Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Masih Belum Mampu Menghargai Keputusan Orang Lain

Menghargai keputusan orang lain juga sangat penting lho

Setiap orang pastilah pernah membuat keputusan dalam hidupnya. Namun, apakah keputusan yang telah dibuat itu tepat atau tidak, tentu kembali lagi kepada pribadi masing-masing.

Setiap keputusan yang dibuat juga merupakan tanggung jawab pribadi yang perlu dipikirkan dengan matang. Karena sudah menjadi tanggung jawab pribadi, bukankah sudah semestinya kita menghargai keputusan orang lain? Jika memiliki 5 tanda berikut, kemungkinan besar kamu masih belum mampu menghargai keputusan orang lain.

1. Masih ada keinginan kuat untuk "membetulkan" keputusan orang lain

5 Tanda Kamu Masih Belum Mampu Menghargai Keputusan Orang Lainpexels.com/fauxels

Tanda pertama dapat diketahui jika kamu masih sering memiliki keinginan untuk "membetulkan" keputusan orang lain. Dengan kata lain, kamu merasa kalau semua keputusan yang orang lain buat itu salah dan tidak tepat, sehingga kamu berniat untuk "membetulkan" keputusan tersebut.

Ya, kamu mungkin memang berniat baik dalam hal ini. Namun, sadari kalau kita tidak bisa serta merta mengubah keputusan orang lain yang dianggap salah. Sebab setiap orang punya alasan atau pendapatnya masing-masing yang bersifat personal. Jadi, silahkan saja jika ingin memberi saran atau nasihat namun jangan sampai memaksakan pendapat pribadi, ya!

2. Menganggap keputusan orang lain harus sesuai dengan pendapat pribadimu

5 Tanda Kamu Masih Belum Mampu Menghargai Keputusan Orang Lainpexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Tentu, seseorang tidak bisa dianggap mampu menghargai keputusan orang lain jika ia sendiri masih menganggap kalau semua keputusan orang lain haruslah sesuai dengan pendapat pribadinya.

Jangan karena tidak sesuai dengan pendapat pribadi, keputusan orang lain langsung dianggap sebagai suatu kesalahan fatal tanpa coba melihat dulu dari sudut pandang yang lain. Jadi, cobalah belajar untuk menghargai keputusan orang lain meski kadang tidak sesuai dengan pendapat pribadi.

3. Terbiasa mengeluarkan kata-kata negatif saat tahu keputusan orang lain tidak sesuai denganmu

5 Tanda Kamu Masih Belum Mampu Menghargai Keputusan Orang Lainpexels.com/Vera Arsic

Bukan menghargai keputusan orang lain namanya jika suka mengeluarkan kata-kata negatif saat tahu keputusan orang lain tidak sesuai dengan pendapat pribadi. Jangan sampai hal itu terjadi ya, sebab itu jelas menandakan kalau kamu belum mampu menghargai keputusan orang lain. Jika dirasa ada yang perlu disampaikan tentang keputusan yang orang lain buat, sampaikanlah dengan kata-kata yang baik dan sopan.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu adalah Tipe Orang yang Menghargai Proses, Salut!

4. Jangankan keputusan orang lain, kadang kamu masih belum mampu menghargai keputusanmu sendiri

5 Tanda Kamu Masih Belum Mampu Menghargai Keputusan Orang Lainpexels.com/Andrea Piacquadio

Jangan berpikir terlalu jauh tentang apa yang sebenarnya dimaksud dengan menghargai keputusan orang lain. Mulailah dari menghargai keputusan yang kamu buat sendiri. Dengan begitu kamu akan belajar untuk menghargai keputusan yang sudah dibuat oleh dirimu sendiri dan juga keputusan yang orang lain buat. Sebab, setiap orang tentu ingin keputusannya juga dihargai, 'kan?

5. Suka mencari celah kesalahan dari keputusan yang orang lain buat

5 Tanda Kamu Masih Belum Mampu Menghargai Keputusan Orang Lainpexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Kalau dipikir-pikir dengan cermat, sesungguhnya tidak ada keputusan yang betul-betul sempurna. Meski dianggap sebagai keputusan yang tepat, pasti ada saja celah kesalahan yang bisa dicari dari keputusan yang dibuat. Namun, bukankah mencari celah kesalahan orang lain bukanlah hal atau kebiasaan yang bisa dianggap baik dan bijak? Jadi, jangan diteruskan lagi kebiasaan yang tidak terpuji ini ya.

Nah, melatih diri untuk menghargai keputusan orang lain juga semacam tantangan tersendiri yang perlu diatasi dengan baik. Sebaiknya terus berlatih agar mampu menghargai keputusan orang lain dengan bijak sebagaimana keputusan sendiri juga ingin dihargai. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Hikmah Positif Ini Bakal Ada Kalau Kamu Menghargai Waktu dalam Hidup

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya