Comscore Tracker

5 Tanda Kalau Selama Ini Kamu 'Bersekutu' dengan Kegagalan

Celakanya, mungkin tidak pernah kamu sadari...

Kegagalan merupakan hal yang sebisa mungkin dihindari oleh setiap orang, betul? Semua orang pada dasarnya ingin berhasil atau sukses di berbagai aspek dalam kehidupannya. Namun, yang jadi masalah adalah beberapa orang mungkin tidak sadar bahwa selama ini mereka telah 'bersekutu' dengan kegagalan. Lho, kok bisa? tentu saja bisa, karena seringkali dilakukan tanpa sengaja atau tidak disadari. Makin penasaran bukan? Gak usah berlama-lama, yuk kita simak penjelasannya di bawah ini. 

1. Membiarkan dirimu terlena dalam zona nyaman

5 Tanda Kalau Selama Ini Kamu 'Bersekutu' dengan Kegagalanpexels.com/Pixabay

Apakah berada di dalam zona nyaman adalah suatu hal yang salah? Hmm, sebenarnya tidak juga lho asal tidak berlama-lama ya. Setiap momen dalam kehidupan, tentu sebaiknya dimaknai sebagai kesempatan untuk pembelajaran dalam hidup, tak terkecuali zona nyaman ini.

Berada di zona nyaman memang menyenangkan, tapi sadarkah kamu kalau berlama-lama dan terlena di zona nyaman berarti kamu menghambat dirimu untuk berkembang? Dengan kata lain, tanpa disadari kamu sudah 'bersekutu' dengan kegagalan lho! Jadi, mulai sekarang mari persiapkan diri dengan matang agar diri sendiri mampu kelar dari zona nyaman guna mencapai kehidupan yang lebih baik.

2. Sadar atau tidak, kamu suka membiarkan diri tenggelam dalam emosi negatif

5 Tanda Kalau Selama Ini Kamu 'Bersekutu' dengan Kegagalanpexels.com/Pixabay

Emosi merupakan alat bagi manusia untuk mengetahui apa yang ia rasakan saat ini, baik emosi positif maupun negatif. Tapi, apa jadinya kalau ternyata emosi ini malah menjadi senjata yang berbalik menyerang diri kita? Duh, pastinya hal ini tidak diingkan sama sekali. Nah, poin kedua untuk mengetahui apakah kamu sudah 'bersekutu' dengan kegagalan atau tidak adalah dengan melihat emosi yang dominan dalam dirimu.

Lihat apakah kamu selama ini tenggelam dalam emosi negatif yang berpengaruh buruk dalam hidupmu. Misalnya, terlarut dalam emosi dan perasaan sedih, marah, benci, takut dan sebagainya. Jadi, mulai sekarang yuk sadari emosi apa saja yang kamu rasakan dan saat kamu merasa mulai tidak nyaman dengan emosi negatif tersebut, segera sadari dan coba untuk mengubahnya ke emosi positif dengan cara yang baik dan efektif.

3. Tidak pernah introspeksi diri dan selalu menyalahkan keadaan

5 Tanda Kalau Selama Ini Kamu 'Bersekutu' dengan Kegagalanpexels.com/Moose Photos

Masalahnya, banyak orang tidak menyadari bahwa mereka betul-betul sudah menyatukan diri dengan kegagalan saat mereka selalu menyalahkan keadaan. Mereka selalu mencari berbagai macam alasan dan tidak pernah melihat ke dalam diri atau intospeksi diri. Padahal, sebelum mengubah keadaan dan dunia di luar kita hendaknya terlebih dahulu mengubah diri sendiri dulu. Betul bukan?

Baca Juga: 4 Tanda Kamu Memiliki Ketakutan Terhadap Kegagalan

4. Tidak ada rasa syukur yang menetap dalam hati

5 Tanda Kalau Selama Ini Kamu 'Bersekutu' dengan KegagalanPexels.com/ Daniel Xavier

Rasa syukur adalah perasaan positif yang sudah seharusnya selalu kita ingat dan rasakan. Karena, saat kita mampu bersyukur maka kita sendiri menjauhkan diri dari pengaruh-pengaruh negatif dari luar yang berefek buruk bagi kehidupan kita, termasuk soal 'bersekutu' dengan kegagalan ini.

Memang, tak ada jaminan untuk keberhasilan dan selalu ada potensi untuk kegagalan, tapi setidaknya kamu sudah membebaskan diri dari pengaruh negatif tersebut yang tidak tergantung pada hasil yang ingin dicapai. Dengan begitu, kamu bisa merasakan kebahagiaan yang sesungguhnya saat rasa syukur sudah bersemayam dalam hati.

5. Tidak memanfaatkan setiap waktu dengan baik

5 Tanda Kalau Selama Ini Kamu 'Bersekutu' dengan Kegagalanpexels.com/Buro Millennial

Sadarilah, bahwa setiap waktu yang kita miliki adalah karunia yang sangat berharga. Waktu tidak akan pernah kembali dalam hidup yang kita jalani, jadi sudah seharusnya kita memanfaatkan setiap waktu dalam hidup dengan sebaik-baiknya demi kebaikan sendiri maupun orang lain. Jadi, kalau kamu terbiasa untuk menyia-nyiakan waktu dalam hidupmu maka bisa dikatakan bahwa kamu sendiri sudah 'bersekutu' dengan kegagalan.

Jadi, itulah kelima tanda bahwa selama ini kamu telah 'bersekutu' dengan kegagalan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan memberi inspirasi untukmu ya!

Baca Juga: Tidak Semua Kegagalan Harus Kamu Alami untuk Sukses, Ini 5 Alasannya!

Frederick Photo Community Writer Frederick

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You