Comscore Tracker

Tetap Kreatif, 5 Cara Gokil Kembangkan Bakat dengan Media Sosial

#IniBaruGokil Asah bakat kreatifmu dan viralkan!

Apa kamu pengguna aktif media sosial? Mungkin kamu akan sadar kalau akhir-akhir ini semakin banyak media sosial yang muncul dengan berbagai jenis dan kegunaan. 

Jika dulu orang-orang hanya menggunakan media sosial untuk berkomunikasi jarak jauh, sekarang kamu sudah bisa melakukan banyak hal dengan menggunakan platform komunikasi yang satu ini, lho. Termasuk salah satu fungsi yang paling menarik, yaitu untuk mendukung kreativitas penggunanya..

Dengan berbagai fungsi tersebut, tidak ada lagi yang namanya buang-buang waktu karena media sosial, deh. Kamu bisa mulai menunjukkan eksistensimu pada orang banyak sambil terus mengembangkan bakat terpendammu.

Berikut 5 cara gokil yang bisa kamu coba dari sekarang!

1. Suka menulis konten? Kamu bisa jadi penulis lepas di IDN Times dan unggah kontenmu di media sosial

Tetap Kreatif, 5 Cara Gokil Kembangkan Bakat dengan Media SosialMenulis konten di aplikasi IDN Times dengan kartu Smartfren GOKIL MAX (dok. pribadi/Fitra Aulianty)

Apa kamu suka menulis status di media sosial dan senang melihat respon positif dari pengikutmu? Jika iya, mungkin sudah saatnya kamu mencoba untuk menjadi penulis konten dan menyebarkan tulisanmu pada lebih banyak orang. 

Kamu bisa menjadi penulis konten di IDN Times dan unggah tulisanmu ke media sosial. Keistimewaan yang kamu dapat bila bergabung menjadi community writer, yaitu kamu bisa dapat lebih banyak ilmu dan tips-tips keren agar tulisanmu jadi semakin menarik. Keren sekali, ya? Tidak ketinggalan, IDN Times juga membayar tulisanmu, lho! Tulisanmu jadi lebih dihargai dan kamu jadi makin semangat, deh, menulisnya. 

Biar keasyikan menulismu tidak terganggu oleh internet yang lemot, sekarang kamu sudah bisa menggunakan kartu Smartfren GOKIL MAX yang jaringannya gercep banget! Dijamin lebih gercep dari balasan chat gebetan. 

Dengan jaringan internet yang stabil dan kuota ekstra besar, kamu bisa menikmati pengalaman menulis konten yang bikin hari-harimu semakin gokil. Tak hanya itu, mulai dari harga Rp30.000 kamu sudah bisa mendapatkan kuota nasional yang bisa digunakan di mana saja, kuota daerah yang bisa kamu pakai di kotamu, hingga ekstra kuota buat dipakai begadang! Semua kuota tersedia di jaringan 100 persen 4G, gokil banget, deh! Kamu jadi bisa menulis konten di mana pun tanpa ada halangan!

Tunggu apa lagi? Sudah saatnya kamu menjadi penulis konten, unggah tulisanmu di media sosial, dan jangkau lebih banyak pembaca! Semakin banyak kontenmu dibaca orang, tentunya semakin besar manfaat yang kamu sebarkan, bukan? 

2. Lebih suka mengedit video kreatif? Kamu bisa upload videomu di Tiktok dan viralkan 

Tetap Kreatif, 5 Cara Gokil Kembangkan Bakat dengan Media Sosialilustrasi orang sedang membuat video (pexels.com/Julia M Cameron)

Akhir-akhir ini platform media sosial Tiktok semakin digandrungi. Banyak video-video unik dengan waktu penayangan yang terbilang singkat, aplikasi satu ini cocok sekali dibuka disela-sela waktu senggang. Kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk menonton, tetapi tentunya kamu sudah terhibur dengan berbagai video yang ada di sana.

Buat kamu yang suka menjadi editor video kreatif yang berdurasi pendek, media sosial yang satu ini cocok sekali untuk kamu coba. Kamu bisa mengedit video-video yang menyajikan ide kreatifmu dan menambahkan lagu yang sedang tren, lalu unggah hasil karyamu di Tiktok.

