Comscore Tracker

5 Hal Ini Bikin Kamu Mengambil Kesimpulan yang Gak Tepat, Hindari!

Coba lebih teliti lagi 

Seringkali kita juga berpendapat terhadap suatu hal yang ujung-ujungnya menghasilkan kesimpulan yang dibuat sendiri. Memang pendapat pribadi sifatnya personal, namun ada baiknya untuk tahu apakah kesimpulan yang sudah diambil sudah tepat atau tidak tepat?

Berdasarkan hal tersebut, penting juga bagi diri sendiri untuk tahu alasan atau hal-hal yang menyebabkan kesimpulan yang diambil menjadi gak tepat. Lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini, ya!

1. Masih terburu-buru dalam mengambil suatu kesimpulan

5 Hal Ini Bikin Kamu Mengambil Kesimpulan yang Gak Tepat, Hindari!ilustrasi orang merenung (pexels.com/Khoa Võ)

Pertama, kamu perlu ingat untuk berusaha mengambil kesimpulan yang matang, yang berarti tidak terburu-buru dalam menyimpulkan sesuatu. Hal ini karena terlalu cepat mengambil kesimpulan sering kali berakibat pada hasilnya nanti.

Ya, hasil dari kesimpulan tersebut menjadi tidak tepat dan bahkan mungkin sangat jauh dari kenyataan yang memang terjadi. Sehingga jika masih saja tergesa-gesa dalam mengambil kesimpulan, sangat mungkin bisa menimbulkan dampak negatif yang tentunya gak diinginkan. Jadi, coba lebih berhati-hati lagi, ya, saat ingin mengambil sebuah kesimpulan.

2. Membuat kesimpulan dari informasi yang tidak lengkap

5 Hal Ini Bikin Kamu Mengambil Kesimpulan yang Gak Tepat, Hindari!ilustrasi orang sedang mengetik (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Sadari juga kalau dalam membuat suatu kesimpulan, segala informasi yang hendak dipahami juga harus lengkap secara menyeluruh. Ini artinya informasi yang ada memang sudah akurat dan tidak sepotong-sepotong.

Dengan begitu pemahaman diri terhadap suatu hal juga bisa sesuai dan tepat. Jadi, ingatlah untuk tidak menyimpulkan sesuatu hanya dari informasi yang setengah-setengah, apalagi kalau informasi tersebut juga dirasa meragukan.

3. Berkesimpulan hanya dari satu sudut pandang 

5 Hal Ini Bikin Kamu Mengambil Kesimpulan yang Gak Tepat, Hindari!ilustrasi orang merenung (pexels.com/Khoa Võ)

Mengambil kesimpulan juga perlu kebijaksanaan agar dalam prosesnya tidak bersikap gegabah. Untuk membantu hal tersebut, ada baiknya untuk tidak hanya menyimpulkan suatu hal dari satu sudut pandang saja. 

Sebab sering kali satu sudut pandang saja tidak cukup untuk menjelaskan sesuatu, sehingga masih diperlukan sudut pandang lain yang bisa membantu memahami hal yang ada. Jadi, sebaiknya hindari berkesimpulan dari hanya satu sudut pandang saja, dengan demikian kamu bisa lebih bersikap bijak saat ingin mengambil kesimpulan tertentu.

Baca Juga: 5 Cara Bikin Beban Hidup Terasa Begitu Ringan, Nikmati Hidup!

4. Tidak memeriksa kembali sebelum menyimpulkan sesuatu

5 Hal Ini Bikin Kamu Mengambil Kesimpulan yang Gak Tepat, Hindari!ilustrasi orang sedang menelepon (pexels.com/Vlada Karpovich)

Terkadang suatu kesimpulan menjadi tidak tepat, bisa jadi karena tidak memeriksa kembali informasi yang ada. Padahal bersikap teliti dengan memeriksa atau mengecek ulang, bisa membantumu untuk lebih cermat terhadap suatu hal, termasuk sebelum mengambil kesimpulan.

Selain itu, dirimu dapat menghindari kesalahpahaman dalam menyimpulkan sesuatu, yang  kadang bisa saja terjadi akibat informasi yang tidak dipahami secara keseluruhan. Jadi, supaya bisa menghindari kecerobohan tersebut, baiknya cek kembali sebelum kesimpulan itu diambil.

5. Menganggap sepele tentang pentingnya kesimpulan yang tepat

5 Hal Ini Bikin Kamu Mengambil Kesimpulan yang Gak Tepat, Hindari!ilustrasi tersenyum (pexels.com/Cojanu Alexandru)

Nah, sikap dan pola pikir diri dalam membuat kesimpulan juga ikut berpengaruh, lho. Coba cek lagi, jangan-jangan selama ini dirimu masih menyepelekan tentang pentingnya kesimpulan yang tepat.

Ini berarti belum ada kesadaran diri untuk mau menyimpulkan sesuatu secara saksama. Bisa jadi malah masih sering asal-asalan dalam mengambil kesimpulan. Tentunya hal tersebut perlu segera diubah, ya, agar tidak sampai menimbulkan hal-hal yang tak diharapkan.

Jadi, kelima hal di atas sebaiknya perlu diwaspadai agar tidak membuatmu gegabah dalam membuat kesimpulan. Sebab untuk membuat kesimpulan yang tepat juga perlu proses yang kadang tidak sesederhana seperti yang dipikirkan. Sehingga sangatlah penting untuk mengambil kesimpulan yang memang telah dipahami dengan baik.

Baca Juga: 5 Kualitas Hidup saat Kamu Jadi Orang yang Ulet, Mental Tangguh!

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya