Comscore Tracker

5 Latihan Sederhana untuk Membantumu Memiliki Perasaan yang Positif

#IDNTimesLife Sederhana sih tapi tetap perlu konsisten, ya! 

Mungkin kamu sudah sering mencoba melatih diri untuk berpikir positif, sejauh ini apakah sudah berhasil? Sebenarnya selain pikiran positif, ada baiknya melatih diri untuk mengembangkan perasasan yang positif. Caranya mungkin bisa kamu coba dengan lima latihan sederhana berikut ini. Yuk, langsung simak ulasannya!

1. Lihat kembali hal-hal yang sudah kamu miliki, syukurilah meski hal itu nampak sepele bagimu

5 Latihan Sederhana untuk Membantumu Memiliki Perasaan yang Positifilustrasi orang sedang bercermin (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Salah satu cara paling sederhana yang bisa kamu jadikan latihan sehari-hari adalah dengan bersyukur. Syukurilah hal-hal yang sudah kamu miliki, termasuk hal-hal kecil yang mungkin kamu anggap sepele. Hal ini penting lho agar melatih diri untuk melihat situasi dan keadaan dari sudut pandang yang lebih baik dan positif.

2. Ingat-ingat kembali momen saat kamu merasa bahagia dengan tulus, coba sadari dan rasakan sekarang juga

5 Latihan Sederhana untuk Membantumu Memiliki Perasaan yang Positifilustrasi orang tersenyum (pexels.com/William Fortunato)

Latihan sederhana lain yang bisa kamu coba adalah dengan mengingat-ingat kembali momen dimana kamu merasa bahagia dengan tulus.

Coba sadari dan rasakan perasaan bahagia itu sekarang juga. Apakah sudah terasa perbedaannya? Jika sudah, maka kamu mungkin bisa menjadikannya sebagai latihan rutin dalam kehidupan sehari-hari agar perasaan positif makin berkembang.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Bahagia Karena Sudah Terlatih untuk Bersyukur

3. Luangkan waktu untuk tenang dan rileks sejenak dengan cara yang bijak

5 Latihan Sederhana untuk Membantumu Memiliki Perasaan yang Positifilustrasi orang merenung (pexels.com/Engin Akyurt)

Sederhananya, kamu juga bisa memunculkan perasaan positif dengan cara memberikan waktu sejenak untuk tenang dan rileks.

Jadi, coba deh untuk meluangkan waktu yang cukup agar bisa bisa menenangkan diri, tentunya dilakukan dengan cara yang bijak ya agar waktu yang ada bisa digunakan dengan sebaik-baiknya. 

4. Ingatlah baik-baik perasaan positif itu dan coba terapkan dalam kehidupanmu sehari-hari

5 Latihan Sederhana untuk Membantumu Memiliki Perasaan yang Positifilustrasi sedang mengetik (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Setelah kamu memahami beberapa latihan sederhana di atas, seharusnya kamu sudah mulai terbiasa untuk memelihara perasaan yang positif, ya. Setelah itu, ingatlah baik-baik perasaan positif tersebut dan coba terapkan dalam kehidupan sehari-harimu, ya. Yang penting latihan sederhana tersebut dilakukan secara rutin dan konsisten. 

5. Membiasakan diri untuk membangun kebiasaan-kebiasaan yang positif

5 Latihan Sederhana untuk Membantumu Memiliki Perasaan yang Positifilustrasi orang di perpustakaan (pexels.com/Abby Chung)

Pikiran dan perasaan positif juga bisa terbentuk dari kebiasaan-kebiasaan yang positif. Jadi, jika kamu membiasakan diri untuk membangun kebiasaan yang positif, ini adalah langkah awal yang bijak untuk menumbuhkan hal-hal baik termasuk pikiran dan perasaan positif.

Jadi, jika selama ini kamu belum pernah melatih diri untuk memelihara perasaan positif, mungkin kamu bisa mulai dengan lima latihan sederhana di atas, ya. Tidak perlu juga sampai memaksakan diri saat berusaha melatih diri, yang penting dibarengi dengan niat yang tulus dan kuat. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 8 Langkah Mudah untuk Mengontrol Kemarahan, Pikiran Jadi Lebih Tenang!

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya