Comscore Tracker

5 Hal Sepele yang Bisa Melemahkan Rasa Percaya Diri, Hati-hati!

#IDNTimesLife Mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya

Rasa percaya diri itu memang penting lho dalam kehidupan sehari-hari. Nah, umumnya rasa percaya diri itu gak tetap dan bisa saja berubah-ubah. Sadarkah kamu kalau hal-hal sepele pun bisa melemahkan rasa percaya diri, lho. Supaya lebih berhati-hati, coba deh pahami dulu lima hal berikut. 

1. Tanpa disadari kamu sering menggunakan self talk negatif

5 Hal Sepele yang Bisa Melemahkan Rasa Percaya Diri, Hati-hati!ilustrasi orang merenung (pexels.com/Juan Pablo Serrano Arenas

Self talk intinya merupakan kata-kata atau kalimat yang sering kamu ucapkan pada diri sendiri. Nah, yang perlu diperhatikan adalah hal apa yang paling sering kamu ucapkan pada diri sendiri.

Apakah hal-hal yang baik atau malah hal-hal yang buruk? Jika sudah menyadari hal ini, sebaiknya perhatikan betul-betul soal self talk ini ya! 

2. Langsung percaya pada hal-hal yang membuatmu merasa rendah diri

5 Hal Sepele yang Bisa Melemahkan Rasa Percaya Diri, Hati-hati!ilustrasi sedih dan merenung (pexels.com/Liza Summer)

Hal sepele lain yang bikin rasa percaya diri melemah adalah saat diri sendiri langsung percaya pada hal-hal negatif yang memunculkan rasa rendah diri.

Sebaiknya cermati dengan baik, jangan langsung percaya pada apa yang kamu dengar dan lihat. Pikirkan dengan bijak agar bisa memilah mana yang perlu dipercaya dan mana yang tidak. 

Baca Juga: 5 Trik Jitu Menghilangkan Pikiran Negatif yang Sering Menghampiri Kita

3. Kamu sendiri belum memiliki prinsip hidup yang cocok dan sesuai

5 Hal Sepele yang Bisa Melemahkan Rasa Percaya Diri, Hati-hati!ilustrasi orang tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Prinsip hidup juga penting agar kamu tidak mudah goyah dalam menghadapi realita atau kenyataan yang sering kali jauh dari harapan. Dengan memiliki prinsip hidup yang cocok dan sesuai, kamu pun akan jauh lebih percaya diri dan berpegang teguh pada nilai-nilai yang terkandung dalam prinsipmu. 

4. Kamu belum benar-benar mengenal dirimu sendiri, termasuk segala kekurangan dan kelebihanmu

5 Hal Sepele yang Bisa Melemahkan Rasa Percaya Diri, Hati-hati!ilustrasi merasa malas (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mengenal diri itu penting agar kamu bisa memahami hal apa yang sebenarnya menghambatmu untuk lebih percaya diri. Dengan mengenal diri sendiri secara mendalam termasuk tahu kekurangan dan kelebihan yang ada, kamu bisa menyusun strategi agar kamu bisa lebih percaya diri.

Caranya mungkin dengan berusaha untuk mengembangkan kelebihan sekaligus memperbaiki kekurangan yang ada. Yang penting lakukanlah secara seimbang dan jangan berlebihan ya! 

5. Jarang atau tidak pernah meluangkan waktu untuk introspeksi diri

5 Hal Sepele yang Bisa Melemahkan Rasa Percaya Diri, Hati-hati!ilustrasi orang di perpustakaan (pexels.com/Ron Lach)

Introspeksi diri itu penting ya, bahkan juga ketika ingin memupuk rasa percaya diri. Dengan introspeksi diri, kita mencoba untuk menilai diri kita sendiri tentang apa yang sudah baik dan apa yang masih perlu ditingkatkan lagi.

Jika kamu sendiri jarang atau bahkan tidak pernah meluangkan waktu untuk introspeksi diri, bisa jadi ini penyebab kenapa rasa percaya dirimu semakin melemah. 

Jadi, hal-hal sepele di atas ternyata bisa bikin rasa percaya diri melemah lho apalagi kalau tidak segera disadari. Mudah-mudahan penjelasan di atas dapat kamu pahami dengan baik, ya. Semoga bermanfaat! 

Baca Juga: 5 Pikiran Positif yang Perlu Ditanamkan agar Dapat Membuka Hatimu Lagi

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya