Comscore Tracker

Buat Daftar Syukur Itu Penting untuk Kualitas Hidup, Ini 5 Alasannya!

Jadikan syukur sebagai napas kehidupan

Kamu tentu sudah tak asing lagi dengan membuat daftar-daftar yang digunakan untuk berbagai macam keperluan, misalnya daftar belanjaan, daftar riwayat hidup, dan sebagainya. Nah, dari sekian banyaknya daftar yang pernah kamu buat, pernahkah kamu mendengar tentang daftar syukur?

Nah, daftar syukur adalah daftar yang berisi hal-hal yang kamu syukuri dalam hidup baik hal-hal kecil maupun hal-hal besar yang sudah sepantasnya kamu syukuri. Kenapa membuat daftar syukur?

Ya, daftar syukur penting banget untuk kualitas hidup yang baik dan segudang manfaat lainnya. Jadi, setidaknya ada 5 alasan kenapa kamu wajib banget punya daftar syukur pribadi. Yuk kita simak!

1. Mengingatkanmu kembali bahwa kamu masih jauh lebih beruntung dibandingkan orang-orang di luar sana

Buat Daftar Syukur Itu Penting untuk Kualitas Hidup, Ini 5 Alasannya!pexels.com/nappy

Buat kamu yang sering mengeluh, wajib banget untuk daftar syukur sendiri dan harus rajin menulisnya dan kalau perlu dilakukan setiap hari. Kenapa? Terkadang, kita tidak sadar bahwa kita ini sudah jauh lebih beruntung dibandingkan banyak orang di luar sana. Kita seringkali menempatkan diri sebagai posisi orang yang sial, kurang beruntung atau apapun sebutannya.

Padahal belum tentu lho, karena sudah kebanyakan mengeluh maka mata hati seakan tertutup untuk melihat apa yang sebenarnya terjadi. Misalnya, hari ini kamu mengeluh karena tidak bisa makan makanan kesukaanmu yang mahal dan hanya bisa makan makanan yang menurutmu biasa saja.

Padahal, masih banyak orang di luar sana yang jangankan untuk makan enak, untuk mengisi perut saja belum tentu sanggup karena keterbatasan ekonomi. Jadi, dengan mengisi daftar syukur berupa kamu masih bisa makan hari ini saja akan mengingatkanmu kembali bahwa kamu itu masih termasuk beruntung dan bahagia lho. Jadi, mulai sekarang hentikan kebiasaan mengeluh yang tidak bermanfaat tersebut ya!

2. Menyadarkanmu bahwa hal-hal kecil yang kamu anggap remeh, bisa jadi kebahagiaan besar buat orang lain

Buat Daftar Syukur Itu Penting untuk Kualitas Hidup, Ini 5 Alasannya!pexels.com/bruce mars

Seringkali kita menyepelekan hal-hal kecil yang kita punya dan nikmati, sehingga tak pernah ada rasa syukur dalam hati. Contohnya, pernahkah kamu bersyukur bahwa kamu sampai saat ini masih bisa menghirup oksigen dengan bebas dan gratis?

Sepele memang, tapi tahukah kamu bahwa masih banyak orang-orang di luar sana yang harus membayar oksigen untuk bisa bernafas dengan baik akibat sakit yang dideritanya. Dan bukan hanya itu saja, biaya yang dikeluarkan pun tidaklah sedikit lho. Gimana? Sudah makin sadar kan bahwa hal-hal baik sekecil apapun juga sudah sepatutnya kamu syukuri.

Baca Juga: Masih Belum Bersyukur? Coba Simak 5 Hal Ini

3. Bikin kamu lebih bahagia dan mensyukuri hidup

Buat Daftar Syukur Itu Penting untuk Kualitas Hidup, Ini 5 Alasannya!pexels.com/Pixabay

Apa lagi manfaat dari membuat syukur kalau bukan untuk mensyukuri hidup yang berharga ini dan berefek pada kebahagiaan diri yang terus meningkat. Jadi, dengan rutin menulis hal-hal yang kamu syukuri akan membuatmu lebih bahagia. Untuk permulaan, tuliskan saja 5-10 hal yang kamu syukuri setiap harinya.

Percaya deh, lama kelamaan kamu akan menyadari bahwa dirimu sampai kewalahan untuk menulis hal-hal baik yang sudah tak terhitung lagi dalam daftar syukurmu. Intinya, kamu bisa mendapatkan manfaat dari menulis daftar syukur ini dengan cara selalu konsisten ya!

4. Momen-momen indah sekecil apapun, akan tercatat rapi dalam daftar syukurmu

Buat Daftar Syukur Itu Penting untuk Kualitas Hidup, Ini 5 Alasannya!unsplash.com/NeONBRAND

Mungkin, kamu sering lupa bersyukur karena kamu sendiri melupakan hal-hal positif yang sudah terjadi dalam hidupmu. Nah, dengan adanya daftar syukur ini kamu bisa mencatat semua momen-momen indah dalam hidupmu sekecil apapun itu.

Yang terpenting, saat kamu sedang mengeluh, merasa kekurangan atau merasakan berbagai perasaan buruk lainnya, bukalah daftar syukur yang sudah kamu buat. Lihat satu per satu hal baik yang sudah kamu tulis, di saat itu juga mungkin kebahagiaan akan muncul dalam hati kecilmu dan jadi hal yang menguatkanmu saat mengalami masa-masa sulit dalam hidup.

5. Membuat hatimu semakin tergerak untuk menolong orang lain

Buat Daftar Syukur Itu Penting untuk Kualitas Hidup, Ini 5 Alasannya!pexels.com/Oleg Magni

Daftar syukur yang ajaib ini bukan hanya bermanfaat bagi dirimu saja, melainkan untuk orang lain juga lho. Kamu bisa memberi tahu orang lain bahwa mereka bisa merasakan manfaat luar biasa dengan rutin menuliskan hal-hal yang disyukurinya dalam daftar syukur.

Selain itu, kamu yang sudah jadi pribadi yang selalu bersyukur akan lebih peka dan tergerak untuk menolong sesama yang membutuhkan. Sebab, hidup ini tentunya akan lebih berarti saat kita dapat membuat orang lain ikut bahagia dengan apa yang kita lakukan.

Itulah kelima alasan kenapa membuat daftar syukur itu penting untuk kualitas hidup. Semoga kita semua bisa jadi pribadi yang selalu bersyukur ya!

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Syukuri Saat Masih Single di Usia 30an

Frederick Photo Community Writer Frederick

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You