5 Sifat yang Mematikan Kebahagiaan Ini Harus Kamu Buang Jauh-jauh

Jangan terus menerus dibiarkan

Dalam diri manusia pada dasarnya sudah ada pembawaan sifat-sifat yang baik maupun buruk. Sebagai manusia biasa, sifat baik dan buruk bisa silih berganti bermunculan dan sering kali dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu. Tapi, ingatlah bahwa manusia punya akal budi yang seharusnya ia gunakan untuk menentukan mana yang baik dan mana yang buruk.

Meskipun tak ada manusia yang sempurna, tapi kita bisa berusaha agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Caranya bagaimana? Salah satunya adalah dengan membuang jauh-jauh sifat 'mematikan' ini dari dalam dirimu. Yuk kita simak!

1. Suka iri hati terhadap orang yang lebih sukses

5 Sifat yang Mematikan Kebahagiaan Ini Harus Kamu Buang Jauh-jauhpexels.com/Nikolay Draganov

Sifat iri hati merupakan 'penyakit' yang sangat berbahaya. Dalam berbagai aspek kehidupan manusia, seperti karier, ekonomi, sampai percintaan pun sangat mungkin ditemukan orang-orang yang iri hati terhadap apa yang dimiliki dan dicapai orang lain. Iri hati sudah tentu akan menimbulkan ketidakbahagiaan dalam diri, apalagi memendam rasa iri hati tersebut terlalu lama.

Sifat iri hati ini bila dipelihara terus menerus hanya akan merugikan dirimu sendiri. Jadi, kalau kamu melihat orang lain lebih sukses darimu maka harusnya kamu termotivasi secara positif untuk belajar dan terus mengembangkan diri. Bukan malah, mengharapkan keburukan bagi orang lain dan memusuhinya.

Mulai sekarang, yuk buang jauh-jauh sifat yang berbahaya ini dari hidupmu.

2. Membenci perbuatan baik yang orang lain lakukan

5 Sifat yang Mematikan Kebahagiaan Ini Harus Kamu Buang Jauh-jauhpexels.com/Pixabay

Sifat membenci ini juga erat kaitannya dengan sifat iri hati yang sudah dijelaskan pada poin pertama. Sifat benci, tentu saja merupakan perasaan negatif yang harus kamu buang jauh-jauh dari dirimu. Sering kali kebencian timbul karena ada rasa iri terhadap orang lain.

Akhirnya, kebencian yang terus disimpan dan selalu menimbulkan prasangka buruk terhadap orang lain. Parahnya lagi, kalau perbuatan baik dan mulia yang dilakukan seseorang malah membuatmu semakin benci dan panas hati.

Kalau sudah begitu, apakah kamu akan bahagia? Kamu tentu tahu jawabannya.

Baca Juga: 5 Emosi Negatif yang Harus Dihindari Agar Hidup Lebih Bahagia

3. Suka mengeluh dalam segala situasi

5 Sifat yang Mematikan Kebahagiaan Ini Harus Kamu Buang Jauh-jauhpexels.com/Clem Onojeghuo

Kebiasaan mengeluh sering kali dianggap sepele ya, padahal sifat mengeluh ini tak bisa dianggap remeh lho dampak negatifnya bagi seseorang. Sesekali mungkin tak terlalu menjadi persoalan. Tapi bila sifat buruk ini kamu biasakan secara konsisten, maka hidupmu pasti akan jauh sekali dari kata bahagia.

Kebiasaan bersyukur harus kamu pelihara baik-baik agar kamu bisa belajar untuk menghargai hidup dan semakin bijaksana. Jadi, tak salah bukan kalau sifat suka mengeluh ini termasuk dalam sifat buruk dan 'mematikan' kebahagiaan yang harus kamu lenyapkan dari diri sendiri?

4. Punya sifat gengsi yang sering disamarkan sebagai 'harga diri'

5 Sifat yang Mematikan Kebahagiaan Ini Harus Kamu Buang Jauh-jauhpexels.com/bruce mars

Sifat gengsi memang paling 'jago' bikin orang mendapatkan kebahagiaan semu atau palsu. Gengsi, bukanlah hal baru lagi dalam kehidupan sehari-hari. Banyak orang yang suka mempertahankan sifat gengsi ini demi hal-hal yang tidak bermanfaat. Sifat gengsi ini amat berbahaya bila diberi ruang bebas untuk bergerak.

Kok bisa?

Coba kamu perhatikan deh berapa banyak orang yang rela berhutang demi membeli barang-barang mewah agar mendapatkan pengakuan dan pujian orang lain. Jadi, orang yang suka gengsi tentu saja akan jauh dari kebahagiaan sesungguhnya. Apalagi, saat orang-orang yang suka gengsi ini selalu menyamakan gengsi dengan harga diri yang harus dijunjung tinggi. Padahal beda banget lho!

Setuju?

5. Celakanya lagi, kalau kamu suka memupuk sifat serakah

5 Sifat yang Mematikan Kebahagiaan Ini Harus Kamu Buang Jauh-jauhpexels.com/Burst

Sifat serakah merupakan sifat buruk yang mampu mematikan kebahagiaan dalam diri seseorang. Bagaimana tidak, lihatlah betapa banyak orang yang ingin mencapai dan memiliki sesuatu tanpa batas dan tidak pernah puas apalagi bersyukur. Sadarilah, ketika kamu terus-terusan memupuk sifat serakah ini, maka kamu sebenarnya sudah masuk ke dalam jurang ketidakbahagiaan.

Jadi, selain kelima sifat buruk di atas, apalagi nih sifat-sifat buruk lain yang bisa mematikan kebahagiaan? Silahkan share di kolom komentar ya!

Baca Juga: 5 Kesalahan Fatal yang Biasa Kamu Lakukan untuk Mengejar Kebahagiaan!

Frederick Photo Community Writer Frederick

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You