Comscore Tracker

Belum Berhasil Mewujudkan Mimpi-mimpimu? Mungkin Ini 5 Alasannya

Mungkin kamu hanya mengejar mimpi orang lain

Setiap orang pasti memiliki mimpi yang ingin mereka raih di dalam hidup ini. Entah itu dalam karier, keluarga hingga urusan asmara. Namun untuk mewujudkan itu semua tentu tidaklah mudah. Dibutuhkan banyak pengorbanan dan kerja keras. Tapi tidak ada mimpi yang mustahil.

Jika saat ini mimpi-mimpi yang kamu harapkan belum terwujud, mungkin saja ada yang keliru dalam dirimu sendiri. Untuk mengatasinya, ini lima alasan yang mungkin jadi penghambatnya.

1. Alasan di balik mimpimu belum cukup kuat

Belum Berhasil Mewujudkan Mimpi-mimpimu? Mungkin Ini 5 AlasannyaUnsplash/Darius Bashar

Ambisi dan inspirasi bersifat sementara. Tapi juga harus dibarengi dengan motivasi yang kuat sebagai dasarnya. Jika fondasi mimpimu cukup kokoh, ia akan tahan terhadap badai apa pun. Ketika semuanya gagal, alasan di balik mimpi itulah yang akan membuat kamu terus maju, apa pun yang terjadi.

Jika saat ini mimpimu belum terwujud dan kamu mulai putus asa, mungkin alasan dan motivasimu belum cukup kuat. Untuk menemukan alasan mimpimu, kamu perlu mengetahui apa yang sangat kamu hargai. dan harus benar-benar jujur pada diri sendiri.

2. Kamu hanya mengejar mimpi orang lain

Belum Berhasil Mewujudkan Mimpi-mimpimu? Mungkin Ini 5 Alasannyapexels/Andrea Piacquadio

Saat kita ingin mengejar sebuah mimpi, terkadang justru muncul rasa malas dan penolakan untuk melakukan setiap usahanya. Padahal kita tahu apa yang harus dilakukan, siapa yang harus didatangi dan tahapan-tahapan apa untuk mewujudkannya. Namun karena berbagai alasan, kamu tidak pernah mengerjakannya.

Ini terjadi karena kita mencoba untuk melakukan, menulis, atau mencapai sesuatu yang tidak kita pedulikan atau yang terlalu jauh dari sifat kita. Sederhananya, kamu mengejar mimpi orang lain, yang mungkin saja kamu lihat di media sosial, dan itu bukan benar-benar yang kamu inginkan.

Baca Juga: 6 Alasan Pentingnya Berdamai dengan Keinginan yang Belum Terwujud

3. Tidak konsisten 

Belum Berhasil Mewujudkan Mimpi-mimpimu? Mungkin Ini 5 Alasannyapexels/Andrea Piacquadio

Kamu tidak bisa ke mana-mana jika tidak konsisten dengan mimpi yang ingin diwujudkan. Konsistensi penting karena membangun kepercayaan dan menentukan hasil. Satu-satunya cara agar kita menjadi lebih baik dalam suatu hal adalah dengan take action yang konsisten.

Jika kamu ingin punya tubuh langsing atau perut six pack, itu semua tidak akan terjadi dalam satu hari. Kamu perlu latihan ke gym secara rutin, mengonsumsi makanan yang sehat hingga jam tidur yang cukup. Dan jika saat ini tujuanmu belum tercapai, kamu perlu memeriksa kembali konsistensimu.

4. Kamu terlalu berlebihan dalam mengejarnya

Belum Berhasil Mewujudkan Mimpi-mimpimu? Mungkin Ini 5 Alasannyapexels/Ketut Subiyanto

Terkadang kita bekerja terlalu keras demi cepat mengejar mimpi yang diharapkan. Tetapi alih-alih berhasil, kamu justru merasa mandek, lelah dan hilang motivasi. Ini biasanya terjadi karena kita mencoba melakukan terlalu banyak hal pada waktu yang sama. Mengatakan ya untuk segala hal tidak mendorong kamu maju. Seringkali, itu hanya membuatmu tidak berkembang, mengganggu produktivitas, dan mempercepat menuju kejenuhan.

Belajarlah untuk terencana. Setiap mimpi akan terwujud lewat langkah setahap demi setahap. Asalkan konsisten dan tidak pantang menyerah.

5. Mudah menyerah

Belum Berhasil Mewujudkan Mimpi-mimpimu? Mungkin Ini 5 Alasannyapexels/Andrea Piacquadio

Kita telah mendengarnya di mana-mana jika kunci kesuksesan adalah pantang menyerah. Ketika segala sesuatunya menjadi sulit dan kita sudah kewalahan, mudah untuk membuat diri kita sendiri menyerah. Tetapi berhenti terlalu cepat hanya menyebabkan kamu kehilangan pertumbuhan.

Kita tidak pernah tahu seberapa lama kita bisa mewujudkan mimpi kita. Sangat mungkin hanya selangkah lagi. Yang paling penting dalam mencapai tujuan adalah tetap berjalan, meski selangkah demi selangkah.

Jika kamu saat ini bertanya-tanya mengapa belum banyak pencapaian dalam hidup, itu mungkin karena kamu belum memiliki struktur dan prinsip yang tepat. Seringkali, hal besar terwujud lewat hal-hal kecil yang konsisten. Maka jangan pernah menyerah jika saat ini mimpi-mimpimu belum tercapai.

Baca Juga: Ini 6 Cara Ampuh Mewujudkan Liburan Impian Tanpa Perlu Berutang

Firli N. Purnagara Photo Verified Writer Firli N. Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya