Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Kebiasaan Menyalahkan Orang Lain Bikin Diri Sengsara

Kualitas hidup pun ikut menurun karena kebiasaan ini

Salah satu kebiasaan tidak terpuji yang cukup sering dilakukan adalah kebiasaan menyalahkan orang lain. Kenapa kebiasaan ini kadang suka dipertahankan? Ya, jawabannya tentu kembali lagi dari alasan dan niat seseorang.

Namun, sering kali kebiasaan ini didasari oleh ego yang tidak mau mengaku salah atau kalah. Padahal nih, jika kebiasaan ini terus dipertahankan maka akan bikin diri sengsara lho. Berikut lima alasannya. 

1. Menghambat kesempatan dan solusi yang sebenarnya sudah ada di depan mata

5 Alasan Kenapa Kebiasaan Menyalahkan Orang Lain Bikin Diri Sengsaraunsplash.com/LinkedIn Sales Navigator

Kebiasaan menyalahkan orang lain dapat membuat kesempatan dan solusi menjadi terlewat begitu saja, meski sebenarnya sudah ada di depan mata. Kok bisa, ya? Nah, tentu diketahui kalau kebiasaan ini termasuk dalam kebiasaan negatif yang dapat memengaruhi suasana hati sendiri dan orang-orang di sekitarnya.

Pastinya sangat disayangkan ya, apalagi mengingat kesempatan dan solusi itu tidak selalu muncul sesuai dengan keinginan kita. Segera lepaskan kebiasaan menyalahkan orang lain agar tidak terus terjebak dalam masalah yang sama. Jernihkan dulu hati dan pikiranmu sebelum bertindak dan berucap. 

2. Membuat diri terus terjebak dalam suasana hati yang tidak nyaman

5 Alasan Kenapa Kebiasaan Menyalahkan Orang Lain Bikin Diri Sengsarapexels.com/Wictor Cardoso

Suasana hati pastinya juga akan ikut terpengaruh jika dirimu terus-terusan menyalahkan orang lain. Tentunya suasana hati akan terpengaruh secara negatif dan membuat perasaan menjadi tidak nyaman. Sadari jika dirimu berada dalam kondisi yang tidak nyaman ini, jangan sampai kebiasaan tersebut membuat kualitas hidupmu menurun. 

Baca Juga: 5 Kebiasaan Sederhana yang Bikin Kamu Makin Rajin, Yuk Praktikkan!

3. Kemungkinan besar dirimu akan terus dijauhi oleh orang lain

5 Alasan Kenapa Kebiasaan Menyalahkan Orang Lain Bikin Diri Sengsarapexels.com/mentatdgt

Coba deh pikir baik-baik, siapa sih orang yang suka dirinya terus disalahkan, apalagi tanpa alasan yang jelas dan kuat? Karena alasan itulah maka jalan keluar yang sering diambil adalah menjauh dari orang yang suka menyalahkan tersebut. 

Jadi, kemungkinan besar dirimu akan dijauhi oleh orang lain lho kalau masih saja memelihara kebiasaan yang tidak bermanfaat tersebut. 

4. Mengecewakan orang-orang yang peduli padamu dan penyesalan pun sangat mungkin terjadi

5 Alasan Kenapa Kebiasaan Menyalahkan Orang Lain Bikin Diri Sengsarapexels.com/Gabriel Santos

Sering kali kebiasaan menyalahkan orang lain membuat diri tidak bisa berpikir dengan logis dan rasional. Akibatnya?

Ya, orang-orang yang sebenarnya sangat peduli padamu bisa menjadi kecewa terhadap sikapmu terhadap mereka. Setelah berbagai kejadian, mungkin hubungan baik antara dirimu dengan orang-orang tersebut menjadi berubah dan tidak baik seperti dulu lagi. 

5. Ujung-ujungnya, semua kejadian buruk akibat suka menyalahkan orang lain membuat dirimu jauh dari kebahagiaan

5 Alasan Kenapa Kebiasaan Menyalahkan Orang Lain Bikin Diri Sengsarapexels.com/mentatdgt

Berbagai alasan di atas sebenarnya sedang menuju satu hal yang sangat perlu untuk diperhatikan, yakni menyangkut kebahagiaan sendiri.

Coba cek orang-orang di sekitarmu, apakah mereka yang suka menyalahkan orang lain bisa merasakan kebahagiaan dalam hidupnya? Rasanya tidak ya. Tak hanya itu saja, perasaan damai pun akan sulit dijangkau jika masih suka memelihara kebiasaan menyalahkan orang lain. 

Jadi, itulah kelima alasan kenapa kebiasaan menyalahkan orang lain bikin diri sengsara. Sebaiknya jangan pernah sepelekan kebiasaan ini, sebab jika terus dibiarkan maka cepat atau lambat pasti akan berdampak negatif dalam hidupmu. Semoga bermanfaat! 

Baca Juga: 5 Kebiasaan Sederhana yang akan Mengubah Kamu Menjadi Pribadi Tangguh

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya