Ini Biar Lebih Optimis Hadapi Masa Depanpixabay/Free-Photos

Kamu melakukan segala hal demi kehidupanmu. Di masa mendatang harus ini dan itu, jadi sekarang harus melakukan ini! Berhentilah sejenak, dan amati apakah semua sudah sesuai? Terkadang obsesi membuatmu menjadi gila. Tanpa disadari kamu melakukan banyak hal yang bahkan tidak ada sangkut pautnya dengan masa depanmu. 

Kamu melakukan itu hanya karena takut, di masa mendatang kamu akan melakukan apa. Istilahnya bisa buat jaga-jaga, makanya kamu sekarang melakukan banyak kegiatan. Tidak salah, tapi jika begitu seterusnya, kamu bisa stres sendiri. Jangan terlalu khawatir dan cuek aja, yang penting sekarang lakukan yang terbaik.

Baca Juga: 5 Kesalahan Masa Muda yang Bikin Kamu Siap Hadapi Masa Depan

3. Sering-sering bergaul dengan mereka yang memiliki pikiran positif

Lakukan 5 Hal Ini Biar Lebih Optimis Hadapi Masa Depanpixabay/Free-Photos

Tidak dipungkiri, teman juga memiliki pengaruh terhadap kondisimu. Kalo kamu berteman dengan mereka yang miliki sikap pesimis, bisa jadi kamu juga tertular. Kalo temenmu seperti itu, siapa yang akan menyemangati kamu ketika kamu lagi terpuruk. 

Maka, bergaullah dengan mereka yang memiliki sikap positif dan optimis. Dengan begitu, kamu bisa tertular sikap optimis mereka.

4. Jalani sebaik-baiknya hari ini dan rencanakan yang terbaik untuk hari esok

Lakukan 5 Hal Ini Biar Lebih Optimis Hadapi Masa Depanpixabay/Free-Photos

Hidupmu terlalu singkat untuk sibuk memikirkan hal-hal yang belum tentu terjadi. Saking khawatirnya, kamu jadi stres dan malah bingung mau melakukan apa. Lebih baik, jalani hari ini dengan optimis dan dengan sebaik-baiknya. 

Jangan lupa, kamu tetap memiliki hari esok. Rencanakan hal-hal yang ingin kamu lakukan. Tentu dengan perhitungan yang matang.

5. Mendengarkan motivasi atau membaca buku-buku yang menginspirasi

Lakukan 5 Hal Ini Biar Lebih Optimis Hadapi Masa Depanpixabay.com/pexels

Mendengarkan motivasi bisa membuat hidup kita lebih optimis. Mendengar dan membaca kisah-kisah inspiratif, membuat kita menjadi tergerak untuk hidup lebih positif. Lakukan itu di pagi hari sebelum beraktifitas atau menjelang tidur. Agar nantinya kamu bisa menjalani hari-harimu saat ini lebih optimis dan positif.

Lima hal tersebut bisa kamu lakukan biar gak terus-terusan khawatir tentang apa yang akan terjadi di masa mendatang. Karena memang belum tentu yang kamu khawatirkan saat ini akan terjadi di masa mendatang. Bisa jadi pikiran-pikiran itu muncul karena kamu sedang stres sekarang. Jalani hari-harimu dengan baik saat ini dan rencanakan yang terbaik untuk hari esok.

Baca Juga: Jangan Sampai Termasuk, Ini 5 Tanda Kamu Gak Akan Sukses di Masa Depan

Feranaa Photo Community Writer Feranaa

Be Who You Needed When You Were Younger

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You