Jika videomu gokil dan seru, mungkin saja video itu akan viral! Pasti menyenangkan jika ada banyak orang yang mengetahui bakatmu kreatifmu. Seru sekali, ya! Gimana, kamu tertarik mencobanya?

Baca Juga: 5 Hal yang Akan Kamu Rasakan Usai Mengurangi Aktivitas di Media Sosial

3. Punya bakat jadi influencer dan suka mengedit video? Segera buka channel Youtube milikmu sekarang juga!

Tetap Kreatif, 5 Cara Gokil Kembangkan Bakat dengan Media Sosialilustrasi beauty vlogger yang sedang membuat konten (pexels.com/George Milton)

Apa kamu punya bakat jadi influencer dan ingin semakin dikenal oleh orang banyak? Atau kamu suka membuat video keseharianmu yang unik banget dan penuh makna? Tampaknya Youtube sangat cocok untuk kamu coba!

Kamu bisa membuka channel dengan identitas yang unik, lalu unggah kegiatanmu di aplikasi yang satu ini. Dengan mengunggah video berdasarkan hal-hal yang kamu sukai, kamu jadi bisa menyalurkan hobi sekaligus menyebarkan banyak manfaat kepada orang lain.

Apalagi, Youtube merupakan aplikasi yang digemari oleh semua umur. Tentunya konten videomu akan semakin cepat tersebar dan bisa menjangkau lebih banyak pengikut! Coba sekarang, yuk!

4. Lebih tertarik di bidang audio? Kamu bisa jadi podcaster juga, lho

Tetap Kreatif, 5 Cara Gokil Kembangkan Bakat dengan Media Sosialilustrasi orang sedang membuat podcast (unsplash.com/Austin Distel)

Kamu tipe orang yang lebih suka mengobrol? Punya obrolan seru yang rasanya sayang sekali untuk tidak diabadikan? Sepertinya kamu bisa, lho, mencoba menjadi podcaster

Saat ini, sudah banyak media sosial yang menyediakan tempat untukmu menyalurkan kegiatan serumu yang berformat audio atau lebih sering disebut podcast. Dengan format audio, kamu bisa lebih fokus pada ide-ide gokilmu tanpa perlu memikirkan visualisasi. Format audio juga terbilang sangat simpel dan bisa digunakan saat sedang multitasking, sangat cocok buat kamu yang sedang banyak kesibukan. Untuk membuat podcast, kamu bisa melakukannya di mana saja, termasuk di rumah!

Tak hanya itu, format audio yang sederhana tersebut rupanya banyak digemari oleh orang-orang yang ingin menambah kemampuan public speaking. Bisa jadi cara gokil buat menambah keahlian di sela-sela kesibukan. Menarik sekali, ya!

5. Suka fotografi? Unggah hasil karyamu di media sosial dan sebarkan pada banyak orang!

Tetap Kreatif, 5 Cara Gokil Kembangkan Bakat dengan Media Sosialilustrasi orang sedang memotret (unsplash.com/Daniil Onischenko)

Untuk kamu yang lebih gemar di dunia fotografi, banyak sekali media yang menyediakan tempat untukmu memamerkan hasil karyamu, lho. Salah satu media sosial yang memang lebih mengkhususkan aplikasinya untuk format foto adalah Instagram. 

Di Instagram, kamu bisa mengunggah hasil potretmu dan menyusun urutan fotonya sesuai dengan keinginanmu. Instagram juga menyediakan berbagai tools agar hasil karyamu tersebar dengan maksimal dan bisa mendapatkan lebih banyak pengikut, lho. Kamu juga bisa berinteraksi dengan penggemarmu dan akan semakin banyak feedback yang kamu dapatkan.

Apalagi yang kamu tunggu? Kamu bisa terus mengasah bakat dan mengunggahnya di media sosial agar lebih banyak yang tahu keahlian terpendammu. Semakin sering kamu berkarya, pastinya semakin banyak hal-hal positif yang bisa kamu dapatkan. Terus semangat, ya!

Baca Juga: 5 Tips Bangun Personal Branding yang Baik di Media Sosial, Mudah!

Fitra Aulianty Photo Verified Writer Fitra Aulianty

Menulis untuk mengeksplorasi semua ide yang ada. Menulis untuk mengobati sakit kepala. Menulis untuk memperpanjang usia. Menulis untuk menjadi biasa-biasa saja. Menulis untuk menjadi apa adanya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya