Comscore Tracker

5 Cara Mendukung Perempuan untuk Terus Berkarya, Gak Sulit!

Bisa dimulai dari yang paling sepele, kok 

Hidup sebagai perempuan di Indonesia bisa dibilang bukan hal yang mudah. Banyak hal yang membuat gerak perempuan Indonesia terbatas jika dibandingkan dengan negara lainnya. Beragam jenis tekanan sosial kerap dirasakan.

Perlahan tapi pasti, kini sudah banyak cara yang dapat kita lakukan untuk terus mendukung perempuan Indonesia agar terus maju. Apalagi saat ini generasi milenial sudah sangat melek terhadap isu perempuan. Kamu salah satunya gak, nih?

Memberikan dukungan pada perempuan bisa dilakukan dengan banyak cara. Mulai dari yang sepele hingga rumit, semua itu tetap mengacu pada satu tujuan, yakni agar hidup perempuan Indonesia lebih sejahtera.

Berikut beberapa cara yang bisa kamu tunjukkan untuk mendukung perempuan Indonesia agar terus berkarya. Simak dan terapkan, ya!

1. Jadilah orang yang suportif  

5 Cara Mendukung Perempuan untuk Terus Berkarya, Gak Sulit!ilustrasi mendukung perempuan (unsplash.com/hannahbusing)

Meski terdengar sepele, memberikan dukungan kepada orang lain bukan hal mudah. Mendukung orang lain bisa berarti mendengarkan, memberikan pujian, atau menunjukkan simpati secara verbal.

Mungkin bagimu terlihat biasa saja, tetapi tidak dengan orang yang kamu beri dukungan, lho. Disaat ada perempuan memutuskan untuk berbisnis, sudah selayaknya kita dukung sepenuh hati.

Begitu pula jika ada seorang ibu yang memutuskan untuk lebih memilih merawat anak di rumah, dukungan dan rasa percaya kita amat penting baginya. Siapa tahu dukungan yang kamu berikan mampu memberikannya harapan, ya kan?

2. Tunjukkan dukungan pendidikan tinggi untuk perempuan  

5 Cara Mendukung Perempuan untuk Terus Berkarya, Gak Sulit!Ilustrasi perempuan mengenyam pendidikan (unsplash.com/mdduran)

Katanya, pendidikan ialah hak segala bangsa, tetapi sebanyak 63.685 murid perempuan harus putus sekolah pada tahun ajaran 2019/2020. Angka itu terjadi karena dampak dari adanya masa pandemik COVID-19.

Selain karena masa pandemik, anggapan bahwa perempuan tak perlu berpendidikan terlalu tinggi juga masih terjadi. Padahal, pendidikan dan ilmu pengetahuan bisa menjadi salah satu penyelamat di masa mendatang.

Lantas, bagaimana cara untuk menunjukkan dukungan? Kita bisa memulai dengan menanamkan bahwa perempuan juga boleh mengenyam pendidikan setinggi apa pun. Jangan ada lagi alasan bahwa peran perempuan hanya di rumah atau dapur.

Baca Juga: Peran Perusahaan dalam Mendukung Kesetaraan Gender di Tempat Kerja

3. Ajak berkolaborasi, bukan berkompetisi  

5 Cara Mendukung Perempuan untuk Terus Berkarya, Gak Sulit!ilustrasi berkolaborasi (unsplash.com/brookecagle)

Persaingan biasanya tumbuh karena ada rasa tidak aman terhadap seseorang. Bisa dari kemampuan, pengalaman, hingga penampilan. Perempuan Indonesia masih kerap merasakan hal ini, terlebih jika disandingkan dengan laki-laki.

Padahal, daripada saling bersaing dan menjatuhkan, lebih baik saling bekerja sama, ya kan? Kamu bisa mencari kesamaan yang dapat mengantarkan ke kesuksesan. Percayalah, dengan berkolaborasi, kita bisa membangun dunia yang lebih baik, lho.

4. Hilangkan segala jenis standar kecantikan  

5 Cara Mendukung Perempuan untuk Terus Berkarya, Gak Sulit!ilustrasi perempuan tersenyum bahagia (unsplash.com/matheusferrero)

Standar kecantikan menjadi hal yang sedang sering disuarakan di beberapa negara, termasuk Indonesia. Dulu, masyarakat mendefinisikan cantik dengan wajah yang bersih, cerah tanpa noda, dan tubuh langsing.

Tanpa disadari, hal tersebut menjadi beban tersendiri bagi perempuan yang merasa tidak bisa mencapai standar itu. Bahkan, dengan adanya standar itu, gerak perempuan jadi terhambat karena merasa tidak percaya diri.

Mulai saat ini, hilangkan segala jenis standar kecantikan yang ada. Mulailah merangkul semua perempuan tanpa adanya tingkatan berbasis penampilan. Dijamin gerak perempuan jadi lebih semangat, deh!

5. Gunakan produk yang peduli dengan kesejahteraan perempuan  

5 Cara Mendukung Perempuan untuk Terus Berkarya, Gak Sulit!Sunlight dari Unilever Indonesia (instagram.com/bersihbersinarsunlight)

Generasi milenial yang mulai paham dengan isu perempuan turut berkontribusi untuk mengatasinya. Selain hal di atas, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan produk yang peduli dengan kesejahteraan perempuan.

Salah satu produk yang mendukung perempuan Indonesia adalah Sunlight. Sabun pencuci piring keluaran Unilever Indonesia ini membantu jutaan perempuan Indonesia dengan melatih keterampilan berwirausaha di bidang kuliner.

Dengan memilih Sunlight, kamu berkontribusi untuk mengedukasi setidaknya 2 juta perempuan Indonesia untuk lebih berdaya. Meski terlihat sepele, #EveryUDoesGood yang dilakukan secara konsisten dapat menyejahterakan perempuan Indonesia, lho.

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendukung perempuan Indonesia agar terus berkarya dan berdaya. Lakukan hal yang menurutmu paling baik. Dengan begitu, tak ada lagi perempuan Indonesia yang merasa ditinggalkan. Tunggu apalagi, mulai terapkan, yuk!

Ikuti terus perkembangan campaign "Every U Does Good" yang diselenggarakan oleh Unilever Indonesia melalui www.unilever.co.id/about/setiap-u-beri-kebaikan/. Jadilah salah satu orang yang mengubah dunia dengan terus melakukan kebaikan, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Women Empowerment Itu Bisa Bikin Cewek Bahagia Banget

Fernanda Saputra Photo Verified Writer Fernanda Saputra

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya