Comscore Tracker

5 Alasan Kalau Pepatah 'Sedia Payung Sebelum Hujan' Itu Ada Benarnya

Bukan sembarang pepatah nih!

Kamu pasti sudah gak asing lagi dengan pepatah 'sedia payung sebelum hujan' bukan? Nah, makna pepatah itu kira-kira berarti kita harus mempersiapkan dan jaga-jaga sebelum sesuatu terjadi, yang dalam hal ini adalah hal buruk yang tidak kita inginkan.

Sebenarnya, kalau kita pikir-pikir pepatah ini gak sembarangan lho karena ada benarnya juga. Kok bisa? Yuk simak dulu penjelasannya di bawah ini.

1. Karena dalam hidup, ketidakpastian itu selalu ada

5 Alasan Kalau Pepatah 'Sedia Payung Sebelum Hujan' Itu Ada Benarnyapexels.com/Đàm Tướng Quân

Dalam hidup ini, gak ada yang hal ataupun kejadian yang 100 persen pasti bisa kita prediksikan. Maka dari itu, satu-satunya yang bisa kita anggap pasti ya ketidakpastian itu sendiri. Contohnya saja, orang yang punya kekayaan yang melimpah juga bisa saja bangkrut dalam sekejap pada kondisi tertentu. Jadi, dengan mengetahui hal ini kamu bisa tahu bahwa pepatah 'sedia payung sebelum hujan' itu ada benarnya juga.

2. Supaya kita bisa semakin sadar dan waspada dalam hidup

5 Alasan Kalau Pepatah 'Sedia Payung Sebelum Hujan' Itu Ada Benarnyapexels.com/Oleksandr Pidvalnyi

Nah, pepatah di atas terasa semakin benar karena sebaiknya kita memang harus selalu sadar dan waspada dalam hidup. Kadangkala, kita lupa dan terlena dengan keadaan sekarang sehingga tidak waspada dengan apa saja hal yang mungkin saja jadi kenyataan di masa depan.

Kalau hal baik, tentu rasanya bikin bahagia dong, tapi gimana kalau sebaliknya? Oleh karena itu, bagi kamu yang suka berada di zona nyaman sah-sah saja sih. Tapi ingat gak ada yang pasti lho meskipun saat ini kamu masih 'aman' di zona nyamanmu. Sehingga lebih baik kamu 'sedia payung sebelum hujan' deh.

3. Agar punya rencana alternatif

5 Alasan Kalau Pepatah 'Sedia Payung Sebelum Hujan' Itu Ada Benarnyapexels.com/pixabay

Ingat, pepatah 'sedia payung sebelum hujan' itu emang ada benarnya. Tapi, jangan lupa kalau kamu juga harus menyiapkan 'payung' lainnya jika ternyata 'payung' pertama yang digunakan rusak. Artinya, bila kita telusuri lebih lanjut sebenarnya kita juga sebaiknya mempersiapkan rencana-rencana alternatif lainnya nih. Untuk jaga-jaga, bila rencana utama yang sudah disiapkan ternyata tidak berhasil.

Karena, balik lagi pada poin pertama bahwa gak ada lho kepastian yang benar-benar pasti sesuai keinginanmu. Jadi, walaupun 'payung' alternatif yang digunakan tidak begitu sesuai dengan keinginanmu tapi setidaknya kamu sudah mempersiapkannya dengan baik. Setuju gak?

Baca Juga: Awas! Ini 5 Tanda Pepatah 'Rumput Tetangga Lebih Hijau' Terjadi Padamu

4. Mempersiapkan mental sedini mungkin

5 Alasan Kalau Pepatah 'Sedia Payung Sebelum Hujan' Itu Ada Benarnyapixabay.com/Free-Photos

Poin penting selanjutnya kenapa pepatah di atas itu ada benarnya adalah untuk mempersiapkan mentalmu sedini mungkin. Ya, bukan soal benar tidaknya 'payung' yang sudah siapkan sebelum hujan. Tapi, lebih kepada siap tidaknya bila kamu pada akhirnya tetap mendapat 'hujan' tersebut.

Nah, jauh-jauh hari kamu sudah mempersiapkan mental untuk hal terbaik dan terburuk sekalipun sehingga nantinya apapun yang terjadi kamu tetap bisa bersemangat dan tidak down tentunya.

5. Supaya tak ada penyesalan di kemudian hari

5 Alasan Kalau Pepatah 'Sedia Payung Sebelum Hujan' Itu Ada Benarnyapexels.com/Andre Furtado

Yang paling penting dari pepatah 'sedia payung sebelum hujan' ini secara tersirat ingin mengungkapkan bahwa persiapan dilakukan supaya tak ada lagi penyesalan di kemudian hari. Tentu, gak ada yang mau merasa menyesal bukan? Tapi, rasanya kemungkinan penyesalan akan lebih besar bagi mereka yang tidak mempersiapkan diri dengan baik dibandingkan mereka yang sudah punya persiapan untuk berjaga-jaga mulai dari jauh-jauh hari sebelumnya.

Jadi, sudahkah kamu sedia 'payung' milikmu?

Baca Juga: 5 Pepatah Jawa yang Bikin Hidupmu Bakal Makin Adem

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya