Comscore Tracker

5 Self Reminder yang Kudu Diingat agar Bahagia di Usia 20-an

Ini adalah masa yang dipenuhi tantangan dan kesenangan

Usia 20-an merupakan masa transisi seseorang menuju dewasa dan mulai dihadapkan dengan berbagai kenyataan hidup. Di tahapan ini juga kita akan disajikan hal-hal yang menyenangkan, petualangan berkesan dan lingkungan baru yang tak terlupakan.

Namun kenyataannya usia tersebut juga sangat penuh tantangan hidup. Kita mulai dituntut untuk menentukan arah karier yang dituju, pasangan yang diharapkan dan cara bersikap yang mulai berubah. Masa ini memang sangat menyenangkan, tetapi juga tidak akan mudah. 

Agar menjadi sosok yang bermental kuat, ini 5 self reminder yang harus kamu pegang saat menjalani usia 20-an.

1. Sukses tidak dibatasi usia   

5 Self Reminder yang Kudu Diingat agar Bahagia di Usia 20-anunsplash.com/coWomen

Kamu tidak harus lulus kuliah tepat empat tahun atau menikah pada usia 25 atau memiliki pekerjaan impian setelah lulus kuliah. Keberhasilan tidak diukur dari usia dan waktu kamu mencapai tujuan dan impian. Setiap orang memiliki jalannya sendiri untuk diikuti, dan hanya karena kita lebih lambat dari orang lain, bukan berarti kita gagal.

Sukses adalah tentang kerja keras dan pantang menyerah. Perihal kegagalan, cepat atau lambat itu akan menuntunmu menuju keberhasilan.

2. Terbukalah dengan segala sudut pandang, hidup kadang mengejutkan   

5 Self Reminder yang Kudu Diingat agar Bahagia di Usia 20-anunsplash.com/bruce mars

Kamu tidak harus tetap berpegang pada pendapat yang sama tentang suatu masalah selamanya. Jika sudut pandangmu berubah, itu tidak apa-apa. Pengetahuan adalah proses yang akan terus berkembang. Kita tidak tahu segalanya, dan akan menjadi sebuah kerugian besar jika kita berpikiran tertutup tentang dunia ini.

Sudut pandang kita pun tidak jarang berubah dikarenakan pengalaman setiap waktunya yang kita dapatkan. Maka pupuklah pikiran terbuka itu demi menjadi sosok yang lebih baik.

Baca Juga: 5 Pengingat agar Rasa Irimu Tidak Sampai Merusak Diri, Catat Ya! 

3. Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain   

5 Self Reminder yang Kudu Diingat agar Bahagia di Usia 20-anUnsplash/Darius Bashar

Usia 20-an menjadi masa-masanya kita akan banyak membandingkan hidup dengan orang lain. Apalagi di masa sekarang dimana banyak orang begitu mudah mempertontonkan hal yang mereka miliki lewat media sosial. Tetapi pahamilah jika setiap orang itu memiliki keunikan dan perbedaan masing-masing.

Alih-alih membandingkan diri dengan oranglain, yang hanya membuatmu stres, lebih baik lagi selalu berusaha untuk memperbaiki diri setiap waktunya.

4. Tidak apa-apa saat belum mengetahui arah tujuan hidup, tapi tetaplah bergerak   

5 Self Reminder yang Kudu Diingat agar Bahagia di Usia 20-anUnsplash.com/Yuri Levin

Kamu merasa tidak tahu apa yang akan kamu lakukan setelah lulus kuliah? Masih bingung dengan segala tujuan hidup? Tidaklah mengapa. Setiap orang pernah merasakannya. Pengalaman yang akan membimbingmu menemukannya suatu hari nanti.

Jikapun nantinya impianmu bertentangan dengan kebanyakan orang, itu sama sekali tidak apa-apa. Namun jangan pernah menyerah dengan apa yang kamu yakini dan kejar. Dan pahamilah rasa berdamai dengan diri sendiri.

Semakin banyak tekanan yang kamu berikan pada dirimu sendiri untuk menyelesaikan segala masalah, justru kamu akan semakin stress. Ini bukan akhir dari semuanya. kamu masih sangat muda, dan pada akhirnya kamu akan menemui semua yang kamu impikan.

5. Jangan terlalu berlebihan dalam segala hal   

5 Self Reminder yang Kudu Diingat agar Bahagia di Usia 20-anUnsplash/Frankie Cordoba

Ini berlaku untuk makanan, pesta, juga waktu untuk diri sendiri, dan segala sesuatu lainnya. Usia 20-an adalah waktu yang tepat belajar betapa pentingnya memiliki keseimbangan. Belajar menemukan waktu yang tepat dan jumlah yang tepat akan membuat kamu merasa jauh lebih matang dalam menjalani hidup.

Keseimbangan berarti kehidupan bersama keluarga, teman, perkuliahan, pekerjaan dan urusan cinta. Berlebihan dalam satu hal hanya akan merusak sisi lain dari hidupmu.

Itulah 5 self reminder untuk kamu yang sedang menjalani hidup di usia 20-an. Masa-masa tersebut memang dipenuhi dengan kesenangan dan tantangan. Jangan pernah terlena dan menyia-nyiakannya karena hidup hanya sekali.

Baca Juga: Kamu Mager dan Kurang Motivasi saat Pandemi? Ini 7 Penyebabnya

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya