Comscore Tracker

5 Alasan untuk Berhenti Berusaha Mengendalikan Segala Hal dalam Hidup

Segera berhenti sebelum penyesalan itu tiba!

Terkadang, ada waktu dan fase ketika kita tanpa sadar berusaha untuk mengendalikan segala hal dalam hidup. Ya, ego dalam diri yang terselubung mulai menampakkan dirinya dengan cara membuat diri kita berkeinginan untuk terus mengendalikan segala hal. 

Padahal, jika dipikirkan dengan baik tentu saja tidak semua hal dalam hidup bisa kita kendalikan. Mungkin pada awalnya sulit diterima, namun setidaknya lima hal ini bisa menguatkan alasan kenapa kita harus berhenti berusaha mengendalikan segala hal dalam hidup. Yuk kita simak! 

1. Kita semua hanyalah manusia biasa

5 Alasan untuk Berhenti Berusaha Mengendalikan Segala Hal dalam Hiduppexels.com/Tobi

Inilah alasan pertama yang sangat penting untuk disadari. Pada dasarnya dalam lubuk hatimu sudah tahu betul tentang hal ini. Sehebat apapun kita, perlu disadari bahwa kita semua hanya manusia biasa yang juga punya keterbatasan. 

Menyadari kenyataan hidup ini bukanlah untuk melemahkan kita, justru dengan menyadari hal ini akan membuat kita lebih bijak dan berlapang dada dalam menjalani hidup. Dengan demikian, keinginan untuk mengendalikan segala hal dalam hidup pun bisa berkurang dengan sendirinya. 

2. Kita hanya bisa mengendalikan hal-hal yang menjadi bagian kita

5 Alasan untuk Berhenti Berusaha Mengendalikan Segala Hal dalam Hiduppexels.com/fauxels

Bukan berarti kita harus bersikap apatis dan putus asa dengan kenyataan hidup yang ada. Walaupun kita semua hanya manusia biasa, namun tetap ada hal yang bisa kita lakukan dan usahakan dalam hidup. Lebih tepatnya, kita bisa berusaha melakukan hal-hal yang menjadi bagian kita.

Coba amati dan renungkan dengan baik, bukankah ada hal-hal yang bisa kita rencanakan dengan baik dan sedemikian rupa agar dapat segera ditindaklanjuti? Untuk hal-hal yang tidak bisa kita kendalikan atau bukan bagian kita, serahkanlah dan percayakan semuanya kepada Tuhan. 

Baca Juga: 5 Alasan Logis Mengapa Hidup Bahagia Itu Gak Melulu karena Cinta

3. Mengurangi tekanan dan membuat hati merasa lebih damai

5 Alasan untuk Berhenti Berusaha Mengendalikan Segala Hal dalam Hiduppexels.com/Bruno Salvadori

Cepat atau lambat, kebiasaan diri yang suka berusaha mengendalikan segala hal dalam hidup hanya akan menimbulkan perasaan tertekan. Bahkan, terkadang sulit sekali rasanya untuk bangkit dari perasaan tertekan jika tidak segera disikapi dengan bijak. 

Oleh karena itu, berhentilah dari kebiasaan yang bisa merugikan ini. Kamu berhak untuk merasakan kedamaian dalam hati dan pikiranmu. Lepaskan dan relakan hal-hal yang tak bisa dikendalikan. Berusaha yang terbaik agar tak ada penyesalan karena tidak sempat melakukan bagian sendiri dengan maksimal. 

4. Membuat kita mengetahui prioritas utama dalam hidup

5 Alasan untuk Berhenti Berusaha Mengendalikan Segala Hal dalam Hiduppexels.com/Alexander Mils

Dengan berhenti berusaha mengendalikan segala hal dalam hidup, sesungguhnya kita akan mendapatkan cara pandang baru yang lebih baik. Salah satunya adalah cara kita memandang prioritas dalam hidup.

Prioritas sering lalai dan terabaikan karena pemikiran yang kurang tepat. Menyusun prioritas akan jauh lebih mudah saat kita tahu hal-hal apa saja yang penting dan tentunya sepanjang masih dalam kendali kita. 

5. Menyadarkan kita untuk lebih bersyukur dan menghargai hidup

5 Alasan untuk Berhenti Berusaha Mengendalikan Segala Hal dalam Hiduppexels.com/Andrea Piacquadio

Dengan melepaskan diri dari jeratan pikiran yang ruwet saat berusaha mengendalikan segala hal, akan muncul kesadaran baru yang membuat kita lebih menghargai hidup dan bersyukur. Hidup yang kita miliki sangatlah berharga dan berarti, jadi jangan pernah sia-siakan kehidupan ini. Usahakan untuk selalu mengisi hidup dengan pikiran, ucapan dan tindakan yang membawa manfaat dan kebaikan. 

Jadi, itulah kelima alasan untuk berusaha berhenti mengendalikan segala hal dalam hidup. Ya, untuk bisa melepaskan diri dari kebiasaan ini tentu tidaklah mudah dan butuh proses yang tidak sebentar. Namun, tetaplah ingat untuk semangat dan kuatkan hatimu. Semoga bermanfaat! 

Baca Juga: Jangan Lakukan 5 Hal Negatif Ini Agar Kamu Mudah Gapai Tujuan Hidup

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya