Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Telah Menemukan Misi Hidup yang Harus Dijalankan

Lakukan misi hidupmu dengan sepenuh hati

Sudahkah kamu menemukan misi hidup yang harus kamu jalankan? Pada dasarnya, misi hidup berbeda dengan cita-cita pribadi, sebab misi hidup memiliki tujuan yang lebih mulia dibandingkan kepentingan pribadi. 

Percayakah kamu bahwa masing-masing dari kita memiliki misi hidup yang Tuhan titipkan untuk kita jalankan? Sesungguhnya, dengan menjalankan misi hidup tersebut, kamu telah membuat hidupmu jauh lebih bermakna lho. Oleh karena itu, kalau kamu menemukan 5 tanda berikut, itu artinya kamu telah siap untuk menjalankan misi hidupmu.

1. Kamu merasa terpanggil untuk menjalankannya, tanpa ada pengaruh dari siapapun

5 Tanda Kamu Telah Menemukan Misi Hidup yang Harus Dijalankanunsplash.com/Anthony Tran

Misi hidup sering juga disebut sebagai panggilan hati, yakni kamu akan merasa terpanggil untuk membantu dan menjalankan apa yang kamu rasa menjadi misi penting dalam hidupmu. 

Menolong sesama sudah seharusnya didasarkan pada panggilan hati yang tulus tanpa ada pengaruh dari pihak manapun. Artinya, kamu melakukannya berdasarkan kesadaran dan keinginan sendiri. Bukan juga karena paksaan ataupun dibarengi dengan pamrih. 

2. Misi hidup tersebut juga sesuai dengan bakat dan potensi yang kamu miliki

5 Tanda Kamu Telah Menemukan Misi Hidup yang Harus Dijalankanpexels.com/Gregory Hayes

Bakat dan potensi yang kamu miliki bisa jadi tak hanya berguna untk dirimu saja. Sadari, mungkin saja bakat dan potensi yang Tuhan anugerahkan padamu adalah jalan agar kamu mampu menjalankan misi hidup dan terus berkarya. 

Misi hidup yang sesuai dengan bakat dan potensi juga berarti misi hidupmu unik, tergantung dari bakat yang kamu miliki. Manfaatkan semua kemampuan, bakat dan potensimu agar bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain, ya!

3. Kamu bersedia melakukan misi hidup tersebut secara konsisten

5 Tanda Kamu Telah Menemukan Misi Hidup yang Harus Dijalankanunsplash.com/Anna Earl

Menjadi pribadi yang konsisten memang tidak mudah dan perlu tekad yang bulat. Saat kamu yakin dan bersedia untuk menjalankan apa yang kamu rasa menjadi misi hidupmu secara konsisten, maka itu artinya kamu telah siap untuk melaksanakannya. Jadi, tetap semangat ya!

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Gak Perlu Menghabiskan Waktu untuk Mencari Passion

4. Selain konsisten, kamu juga tidak terlalu memikirkan soal keuntungan atau imbalan

5 Tanda Kamu Telah Menemukan Misi Hidup yang Harus Dijalankanpexels.com/Daniel Xavier

Dalam menjalankan misi hidup, tak hanya sikap konsisten saja yang diperlukan. Perlu kerelaan dan ketulusan hati, agar dalam melaksanakannya tidak dibarengi dengan pamrih. Ingat, misi hidup bukan sekadar bekerja untuk mendapatkan imbalan ataupun keuntungan. 

Pada dasarnya, misi hidup dititikberatkan pada pengabdian yang tulus pada sesama manusia dan Tuhan. Percayalah, kebaikan akan membawa kebaikan, jadi tak perlu dipusingkan soal untung rugi dalam menjalankan misi hidup. Yang terpenting adalah bagaimana melaksanakan tanggung jawab dan berkarya dengan sebaik-baiknya. Setuju?

5. Ada pelajaran hidup yang bisa kamu petik dari misi hidup yang kamu jalankan

5 Tanda Kamu Telah Menemukan Misi Hidup yang Harus Dijalankanunsplash.com/Stefan Spassov

Tanda kuat lain kalau kamu telah menemukan misi hidup yang harus kamu jalankan adalah saat misi hidup tersebut juga memberi segudang pelajaran hidup untukmu. Pelajaran hidup tersebut akan memberi kamu pencerahan dan kebijaksanaan dalam menyikapi hidup ini.

Nah, itulah kelima tanda kalau kamu telah menemukan misi hidup yang harus dijalankan. Jadi, sudahkah kamu menemukan misi hidupmu?

Baca Juga: 5 Kekurangan Saat Memutuskan Bekerja Sesuai Passion, Gak Selalu Enak!

Frederick Photo Community Writer Frederick

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You