Comscore Tracker

Gak Banyak yang Sadar, 5 Alasan Percaya Diri Termasuk Privilege

Gampang banget diusahakan! 

Privilege sering diartikan sebagai hak istimewa yang didapat seseorang dari status sosialnya yang lebih tinggi, baik keluarga, jabatan, hingga keistimewaan lain seperti ciri fisik. Orang-orang yang punya privilege disebut-sebut punya akses yang mudah untuk mendapatkan keinginannya, entah itu pekerjaan maupun kesuksesan lainnya.

Padahal gak selamanya privilege berupa status sosial bisa menjadi faktor kesuksesan seseorang. Sering diabaikan banyak orang, percaya pada diri sendiri juga termasuk privilege, lho! Tanpa adanya rasa percaya diri, tentu orang-orang yang punya status sosial tinggi hanya akan terkungkung di zona nyamannya dan tidak bisa upgrade apa pun.

Nah, selain agar bisa keluar dari zona nyaman, berikut lima alasan percaya pada diri sendiri juga termasuk privilege.

1. Jadi bisa lebih menghargai kelebihan dan kekurangan diri sendiri

Gak Banyak yang Sadar, 5 Alasan Percaya Diri Termasuk PrivilegeUnsplash.com/wx1993

Tidak semua orang bisa mengenal dirinya sendiri dengan baik. Terkadang terlalu asik melihat keberhasilan orang lain bikin gampang minder. Padahal, keberhasilan dan kesuksesan harus diusahakan dengan baik oleh kita sendiri.

Dengan memiliki kepercayaan pada diri sendiri, kita bisa cepat sadar kalau setiap orang punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kita jadi lebih bisa menghargai kelebihan dan kekurangan diri. Hal itu bikin kita bisa mencari cara untuk meraih kesuksesan di bidang yang kita kuasai.

2. Jadi lebih fokus pada kewajiban

Gak Banyak yang Sadar, 5 Alasan Percaya Diri Termasuk PrivilegeUnsplash.com/Marcusp

Percaya diri bikin kita bisa menentukan target yang ingin dicapai, baik dalam pekerjaan maupun cita-cita. Hal itu juga bisa membuat kita lebih fokus pada kewajiban untuk bisa memenuhi target tersebut. 

Selain itu, fokus tersebut juga bikin kita lebih terarah dan tidak perlu mengkhawatirkan hal-hal yang tidak perlu.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Perasaan Rendah Diri, Biar Lebih Percaya Diri! 

3. Bikin lebih berani menghadapi tantangan 

Gak Banyak yang Sadar, 5 Alasan Percaya Diri Termasuk PrivilegeUnsplash.com/Scutai

Kita harus berani menghadapi setiap tantangan yang datang. Dengan keberanian tersebut, kita bisa lebih mengembangkan kemampuan diri dan menemukan makna sesungguhnya dari kesuksesan. 

Keberanian hanya bisa kita dapatkan jika kita sudah percaya diri. Salah satunya adalah dengan percaya kalau setiap tantangan dan masalah yang muncul pasti bisa kita lalui, meski itu butuh waktu yang tidak sebentar.

4. Juga bisa menjadi jalan untuk menemukan relasi yang tepat

Gak Banyak yang Sadar, 5 Alasan Percaya Diri Termasuk PrivilegeUnsplash.com/Priscilladupreez

Privilege sesungguhnya dari percaya diri adalah soal hubungan kita terhadap orang lain. Memiliki hubungan yang baik dengan setiap orang merupakan salah satu jalan menuju kesuksesan. Hal itu tentunya tidak mudah, terlebih kita harus bisa menyesuaikan diri dengan banyak jenis kepribadian orang lain.

Percaya diri tidak langsung membuatmu bisa mendapatkan relasi maupun mempermudah kehidupan. Namun percaya diri membuatmu bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan dan mulai menjalin silaturahmi dengan orang-orang. Di masa depan, mungkin saja orang-orang yang kamu temui saat inilah yang akan membantumu mewujudkan kesuksesan.

5. Bisa memberi manfaat bagi orang lain

Gak Banyak yang Sadar, 5 Alasan Percaya Diri Termasuk PrivilegeUnsplash.com/Omarlopez1

Percaya diri bisa menular, lho! Dengan semangat percaya diri yang kamu tunjukkan pada orang-orang yang kamu temui, kamu juga bisa memberi mereka inspirasi untuk lebih berani meraih kesuksesan. Dengan kata lain, kamu juga bisa memberi manfaat pada orang lain.

Nah, itulah lima alasan kenapa percaya diri juga termasuk privilege. Tak hanya harta, tahta, dan kuasa yang bisa bikin kamu sukses. Kamu sendiri juga punya bakat terpendam untuk meraih kesuksesan dengan kepercayaan diri yang kamu punya!

Baca Juga: 5 Cara Simpel Biar Bisa Jadi Cewek Bahagia dan Percaya Diri, No Ribet!

fitra aulianty Photo Verified Writer fitra aulianty

Kosong

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya