Comscore Tracker

Waspada, 5 Hal Ini Bikin Resolusi Tahun Baru Jadi Bumerang Buatmu

Sebaiknya, buatlah resolusi yang punya makna khusus untukmu

Menjelang pergantian tahun, sebagian besar orang juga mengenal yang namanya resolusi tahun baru. Resolusi tahun baru dapat diartikan sebagai suatu keinginan untuk mengubah atau memperbaiki diri untuk menjadi lebih baik lagi tahun yang baru.

Nah, apakah kamu saat ini sudah menyusun daftar resolusi di tahun 2020 nanti? Sebelum menyusun resolusi tahun baru, ada baiknya kamu mewaspadai 5 hal berikut yang bisa bikin resolusi tahun baru malah menjadi bumerang untukmu. Yuk kita simak!

1. Kamu menetapkan resolusi yang jauh dari kata realistis, akibatnya kamu sendiri yang akan kewalahan

Waspada, 5 Hal Ini Bikin Resolusi Tahun Baru Jadi Bumerang Buatmupexels.com/Min An

Membuat resolusi tahun baru memang gampang-gampang susah. Nah, tanpa disadari kita sering punya harapan untuk mencapai sesuatu yang melebihi kapasitas dan kemampuan diri. Tidak ada salahnya berusaha dan berharap untuk sesuatu yang lebih baik.

Namun, kita juga memerlukan sikap realistis dalam mencapai resolusi tersebut. Kenapa? Ya, karena sikap tidak realistis malah akan membuat kamu kewalahan untuk mewujudkannya. Lakukan selangkah demi selangkah, yang terpenting kamu bisa menentukan prioritas utama dari resolusi yang hendak kamu capai.

2. Bikin bingung, resolusi yang dibuat masih bersifat umum dan tidak ada makna khusus untukmu

Waspada, 5 Hal Ini Bikin Resolusi Tahun Baru Jadi Bumerang Buatmuunsplash.com/NeONBRAND

Membuat resolusi yang sifatnya umum dan tidak punya makna khusus untukmu, malah akan bikin kamu bingung lho. Kalau hal ini terjadi, bukankah resolusi malah jadi bumerang buatmu? Sebab, kamu mungkin berusaha untuk mencapainya dalam kondisi kebingungan. Nah, alangkah baiknya kalau kamu dapat menentukan resolusi yang sifatnya khusus dan spesifik.

Selain itu, coba temukan alasan kenapa resolusi tersebut menjadi bermakna untukmu. Misalnya, kamu punya resolusi untuk segera menyelesaikan skripsi di tahun yang baru ini, lalu pikirkan kapan tepatnya kamu mampu untuk menyelesaikan skripsi tersebut. Tak hanya itu, coba pikirkan alasan khusus kenapa kamu ingin segera menyelesaikan skripsi di tahun yang baru ini. Dengan begitu, resolusi akan menjadi jelas dan bermakna buatmu.

3. Jangan buang waktumu untuk membuat resolusi, kalau tujuannya hanya untuk ikut-ikutan orang lain

Waspada, 5 Hal Ini Bikin Resolusi Tahun Baru Jadi Bumerang Buatmuunsplash/Mimi Thian

Resolusi tahun baru betul-betul akan jadi bumerang buatmu kalau tujuan membuat resolusi hanya untuk ikut-ikutan orang lain. Kamu hanya akan membuang sia-sia waktumu yang berharga.

Apalagi kalau kamu sudah tahu kalau kamu tidak serius untuk mencapai resolusi tersebut, namun kamu tetap meneruskannya demi terlihat baik dan keren di depan orang lain. Duh, kalau begitu sih kamu sendiri yang bakal rugi. Jadi, buatlah resolusi dengan tekad dan keseriusan, ya!

Baca Juga: 5 Cara Menyusun Resolusi Tahun Baru yang Realistis, Yuk Optimis!

4. Menolak mentah-mentah saran dari orang lain justru bikin resolusimu jadi gitu-gitu aja

Waspada, 5 Hal Ini Bikin Resolusi Tahun Baru Jadi Bumerang Buatmupexels.com/fauxels

Saran dari orang lain memang tidak selalu baik dan benar. Namun, apa salahnya untuk mendengar maksud baik orang lain? Dengarkan dan cermati dulu saran dari orang lain. Barulah setelah itu kamu bisa memikirkan dan menyaring isi saran dari orang lain yang kira-kira cocok untukmu.

Sebab, mungkin saja saran dari orang lain bisa memberi kamu inspirasi dalam membuat resolusi yang ingin dicapai. Selain itu, kita juga belajar untuk menghargai saran orang lain sebagaimana kita juga ingin saran kita dihargai orang lain. Setuju banget, 'kan?

5. Membuat resolusi baru memang bagus, tapi jangan lupakan resolusi lama yang belum tuntas

Waspada, 5 Hal Ini Bikin Resolusi Tahun Baru Jadi Bumerang Buatmupexels.com/fauxels

Membuat resolusi baru di tahun yang baru memang bagus, namun jangan sampai lupa nih dengan resolusi lama yang masih tertunda dan belum tercapai. Kenapa hal ini perlu diperhatikan?

Ya, hal ini bertujuan agar resolusi lama dan resolusi baru tidak bentrok dan berlawanan satu sama lain. Sebaiknya, sesuaikan resolusi lama tersebut dengan resolusi baru yang hendak dibuat. Intinya, membuat resolusi tahun baru juga harus cermat dan bijak, lho.

Jadi, itulah kelima hal yang bikin resolusi tahun baru jadi bumerang buatmu. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 8 Resolusi Sikap untuk Menyambut Tahun Baru 2020 

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya