Comscore Tracker

8 Alasan Kamu Gak Harus Selalu Menuruti Kemauan Orang Lain

Kamu yang paling berhak menentukan arah hidupmu sendiri

Hidup selalu tentang pilihan. Namun banyak orang mengambil keputusan atau melakukan sesuatu bukan atas pilihannya sendiri. Akibat yang cukup fatal adalah penyesalan yang dalam seumur hidup. Sebelum melakukan sesuatu, ada baiknya kamu mendengarkan orang lain dan mengukur kapasitasmu. Jangan selalu mengutamakan orang lain untuk menentukan hidupmu. Berikut 8 alasan mengapa kamu tak selalu harus menuruti kemauan orang lain.

1. Sesuatu tidak baik jika dipaksakan

8 Alasan Kamu Gak Harus Selalu Menuruti Kemauan Orang Lainpixabay/anemone123

Kadang seseorang melakukan suatu hal karena tekanan dari orang lain. Keadaan tersebut bisa sangat menyebalkan dan dapat berujung frustasi. Berusaha lebih santai dan belajar untuk tidak terpaksa adalah langkah yang baik agar memiliki jiwa yang damai.

2. Kamu berhak atas hidupmu

8 Alasan Kamu Gak Harus Selalu Menuruti Kemauan Orang Lainpixabay/thinhvuongvn8088

Orang yang paling berhak menentukan yang terbaik bagi kita adalah diri kita sendiri. Manusia diberi hak oleh Tuhan untuk menentukan pilihan-pilihannya.

3. Kamu bertanggung jawab atas keputusanmu

8 Alasan Kamu Gak Harus Selalu Menuruti Kemauan Orang Lainpixabay/sophieja23

Kita perlu memikirkan baik-baik ketika akan mengambil langkah. Jangan terlalu terpengaruh oleh orang lain. Pertimbangkan segala keputusan yang akan diambil karena kita yang akan bertanggung jawab penuh atas keputusan yang kita buat.

4. Kebahagiaanmu adalah milikmu

8 Alasan Kamu Gak Harus Selalu Menuruti Kemauan Orang Lainpixabay/congerdesign

Jangan biarkan orang lain merampas kebahagiaan yang kamu miliki. Sedih dan bahagia selalu menjadi pilihan.  Kamu bisa memilih hal-hal yang membuatmu bahagia, bukan memilih bersedih apalagi tertekan oleh orang lain.

Baca Juga: 5 Drama Bittersweet yang Membuatmu Ikut Merefleksikan Kehidupan

5. Berpura-pura sangatlah melelahkan

8 Alasan Kamu Gak Harus Selalu Menuruti Kemauan Orang Lainpixabay/StockSnap

Salah satu hal yang sangat melelahkan untuk dilakukan adalah berpura-pura. Kepura-puraan menghambat seseorang untuk menjadi diri sendiri. Mulailah bersikap terbuka dan jujur kepada diri sendiri. Sehingga kamu lebih mampu berekspresi dan lebih mudah untuk bahagia.

6. Kamu adalah pemeran utama di hidupmu

8 Alasan Kamu Gak Harus Selalu Menuruti Kemauan Orang Lainpixabay/Free-Photos

Setiap orang adalah tokoh utama dalam cerita hidupnya. Jangan bersedia menjadi figuran dalam ceritamu sendiri. Bangkitlah, kuatkan dirimu dan jadilah pemenang dalam kisah hidupmu.

7. Bukan tugasmu membahagiakan semua orang

8 Alasan Kamu Gak Harus Selalu Menuruti Kemauan Orang Lainpixabay/Free-Photos

Hidup ini selalu dihadapkan dengan kata suka dan tidak suka. Prioritaskan orang-orang yang penting untuk dibahagiakan. Karena bukan tugasmu untuk disukai semua orang. Banyak keberagaman di dunia ini sehingga banyak ketidakcocokan dan kamu tak perlu memaksakan apapun. Selagi sikapmu baik, tidak merusak atau mengganggu orang lain, tetaplah jadi manusia yang kamu inginkan.

8. Hidup hanya sekali

8 Alasan Kamu Gak Harus Selalu Menuruti Kemauan Orang Lainpixabay/Free-Photos

Hidup ini terlalu singkat jika digunakan untuk menuruti semua perkataan orang lain. Ada banyak pandangan hidup di dunia ini, dan kamu akan kesulitan jika memaksakan diri untuk mengikuti semua yang orang lain inginkan.

Nah, itulah beberapa alasan mengapa kamu tak selalu harus menuruti kemauan orang lain. Tetap mendengarkan saran orang lain tentu hal yang bijak, namun segala keputusan tetap ada di tanganmu. Jangan memaksakan banyak hal sehingga kamu sulit untuk bahagia ya!

Baca Juga: Kenapa Merahasiakan Masalah dari Pasangan Itu Bahaya Buat Hubunganmu?

Fitri Cahyani Photo Community Writer Fitri Cahyani

Pencari Pencerahan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You