Comscore Tracker

5 Tanda Ini Bukti Kamu Kurang Menghargai Hidup, Introspeksi Diri Ya!

Tanda-tanda ini kadang gak kamu sadari

Setiap orang punya kehidupannya masing-masing, betul? Namun, tidak semua orang mengganggap kehidupan yang dijalaninya itu baik. Ya, bisa jadi disebabkan hal-hal atau faktor-faktor yang bisa dikendalikan maupun tidak bisa dikendalikannya. Karena, hidup ini memang selalu penuh dengan misteri dan kejutan.

Walau begitu, hidup ini adalah anugerah dari Yang Maha Kuasa dan harus kamu jalani sebaik-baiknya. Tapi, selalu ada saja orang-orang yang kurang menghargai hidupnya. Seperti apa tanda-tandanya? Yuk simak ulasan berikut.

1. Kamu sangat sering mengeluh dan kurang bersyukur

5 Tanda Ini Bukti Kamu Kurang Menghargai Hidup, Introspeksi Diri Ya!pexels.com/Clem Onojeghuo

Apakah kamu suka mengeluh? Kalau iya maka jangan dibiasakan ya, sebab sering mengeluh adalah tanda kuat kalau kamu kurang menghargai hidup yang kamu miliki. Seringkali, mengeluh disebabkan oleh ketidaksesuaian antara harapan dan kenyataan. Mungkin, sesekali mengeluh adalah hal yang wajar dan manusiawi.

Tapi, kalau kamu terlalu sering mengeluh itu berarti kamu adalah pribadi yang kurang bersyukur. Padahal, sikap bersyukurlah yang mampu membuatmu lebih menghargai hidup dan makin berpikiran positif. Jadi, yuk hindari kebiasaan mengeluh dan kurang bersyukur ya!

2. Kamu suka membanding-bandingkan hidupmu dengan orang lain

5 Tanda Ini Bukti Kamu Kurang Menghargai Hidup, Introspeksi Diri Ya!pexels.com/mentatdgt

"Hidup si A lebih baik dariku, sedangkan si B juga lebih kaya dariku, sedangkan aku?", kalimat tersebut adalah contoh saat kita baik disadari atau tidak, sering membandingkan hidup sendiri dengan orang lain. Akibatnya nih, kamu malah jauh lho dari sikap bersyukur. Kalau begitu sih, sudah tak terbantahkan lagi kalau kamu memang kurang menghargai hidup.

3. Kamu tidak mau berbagi kebahagiaan dengan orang lain

5 Tanda Ini Bukti Kamu Kurang Menghargai Hidup, Introspeksi Diri Ya!pexels.com/Pixabay

Ingat nih, menghargai hidup itu bukan berarti hanya menghargai hidup sendiri saja ya, melainkan kamu juga menghargai hidup orang lain. Apa contohnya? Yang paling simpel adalah dengan berbagi kebahagiaan. Misalnya, kamu bisa berbagi kebahagiaan dengan menyisihkan sedikit rejeki yang kamu miliki kepada orang-orang yang membutuhkan.

Lihat ekspresi orang tersebut, bukankah saat mereka bahagia kita juga ikut merasa bahagia? Bukan hanya soal materi saja, kamu juga bisa berbagi kebahagiaan dengan hal-hal non materi seperti memberikan waktu, tenaga, inspirasi dan sebagainya. Jadi, dengan berbagi kebahagiaan kepada orang lain, itu artinya kamu sudah menghargai hidup sendiri dan orang lain. Setuju?

Baca Juga: Menurut Psikologi, 6 Kebiasaan Ini Bikin Kepribadianmu Kurang Menarik

4. Kamu menghabiskan waktumu hanya untuk bersenang-senang

5 Tanda Ini Bukti Kamu Kurang Menghargai Hidup, Introspeksi Diri Ya!pexels.com/juan mendez

Kalau kata pepatah nih 'waktu adalah uang', yang artinya waktu seharusnya digunakan dengan sebaik mungkin mengingat waktu adalah hal yang sangat berharga dalam hidup. Masalahnya, cukup banyak orang di luar sana yang menghabiskan waktu mereka secara sia-sia.

Misalnya, dengan bersenang-senang, berfoya-foya atau melakukan hal yang tidak bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain. Padahal, waktu yang berlalu tidak akan pernah bisa kembali lagi. Jadi, kalau kamu menghabiskan waktumu hanya untuk bersenang-senang saja, berarti sama saja kamu kurang menghargai hidup kamu lho.

5. Kamu selalu pesimis dan berpikiran negatif

5 Tanda Ini Bukti Kamu Kurang Menghargai Hidup, Introspeksi Diri Ya!pexels.com/bruce mars

Nah, apakah kamu juga tipe orang yang selalu pesimis dalam memandang hidup? Hmm, pesimis juga sangat erat kaitannya dengan kebiasaan berpikir negatif. Rasanya ada saja hal yang membuatmu negative thinking, dan berakibat pada rasa pesimis terus menerus dan kurangnya rasa syukur. Jadi, sebaiknya mulai sekarang jauhilah sikap pesimis ini sebab kalau terus-terusan dibiarkan, salah satu dampak buruknya adalah kamu akan menjadi orang yang kurang menghargai hidupmu sendiri.

Jadi, setelah membaca ulasan di atas apakah kamu termasuk kategori orang yang kurang menghargai hidup? Semoga tidak ya!

Baca Juga: 7 Karakter yang Menunjukkan Kamu Punya Kualitas Seorang Leader

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Berita Terkini Lainnya