Comscore Tracker

5 Cara Membangun Ketahanan Mental Saat Sedang Diterpa Masalah

Di dalam setiap masalah ada peluang

Setiap orang punya ketahanan mental yang berbeda-beda. Ketahanan mental punya peran yang penting sebagai 'perisai' mental saat seseorang menghadapi masalah.

Semakin kuat ketahanan mental seseorang maka semakin kuat pula ia mampu menghadapi masalah. Meski begitu, jangan khawatir dulu sebab ketahanan mental bisa kita bangun agar menjadi lebih kuat dengan 5 cara berikut. Yuk kita simak!

1. Hindari self talk yang bersifat negatif

5 Cara Membangun Ketahanan Mental Saat Sedang Diterpa Masalahpexels.com/Chinmay Singh

Self talk adalah dialog batin yang sering kita lakukan dengan diri sendiri. Tapi, apakah self talk yang kita lakukan lebih dominan positif atau negatif? Nah, self talk yang negatif tentu akan memperkeruh kondisi batinmu saat menghadapi masalah. 

Suara hati yang murni pun akan tertutupi dengan berbagai emosi negatif sehingga memicu kemunculan suara hati yang penuh kecemasan, kekhawatiran, ketakutan dan lain sebagainya. Jadi, mulai sekarang bangunlah kebiasaan untuk melakukan self talk yang positif, ya!

2. Bergabunglah dalam lingkungan yang positif dan suportif

5 Cara Membangun Ketahanan Mental Saat Sedang Diterpa Masalahunsplash.com/Priscilla Du Preez

Kamu akan semakin kuat bila bergabung dalam lingkungan yang kuat dan suportif. Sebaliknya, kamu akan semakin lemah bila bergabung dalam lingkungan yang negatif. 

Pengaruh lingkungan sangat penting saat seseorang diterpa masalah. Kesiapan mental akan semakin terbentuk bila mendapat dukungan positif dari orang lain dan lingkungan sekitarnya. Jadi, tetap semangat ya!

3. Jangan pedulikan ucapan negatif orang lain, fokuslah pada solusi

5 Cara Membangun Ketahanan Mental Saat Sedang Diterpa Masalahunsplash.com/Christian Fregnan

Sejujurnya, di lingkungan mana pun kamu berada, selalu ada kemungkinan untuk bertemu dengan orang-orang yang suka mengucapkan hal-hal negatif kepada orang lain. Ya, di lingkungan positif pun tak luput dari orang-orang seperti ini meski jumlahnya sangat sedikit. 

Kamu tidak bisa mengubah orang lain, tapi kamu bisa mengendalikan dirimu sendiri. Jangan pedulikan ucapan negatif dari orang lain, terutama saat sedang diterpa masalah. Sebab, hanya akan membuat diri semakin terpuruk dan tak berdaya. Fokuslah pada solusi yang bisa menyelesaikan masalah. Yakinlah kalau kamu pasti bisa!

Baca Juga: Cegah Mental Illness, Kenali 5 Jenis Terapi Mental Sesuai Gejalanya

4. Bangun harapan yang terarah dan realitis untuk masa depan

5 Cara Membangun Ketahanan Mental Saat Sedang Diterpa Masalahunsplash.com/Ethan Sykes

Sesungguhnya, harapan itu sangat penting saat seseorang sedang diterpa masalah hidup. Tanpa harapan, dunia seakan runtuh tak bersisa. Harapanlah yang membuat seseorang mau bangkit dari keterpurukannya. 

Hanya saja, harapan pun perlu diarahkan dengan baik. Jangan malah harapan yang tidak realistis akan memicu keterpurukan lain. Jadi, buatlah harapan yang bisa kamu capai selangkah demi selangkah. Yakinlah bahwa ada makna dan harapan indah di balik masalah yang kamu alami.

5. Berkonsultasilah pada orang yang tepat, jika kamu memang memerlukannya

5 Cara Membangun Ketahanan Mental Saat Sedang Diterpa Masalahpexels/fauxels

Kamu tidak bisa selalu menghadapi masalahmu seorang diri. Perlu diakui bahwa bantuan dari orang lain akan sangat berharga di kala masalah hidup menerpa. Oleh karena itu, berkonsultasi pada orang yang tepat menjadi penting demi kebaikan hidup.

Maksud dari orang yang tepat juga tergantung kebutuhanmu. Apakah orang-orang yang lebih berpengalaman terkait dengan masalah yang kamu hadapi atau bantuan profesional jika diperlukan. Adanya bantuan dan dukungan dari orang yang tepat mampu membuatmu lebih kuat saat diterpa masalah.

Jadi, itulah kelima cara membangun ketahanan mental saat sedang diterpa masalah. Sebenarnya masih banyak cara positif lain untuk membangun ketahanan mental, yang penting kesediaan dan kesiapan untuk melaksanakannya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 6 Cara Agar Kesehatan Mental Tetap Terjaga Saat Kerja di Rumah

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya