Comscore Tracker

5 Alasan Gak Perlu Mencibir Cewek yang Tidak Bisa Memasak

Setiap orang punya kemampuan yang berbeda

Memiliki kemampuan memasak pasti membanggakan bagi para kaum hawa terlebih untuk menjadi seorang istri idaman. Dengan keahlian di bidang memasak, seorang istri mampu memberikan hidangan spesial untuk suaminya. Tak heran, banyak pria yang menginginkan istri yang jago memasak.

Namun, pada kenyataannya masih banyak perempuan yang tidak jago memasak atau bahkan tidak pernah turun ke dapur sama sekali untuk memasak. Alhasil, mereka sering mendapatkan cibiran dari beberapa orang. 

Jika kita memiliki teman atau kerabat perempuan yang tidak bisa masak, kita tidak perlu mencibirnya. Berikut ini alasan mengapa kita tidak perlu mencibir mereka. Let's check this point.

1. Membuat mereka merasa insecure

5 Alasan Gak Perlu Mencibir Cewek yang Tidak Bisa MemasakPexels/Aldo Picaso

Barangkali, kita pernah mendengar seseorang mengatakan hal semacam ini:

"Ah, masa' gitu doang nggak bisa sih? Padahal cuma masak mie instan doang."

"Jadi cewek kok gak bisa masak? Nanti suami sama anaknya mau dikasih makan apa?"

Apabila kita pernah mengatakan pernyataan di atas kepada perempuan yang tidak bisa memasak, jangan pernah ulangi lagi ya. Perkataan semacam itu bisa membuat mereka insecure dan merasa bahwa mereka tidak berguna karena tidak bisa memasak. Alhasil, mereka pun beranggapan bahwa mereka tidak layak menjadi seorang istri dan ibu yang baik untuk keluarganya.

2. Setiap perempuan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing

5 Alasan Gak Perlu Mencibir Cewek yang Tidak Bisa MemasakPexels/Gustavo Fring

Setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Begitupun seorang perempuan, ada yang pintar memasak, menjahit, berkebun, merajut, berdandan, dan lain-lain. Oleh sebab itu, kita tidak perlu mencibir perempuan yang tidak bisa memasak karena meski ia tidak bisa memasak, pasti ia memiliki kemampuan lain yang mungkin tidak kita miliki. 

Baca Juga: 11 Ilustrasi Kocak Ini Cuma Dipahami Cewek, Awas Senyum Sendiri!

3. Dalam agama Islam, seorang istri tidak wajib bisa memasak 

5 Alasan Gak Perlu Mencibir Cewek yang Tidak Bisa Memasakislamidia.com

Di dalam ajaran agama Islam, seorang istri perlu melayani dan menyenangkan suaminya dengan baik, salah satunya dengan bisa memasak. Akan tetapi bukan berarti istri yang tidak bisa memasak itu tidak baik. Tidak apa-apa kok, jika istri tidak bisa memasak karena memang seorang istri tidak wajib bisa memasak. 

4. Skill memasak masih bisa diasah

5 Alasan Gak Perlu Mencibir Cewek yang Tidak Bisa MemasakPexels/Andrea Piacquadio

Kita tidak perlu mencibir perempuan yang tidak bisa memasak karena skill memasak masih bisa diasah dan dipelajari. Perempuan yang tidak bisa memasak masih bisa belajar masak melalui kursus memasak, video memasak di YouTube atau aplikasi memasak seperti Yummy App. 

Daripada mencibir orang lain yang tidak bisa memasak, alangkah lebih baiknya kita mengajarkan skill memasak yang kita miliki kepada orang tersebut.

5. Meski tidak bisa masak, mereka masih bisa beli makan di luar

5 Alasan Gak Perlu Mencibir Cewek yang Tidak Bisa MemasakPexels/ Adrian Dorobantu

Perempuan yang tidak bisa memasak bukan berarti tidak bisa makan atau menyiapkan makanan kepada suami dan keluarganya. Meski tidak bisa memasak, ia bisa membeli makanan di restoran atau warung nasi untuk dihidangkan sebagai santapan untuk makan keluarganya.

Itulah kelima alasan mengapa kita tidak perlu mencibir perempuan yang tidak bisa memasak. Sebagai seorang perempuan, memang perlu menguasai skill memasak untuk lebih hemat dan mandiri. Namun, bukan berarti kita boleh mencibir mereka yang tidak bisa memasak, ya.

Baca Juga: Tak Disangka, 5 Item Perempuan Ini Awalnya Diciptakan untuk Laki-laki

Fida Nabila Noor Hasanah Photo Writer Fida Nabila Noor Hasanah

Bukan jurnalis, tapi mahasiswa yang hobi nulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya