Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Menerima Kenyataan Bisa Membantumu Hidup Lebih Bahagia

Bahagia itu dimulai dari diri sendiri

Hidup ini memang penuh dengan misteri yang tak terduga. Tak jarang, kebahagiaan dan penderitaan silih berganti dalam hidup. Bila giliran ketidakbahagiaan dan penderitaan yang menghampiri dalam hidup, kita sering sulit untuk menerima kenyataan tersebut. Hal tersebut adalah wajar-wajar saja mengingat kita semua adalah manusia biasa yang punya keterbatasan.

Namun, jangan sampai ketidakmampuan diri dalam menerima kenyataan tersebut terus kamu jadikan sebagai keyakinan dan kebiasaan diri. Bila terus-terusan dilakukan, maka hidupmu akan jauh dari kata bahagia, lho. Oleh karena itu, ada 5 alasan penting kenapa menerima kenyataan bisa membantumu hidup lebih bahagia. Yuk kita simak!

1. Kamu belajar untuk tidak hidup di masa lalu, maupun cemas akan masa depan

5 Alasan Kenapa Menerima Kenyataan Bisa Membantumu Hidup Lebih Bahagiapexels.com/Alan Retratos

Dengan menerima kenyataan, kamu belajar hidup di saat ini, di masa sekarang. Kamu tak akan sibuk untuk meratapi masa lalu, kamu juga tak akan sibuk mencemaskan masa depan yang belum datang. 

Lalu apa hubungannya dengan hidup bahagia? Ya, menerima kenyataan bisa membantumu hidup bahagia dengan menerima dengan lapang dada hal-hal yang sudah terjadi dan berusaha untuk melakukan yang terbaik demi masa depan yang cerah. 

2. Kamu belajar untuk melepas beban berat yang selama ini membelenggu

5 Alasan Kenapa Menerima Kenyataan Bisa Membantumu Hidup Lebih Bahagiapexels.com/Tobi

Saat kamu sudah mampu untuk menerima kenyataan hidup, di saat itu juga perlahan-lahan kamu mulai melepaskan beban berat yang selama ini membelenggu dan menguras energi. Dengan menerima kenyataan hidup, kamu dapat memfokuskan perhatian dan tenagamu untuk hal-hal yang lebih baik dan bermanfaat. 

Kamu juga bisa mulai menata hidup yang baru, dengan syarat harus melepas dulu beban berat tersebut. Ya, tidak mudah memang, bahkan mungkin sangat sulit untuk dilakukan. Keputusan ada di tanganmu, yang perlu kamu ingat adalah hidup ini akan terus berlanjut. Biarkan waktu yang perlahan-lahan memudarkan kenyataan pahit yang pernah kamu alami. Kuatkan hatimu, ya!

3. Kamu belajar untuk lebih banyak berusaha daripada hanya berharap

5 Alasan Kenapa Menerima Kenyataan Bisa Membantumu Hidup Lebih Bahagiapexels.com/Christina Morillo

Dengan menerima kenyataan hidup, kamu juga akan belajar bahwa harapan boleh-boleh saja dimiliki, namun harus diimbangi dengan usaha yang sepadan. 

Jangan malah harapanmu jauh lebih besar dari usaha yang kamu lakukan, sebab hanya kekecewaan saja lho yang akan kamu dapat. Bila kamu sudah menerima kenyataan dan belajar tentang hal ini, maka kamu bisa mengurangi rasa kecewa yang berlebihan di kemudian hari.

Baca Juga: 10 Perbedaanmu dengan Orang Lain Ini Ternyata Justru Membuatmu Lebih Bahagia

4. Kamu belajar bahwa bahagia itu dimulai dari sendiri

5 Alasan Kenapa Menerima Kenyataan Bisa Membantumu Hidup Lebih BahagiaPexels/Bruce Mars

Menerima kenyataan memang dapat membantumu untuk hidup lebih bahagia, sebab kamu akan menyadari arti kebahagiaan itu sendiri. Ya, kebahagiaan itu dimulai dari diri sendiri. 

Kamu sendirilah yang dapat memutuskan untuk tetap bahagia atau tidak, terlepas dari kenyataan pahit yang sudah terjadi. Kamu juga belajar bahwa selalu menggantungkan kebahagiaan pada orang lain atau hal-hal di luar kendali, hanya akan menguras energi dan kebahagiaanmu. Jadikan temukan kebahagiaanmu yang dimulai dari diri sendiri, ya!

5. Kamu belajar untuk berpikir positif dan tidak menyalahkan hal-hal yang berada di luar kendalimu

5 Alasan Kenapa Menerima Kenyataan Bisa Membantumu Hidup Lebih Bahagiapexels.com/rawpixel.com

Tak hanya berpikir realistis, dengan menerima kenyataan diharapkan kamu dapat berpikir positif dan memandang permasalahan dari sudut pandang yang berbeda. 

Kamu juga tak akan lagi menyalahkan hal-hal yang berada di luar kendalimu, sebab hanya akan berakhir sia-sia. Lebih baik fokus pada apa yang bisa dilakukan, sekaligus mensyukuri kebaikan-kebaikan yang ada dalam hidup.

Jadi, itulah lima alasan kenapa menerima kenyataan bisa membantumu hidup lebih bahagia. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 7 Bedanya Prinsip Bekerja untuk Hidup vs. Hidup untuk Bekerja

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya