Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Berbuat Baik Sebaiknya Dilakukan Secara Diam-diam

Yang terpenting, kebaikan dilakukan dengan setulus hati

Berbuat baik adalah hal yang seharusnya kita lakukan tanpa mengenal lelah. Berbuat baik menjadikan hidupmu lebih berarti bagi diri sendiri maupun orang lain yang menerima manfaatnya. Nah, berbuat baik tak selalu harus dilakukan secara terang-terangan kok, kamu bisa melakukan kebaikan secara diam-diam.

Artinya, kamu mengusahakan agar kebaikan yang kamu lakukan tidak diketahui orang lain, biarlah hanya kamu dan Tuhan yang tahu perbuatan mulia yang kamu lakukan. Lalu, kenapa sebaiknya kamu juga berbuat baik secara diam-diam? Tentu saja ada alasannya, yuk kita simak ulasannya di bawah ini ya.

1. Membantumu untuk merasa lebih ikhlas, tanpa mengharapkan imbalan apapun

5 Alasan Kenapa Berbuat Baik Sebaiknya Dilakukan Secara Diam-diampexels.com/Oleksandr Pidvalnyi

Berbuat baik tentu saja sebaiknya dilandasi hati yang tulus dan ikhlas. Tapi, ketika kita melakukan kebaikan tak jarang dalam hati kecil kita belum merasakan ikhlas yang sesungguhnya.

Penyebabnya bisa bermacam-macam, misalnya karena disuruh, melakukannya karena gengsi, atau bahkan mungkin ada yang merasa rugi saat berbuat baik. Hmm, padahal tujuan berbuat baik itu adalah untuk meringankan beban atau penderitaan orang lain, memberikan kebahagiaan serta dampak positif. Iya kan?

Nah, supaya kamu bisa melatih diri agar lebih ikhlas setiap kali berbuat baik maka salah satu cara yang tepat adalah dengan melakukan kebaikan secara diam-diam. Karena itu artinya, kamu sudah tahu bahwa kebaikanmu semata-semata ditujukan agar bermanfaat bagi orang lain tanpa mengharapkan imbalan apapun dari mereka.

2. Menghindarkan diri dari kesombongan dan rasa haus akan pujian

5 Alasan Kenapa Berbuat Baik Sebaiknya Dilakukan Secara Diam-diampexels.com/Pixabay

Salah satu 'penyakit' hati saat melakukan kebaikan yang perlu diwaspadai adalah kesombongan yang muncul bahwa dirinya sudah lebih baik dari orang lain. Ujung-ujungnya nih, kamu hanya ingin pujian dari orang lain atas apa yang sudah kamu lakukan.

Karena itu, ada baiknya kalau kamu melakukan kebaikan diri secara diam-diam, dengan begitu kamu tidak akan merasa sombong dan haus akan pujian. Toh, hanya kamu dan Tuhan saja yang tahu kebaikan apa saja yang sudah kamu lakukan.

Lagian, kebaikan yang didasarkan hanya demi mendapatkan pujian orang lain hanya akan merugikan dirimu sendiri saja. Sebab, orang lain juga belum tentu menilai apa yang kamu lakukan itu baik lho. Jadi, kalau sudah begitu malah hanya perasaan negatiflah yang melingkupimu akibat kekecewaan bahwa kebaikanmu tidak dipuji orang lain.

3. Menjauhkanmu dari orang-orang yang suka iri hati dan dengki terhadap kebaikan yang kamu lakukan

5 Alasan Kenapa Berbuat Baik Sebaiknya Dilakukan Secara Diam-diamUnsplash.com/Ben White

Ingat ya, perbuatan baik yang kamu lakukan belum tentu dianggap baik oleh semua orang. Mungkin, ada saja orang-orang yang tidak suka dengan kebaikanmu. Oleh orang-orang yang dengki dan iri hati padamu, kamu mungkin akan disebut pamer, sombong atau apapun yang sifatnya menjelek-jelekkan.

Nah, kalau sudah seperti itu, cukup banyak orang yang terganggu dan mungkin pada akhirnya berhenti untuk berbuat baik lagi. Jadi, dengan berbuat baik secara diam-diam maka kamu tidak perlu khawatir dengan penilaian orang lain dan bisa terhindar dari orang-orang yang iri hati dan dengki, selama kamu memang melakukannya dengan tulus.

Baca Juga: 5 Alasan Logis Kenapa Kamu Harus Berhenti Berbuat Baik, Lho Kenapa?

4. Membantumu untuk melupakan kebaikan yang kamu lakukan kepada orang lain

5 Alasan Kenapa Berbuat Baik Sebaiknya Dilakukan Secara Diam-diampexels.com/Oleksandr Pidvalnyi

Berbuat baik mungkin tidak sesulit yang kamu bayangkan, kalau kamu selalu membiasakan diri untuk berbuat baik. Yang tersulit adalah melupakan kebaikan itu sendiri. Kenapa melupakan? Melupakan disini artinya kamu tidak lagi mengingat-ingat kebaikan yang sudah kamu lakukan.

Karena jika kamu terus mengingat dan mengungkit-ungkit kebaikan yang sudah kamu perbuat, maka mungkin saja kamu belum betul-betul ikhlas. Disini kita, sebagai manusia benar-benar diuji atas perbuatan baik yang sudaj kita lakukan. So, tak ada salahnya kan kalau berbuat baik juga sebaiknya dilakukan secara diam-diam.

5. Tidak ada kebaikan yang sia-sia, termasuk kebaikan yang dilakukan secara diam-diam

5 Alasan Kenapa Berbuat Baik Sebaiknya Dilakukan Secara Diam-diampexels.com/mentatdgt

Berbuat baik secara diam-diam ataupun diketahui orang lain tetaplah bermanfaat bagi orang yang menerimanya. Yang menentukan adalah hatimu sendiri, apakah kamu sudah tulus dan ikhlas untuk melakukannya.

Jadi, walaupun orang lain tak ada yang tahu bahwa kamulah yang melakukan kebaikan tersebut, toh kebaikanmu tetap bermanfaat buat orang lain bukan? Jadi, sebenarnya nih tak ada kebaikan hati yang sia-sia kok!

Akhir kata, sebenarnya berbuat baik secara diam-diam ataupun diketahui orang lain punya 'kelebihan' dan 'kekurangannya' masing-masing ya. Tapi, kebaikan tetaplah kebaikan yang sudah seharusnya kita lakukan. Nah, setidaknya sekarang kamu sudah tahu nih alasan kenapa berbuat baik juga sebaiknya dilakukan secara diam-diam. Semoga bermanfaat ya!

Baca Juga: Bukan Cuma untuk Orang Lain, Ini 5 Cara Berbuat Baik pada Diri Sendiri

Frederick Photo Community Writer Frederick

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You