Comscore Tracker

5 Penyebab Kenapa Perasaan Setengah Hati Sering Muncul Saat Belajar

Siapa nih yang masih sering begini saat belajar?

Kita semua tahu kalau belajar itu perlu dilakukan dengan sungguh-sungguh agar bisa meraih hasil yang terbaik. Namun, terkadang perasaan setengah hati itu juga muncul saat sedang belajar dan tentunya cukup mengganggu proses belajar. Nah, jika kamu penasaran dengan apa yang menjadi penyebabnya, yuk coba simak dulu ulasan berikut.

1. Komitmen dan disiplin diri yang masih kurang kuat

5 Penyebab Kenapa Perasaan Setengah Hati Sering Muncul Saat Belajarpexels.com/Artem Podrez

Komitmen itu penting sebelum kamu memulai proses belajar agar kamu bisa menjalaninya dengan sepenuh hati. Tak hanya itu, kedisiplinan juga tak kalah penting lho dalam proses belajar. Jika kedua hal ini masih kurang kuat, maka sudah tentu perasaan setengah hati akan sering muncul dan akhirnya mengganggu konsentrasimu saat sedang belajar.

2. Sebenarnya kamu mungkin tidak mengerti hal apa yang sebenarnya sedang dipelajari 

5 Penyebab Kenapa Perasaan Setengah Hati Sering Muncul Saat Belajarpexels.com/Min An

Kalau kamu masih sering bingung dengan hal apa yang kamu pelajari, tentu hal ini harus segera diatasi ya agar tidak memunculkan perasaan setengah hati saat sedang belajar. Tidak mengherankan kalau kebingungan itu terjadi dan menjadi penyebabnya, sebab karena itulah belajar sungguh-sungguh itu diperlukan. Bagaimana menurutmu?

3. Coba cek apakah selain perasaan setengah hati, masih ada perasaan lain yang juga mengganggu konsentrasi belajarmu

5 Penyebab Kenapa Perasaan Setengah Hati Sering Muncul Saat Belajarpexels.com/cottonbro

Mungkin saja lho, perasaan setengah hati yang muncul itu disebabkan oleh perasaan lain yang mengganjal dan akhirnya menganggu konsentrasi belajar.

Misal seperti perasaan terpaksa yang kadang tidak disadari saat kamu sedang belajar. Ini artinya, kamu perlu memahami perasaanmu sendiri dan memilah mana yang harus dipertahankan dan mana yang sebaiknya dihilangkan.

Baca Juga: 5 Tips Produktif untuk Kamu yang Masih Suka Menunda Pekerjaan

4. Mungkin masih tersimpan perasaan kecewa akibat kegagalan belajar di masa lalu

5 Penyebab Kenapa Perasaan Setengah Hati Sering Muncul Saat Belajarpexels.com/cottonbro

Perlu diakui kalau proses belajar itu tidak selalu berjalan dengan lancar dan mulus. Oleh karena itu sadari dan coba move on dari kekecewaan yang kamu rasakan akibat dari kegagalan belajar di masa lalu. Yakinlah kalau kegagalan belajar di masa lalu akan menjadi catatan penting yang bermanfaat dalam proses belajarmu di masa kini.

5. Kurang waspada terhadap munculnya keinginan untuk berhasil secara instan

5 Penyebab Kenapa Perasaan Setengah Hati Sering Muncul Saat Belajarpexels.com/Vlada Karpovich

Jika kamu kurang waspada terhadap keinginan untuk berhasil secara instan, tentu hal ini akan sangat menghambat proses belajarmu. Padahal dalam kegiatan belajar itu juga diperlukan yang namanya proses. Tanpa proses, rasanya kegiatan belajar yang kamu lakukan hanya akan sia-sia dan membuang waktu lho.

Jadi, sebaiknya jangan sepelekan kelima penyebab di atas agar kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal saat belajar. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Kita Syukuri Karena Masih Bisa Produktif Bekerja

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya